Tron adalah sebuah waralaba film scifi yang diciptakan oleh sutradara Steven Lisberger melalui film pertamanya yang dirilis pada tahun 1982. Bisa dibilang film garapan Lisberger tersebut merupakan salah satu tayangan yang sangat populer di kalangan penggemar scifi, hal tersebut disebabkan karena pada saat itu tema cerita tentang dunia virtual dianggap sebagai terobosan yang visioner. Kemudian pada tahun 2010, sebagai perusahaan film yang menaungi waralabanya, Disney akhirnya merilis sekuel yang berjudul Tron: Legacy.

Film Tron: Legacy berlangsung setelah 28 tahun berlalu dari kejadian di film pertamanya. Berfokus pada karakter Sam Flynn (Garrett Hedlund), filmnya sendiri bercerita tentang petualangan Sam yang mencoba menyelamatkan ayahnya dari dunia virtual, di mana ayahnya tersebut adalah karakter utama di film Tron pertama, yaitu Kevin Flynn (Jeff Bridges). Berkat kesuksesan sekuelnya, yang pada saat itu berhasil meraup pendapatan sekitar 5,7 triliun rupiah, pada tahun 2020 lalu sempat beredar kabar bahwa film Tron 3 akan segera dikembangkan dengan melibatkan Jared Leto sebagai salah satu aktornya.

Setelah beberapa tahun berlalu, baru-baru ini, Leto yang ditemui oleh ScreenRant saat tengah melakukan promosi film Morbius, mengungkapkan bahwa film Tron 3 mungkin saja akan hadir lebih cepat dari yang dipikirkan oleh penggemar. “Saya adalah penggemar berat Tron, dan kami telah bekerja keras dengan film Tron bersama mitra luar biasa di Disney,” ungkap Leto. “Sebuah kelompok luar biasa yang berisi orang-orang kreatif. Kami makin dekat setiap harinya, dan siapa tahu? Sesuatu mungkin akan datang lebih cepat.”

Pembaruan yang telah disampaikan oleh Leto ini mungkin sekaligus menjadi tanda bahwa Disney berniat untuk melanjutkan waralabanya. Sejauh ini pihak dari Disney sendiri belum memberikan tanggapan resmi terkait kelangsungan film Tron 3, tetapi yang jelas selain dibintangi oleh Leto, film Tron ketiga ini rencananya akan digarap oleh sutradara Garth Davis yang akan mengarahakan naskah karya Jesse Wigutow.

Meskipun Disney belum memberikan lampu hijau terhadap film Tron 3, dan masih banyak pertanyaan seputar filmnya yang belum terjawab, setidaknya pembaruan teranyar yang disampaikan oleh Leto telah memberi harapan kepada para penggemar. Entah nantinya akan benar-benar diproduksi atau tidak, kita nantikan saja perkembangan kabar selanjutnya tentang film Tron 3 ini ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.