Melihat apa yang terjadi pasca pertarungan Sanji melawan Queen membuat para fans bertanya-tanya. Bagaimana kemudian Sanji bisa memiliki kekuatan seperti saat ini? Apakah Sanji sebenarnya memiliki buah iblis di dalam tubuhnya? Apakah memang Sanji memang merupakan produk gagal dari Germa? Banyak fans yang kemudian berspekulasi untuk mencoba memecahkan teka-teki ini.

Kemampuan dari Germa Kingdom dalam hal rekayasa genetik rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Kerajaan yang sudah ada sejak 300 tahun yang lalu ini dikenal sebagai kerajaan yang paling maju dan modern, karena teknologi mereka yang sangat luar biasa. Tidak ada kerajaan lain yang mampu menandingi kedahsyatan teknologi dari kerajaan Germa.

Kemajuan dari teknologi tersebut ternyata dimanfaatkan oleh Vinsmoke Judge, pemimpin kerajaan Germa, untuk memodifikasi anak-anaknya. Dalam arc Whole Cake Island kita mengetahui bahwa Sanji dan saudara-saudaranya yang lain secara genetik dimodifikasi oleh sang ayah, Vinsmoke Judge. Tujuannya adalah untuk menjadikan anak-anaknya tentara super yang tangguh, hebat, dan tidak memiliki emosi sama sekali.

Sedari kecil, mereka sudah dilatih secara keras dan disiplin meski pun sepertinya hal tersebut tidak berpengaruh terhadap Sanji. Dan bukti bagaimana rekayasa genetik tersebut berhasil bisa dilihat dari kemampuan mereka. Misalnya, Reiju yang diketahui memiliki kemampuan untuk menghisap racun. Atau Niji yang memiliki kemampuan mengeluarkan listrik yang mematikan.

Namun, terdapat sebuah teori terkait hal ini yang menyebutkan tentang asal-usul anak-anak Judge tersebut. Saat pertarungan Sanji melawan Queen, Queen sempat berkelakar bahwa manusia biasa tidak mungkin mengeluarkan api, kecuali jika Sanji adalah keturunan ras Lunarian. Dalam teorinya, disebutkan bahwa ada dua kemungkinan yang bisa menjelaskan tentang Sanji dan saudara-saudaranya tersebut.

Pertama, mereka memang merupakan manusia biasa yang dilahirkan normal dan kemudian Judge melakukan rekayasa genetik terhadap mereka. Rekayasa genetik tersebutlah yang membuat mereka masing-masing memiliki keahlian. Lalu, dari mana asal-usul kekuatan tersebut? Seperti dijelaskan di ceritanya, Judge dahulu merupakan bagian dari kelompok ilmuwan bernama MADS.

Mereka mencoba meneliti tentang lineage factor atau DNA. Dan hasil penelitian inilah yang kemudian diaplikasikan Judge untuk membuat pasukan kloning yang menjaga kerajaan Germa. Dan seperti disebutkan di atas, hasil penelitian tersebut juga diaplikasikan kepada anak-anaknya. Seperti yang dilakukan oleh Vegapunk, yang menciptakan buah iblis naga buatan yang diambil dari DNA Kaido, Judge juga kemungkinan melakukan hal yang sama terhadap anak-anaknya.

Contohnya adalah Reiju yang mampu memakan dan tahan terhadap racun. Ada kemungkinan bahwa Judge sempat mengambil DNA dari Magellan, yang merupakan pemakan buah iblis Doku Doku no Mi. Atau mungkin kekuatan listrik Niji yang diambil dari Goro Goro no Mi.

Kedua, ada kemungkinan bahwa sebenarnya Sanji dan para saudaranya bukanlah manusia melainkan cyborg. Dalam cerita One Piece, biasanya cyborg digambarkan seperti sosok Franky atau Pacifista. Namun, apa yang diperlihatkan oleh keluarga Vinsmoke merupakan bentuk kemajuan teknologi dari kerajaan Germa.

Cyborg yang digambarkan oleh keluarga Vinsmoke lebih mirip seperti teknologi nano machines atau teknologi nano, di mana ada robot yang berukuran sangat kecil ditanamkan atau sengaja dimasukan ke tubuh anak-anak Judge. Sehingga di dalam tubuh masing-masing anak Judge ada ratusan atau bahkan ribuan robot kecil yang meningkatkan kemampuan mereka.

Petunjuk dari hal ini, selain dari apa yang diucapkan oleh Queen, dalam chapter 833 saat Sanji mencoba menghajar wajah dari Ichiji, terdapat efek suara yang mirip dengan suara saat benda bersentuhan dengan material besi. Kemudian, ketika Yonji berusaha memperbaiki wajahnya yang rusak setelah dihajar Sanji, berbeda dengan manusia dia justru memperbaiki wajahnya dengan cara dihajar oleh mesin. Teknologi nano ini juga mungkin yang menjelaskan bagaimana Sanji – dan juga saudaranya yang lain – mampu pulih dengan cepat dari berbagai luka.

Selain itu, ini juga yang mungkin membuat Sanji bisa menahan serangan pedang dari Queen, bahkan pedang Queen sendiri patah. Jadi, kesimpulannya adalah ada dua kemungkinan yang bisa menjelaskan tentang Vinsmoke bersaudara. Mereka mungkin adalah manusia yang tubuhnya direkayasa sehingga memiliki kemampuan buah iblis atau mereka adalah cyborg yang dirancang sedemikan rupa oleh Judge. Atau bisa juga mereka merupakan gabungan dari keduanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.