Monkey D. Luffy merupakan protagonis utama dalam seri One Piece karya Eiichiro Oda. Luffy bermimpi untuk menjadi raja bajak laut pada dua tahun yang lalu, dan sejak saat itu, Luffy pun tumbuh menjadi sosok bajak laut yang sangat luar biasa. Kekuatan Luffy bisa dibilang sangat dahsyat yang berasal dari kemampuan Haki, dan juga buah iblis Gomu Gomu no Mi.

Kombinasi keduanya membuat Luffy menjadi sosok yang sulit untuk dikalahkan oleh musuh. Dan dari apa yang sudah dihadirkan dalam ceritanya, Luffy berhasil mengalahkan banyak musuh kuat dan hebat dengan mengandalkan kekuatannya tersebut. Dalam dua dekade terakhir ini, Oda Sensei memberikan banyak perubahan dan peningkatan terhadap kekuatan Luffy.

Mulai dari kemampuan Gear Second, Gear Third, Gear Fourth, Haki, dan bahkan gabungan Haki dan Gear Fourth. Berdasarkan hal tersebut Luffy memiliki banyak sekali kemampuan yang bisa dia gunakan untuk menghadapi musuh, apalagi setelah dia berlatih selama dua tahun di Rusukaina.

Dengan sekian banyak kekuatan dan kemampuan Luffy tersebut, tentunya banyak diantara fans yang penasaran mana kekuatan Luffy yang dianggap paling kuat. Perlu digarisbawahi bahwa semua kekuatan Luffy, terutama pasca time-skip benar-benar sangat kuat. Namun, memang harus diakui, ada kekuatan yang dimiliki oleh Luffy yang lebih unggul dibandingkan kemampuan lainnya.

Lalu, kekuatan Luffy yang mana yang dianggap paling kuat sejauh ini? Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah Gear Fourth: Bound Man Gomu Gomu no King Kong Gun. Gomu Gomu no King Kong Gun atau yang juga dikenal sebagai Great Monkey King Gun, merupakan kekuatan/serangan Luffy yang paling kuat sejauh ini di sepanjang seri One Piece.

Luffy diketahui menggunakan teknik Gomu Gomu no King Kong Gun saat dia berhadapan dengan Donquxiote Doflamingo di arc Dressrosa. Bukti kedahsyatan dari teknik ini adalah Luffy mampu meratakan seluruh wilayah Dressrosa, sambil juga menghancurkan teknik God Thread dan Spider Web yang dibuat oleh Doflamingo untuk mengurung seluruh wilayah Dressrosa.

Dan teknik ini juga yang akhirnya membuat sang mantan Shichibukai tersebut akhirnya kalah. Gomu Gomu no King Kong Gun sendiri merupakan bagian dari Gear Fourth mode Boundman Luffy. Ini merupakan versi dari Gear Fourth untuk teknik Gomu Gomu no Gigant Pistol dan juga Gomu Gomu no Elephant Gun.

Untuk menggunakan teknik ini, Luffy perlu mengakses Gear Fourth terlebih dahulu. Kemudian, Luffy akan meniupkan udara tambahan ke lengan kanannya seperti yang dia lakukan saat menggunakan teknik Gomu Gomu no Kong Gun. Tujuan dari meniupkan udara ke lengannya tersebut adalah untuk memperbesar ukuran dari lengan dan pukulan Luffy. Setelah dirasa cukup besar, Luffy akan dengan cepat mengarahkan pukulannya ke musuh.

Dan daya hancur dari serangan ini sangatlah luar biasa. Yang membuat teknik Gomu Gomu no King Kong Gun memiliki daya hancur yang luar biasa adalah bagaimana Luffy melapisi serangannya ini dengan Haki. Menggunakan teknik Gomu Gomu no King Kong Gun membuat pola Haki di bagian punggung Luffy akan melebar dan membesar, dan pola tersebut akan semakin menebal.

Di arc Wano Country, setelah Luffy mempelajari Advanced Conqueror Haki dan menghadirkan versi baru dari teknik ini, dia tidak perlu lagi meniupkan lengannya. Yang hanya perlu dia lakukan adalah mengeluarkan kemampuan Hakinya dari kepalan tangannya.

Efek dari peningkatan kekuatan tersebut membuat Luffy mampu menghajar apa pun tanpa perlu melakukan kontak fisik atau menyentuh objek dan targetnya. Sebenarnya, Luffy sempat melakukan peningkatan kekuatan lagi dari versi Gomu Gomu no King Kong Gun, yaitu Over Kong Gun yang diperlihatkan dalam chapter 1042 kemarin. Tekniknya mirip Gomu Gomu no King Kong Gun, hanya saja teknik Over Kong Gun dilapisi Conqueror Haki.

Hasilnya memang sangat luar biasa, di mana daya hancurnya cukup untuk membuat Kaido roboh, dan menggagalkan Boro Breath miliknya. Namun, jika dibandingkan dengan King Kong Gun, teknik Over Kong Gun masih sedikit di bawah King Kong Gun.

Meskipun Gomu Gomu no King Kong Gun masih menjadi kekuatan/serangan Luffy paling dahsyat, bukan berarti teknik ini tidak memiliki kelemahan. Saat Luffy menyerang Big Mom, teknik ini diperlihatkan tidak mampu untuk membuat Big Mom kesakitan. Hal itu memberikan bukti bahwa Armament Haki Big Mom masih jauh lebih kuat dari Gomu Gomu no King Kong Gun Luffy.

Terlepas dari hal itu, diantara semua serangan yang pernah Luffy praktikan Gomu Gomu no King Kong Gun tetap menjadi yang terkuat untuk saat ini, meskipun memang dalam pertarungan melawan Kaido, Luffy juga menghadirkan berbagai teknik baru yang mampu membuat Kaido kesakitan. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan hal ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.