Kondisi Luffy pasca pertarungan melawan Kaido bisa dibilang sangat parah. Dalam chapter sebelumnya, Luffy diperlihatkan terkena serangan kanabo dari Kaido. Hal ini dikarenakan perhatian dari Luffy teralihkan oleh kemunculan bos CP-0. Momen tersebut membuat Kaido murka, dan dia seolah kembali mengingat apa yang terjadi pada 20 tahun yang lalu. Bos CP-0 tersebut pun harus tewas diserang oleh Luffy.

Dalam chapter 1034, kita kemudian melihat situasi dari Luffy yang tidak sadarkan diri. Kaido sendiri beranggapan bahwa Luffy sudah tewas setelah terkena serangannya, dan dia mengumumkan hal tersebut ke seluruh Onigashima. Namun, semua orang termasuk kru Topi Jerami, tidak percaya jika Luffy sudah tewas. Terdapat sebuah momen menarik di panel akhir chapternya.

Dalam panel terakhir tersebut, kita melihat bagaimana tubuh Luffy “meleleh” yang mana banyak dari para fans meyakini bahwa itu adalah bentuk dari awakening buah iblisnya. Spekulkasi tersebut cukup masuk akal, mengingat di chapter sebelumnya kita sudah melihat Law dan Kid menggunakan awakening buah iblisnya. Namun, tentunya masih butuh konfirmasi lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Kemudian, dari mulut Luffy muncul semacam asap. Masih belum diketahui juga apakah benda tersebut asap, atau justru itu merupakan nyawa dari Luffy. Tetapi, terdapat sebuah spekulasi menarik di mana disebutkan bahwa asap tersebut merupakan “arwah” dari Nika atau pun Joy Boy. Dalam spekulasinya, momen Luffy tersebut dianggap mirip dengan beberapa seri shonen lainnya.

Misalnya, seri Yu Yu Hakusho di mana sang protagonis utama, Yusuke Urameshi, dirasuki oleh makhluk lainnya yang membuat dia menjadi kuat. Atau mungkin seri Boruto, di mana kita melihat Otsutsuki mengambil alih tubuh wadahnya, sehingga wadahnya perlahan akan tewas, meskipun mereka dipastikan akan mendapatkan kekuatan dahsyat.

Berdasarkan hal tersebut, pertanyaan besarnya kemudian apakah Luffy masih tetap Luffy? Atau justru Luffy sudah “dirasuki” arwah pendahulunya yang merupakan Joy Boy atau Nika. Bagaimana kemudian hal tersebut bisa terjadi? Kemungkinan, seperti halnya keluarga Vinsmoke dengan berbagai rekayasa genetik, Luffy mungkin tidak sengaja membuka DNA khusus dalam dirinya, yang memberikan Luffy kekuatan dahsyat.

Setelah Luffy berhasil membangkitkan kekuatan dalam dirinya, barulah Luffy akan mengamuk dengan awakening buah iblisnya. Namun, ide tentang Nika atau Joy Boy mengabil alih tubuh Luffy seperti halnya wadah, sebenarnya bukan hal yang salah dan aneh. Meskipun banyak fans yang mungkin akan kecewa dengan pengaplikasian konsep tersebut, namun hal ini bisa memberikan sesuatu yang baru di serinya.

Sebagian fans sendiri beranggapan bahwa Luffy saat ini mirip seperti Nightmare Luffy di arc Thriller Bark, di mana Luffy kehilangan sebagian kesadarannya akibat ribuan bayangan yang dimasukan ke dalam tubuhnya. Menarik juga untuk melihat apa yang akan terjadi kepada Luffy selanjutnya.

Luffy tentunya masih belum akan menyerah dalam menghadapi Kaido, dan seperti disebutkan dalam artikel sebelumnya, suara genderang kebebasan yang didengar oleh Zunesha bisa jadi adalah suara tekad pantang menyerah dari Luffy. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi kepada Luffy pasca tubuhnya mengalami “awakening.” Apakah Luffy akan bertambah kuat? Apakah Luffy akhirnya bisa mengalahkan Kaido? Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.