Ben Affleck

Sebagai pemeran Batman di DCEU, Ben Affleck pertama kali muncul di film Batman v Superman: Dawn of Justice, dan kembali mengulang perannya di Zack Snyder’s Justice League. Tahun depan, Affleck akan memainkan peran terakhirnya sebagai Batman di film The Flash yang digadang-gadang akan memulai ulang jagat sinematik DCEU. Meskipun dikenal sebagai aktor DC, ternyata Affleck juga pernah berperan sebagai Matt Murdock alias Daredevil di film Marvel tahun 2000-an. Sayangnya, pada saat itu filmnya tidak terlalu berhasil dan dianggap sebagai salah satu film Marvel terburuk.

Michael Keaton

Lagi-lagi aktor pemeran Batman, Michael Keaton adalah aktor veteran yang pada tahun 1989 silam pernah berperan sebagai sang Dark Knight di film Batman karya Tim Burton. Meskipun film pertamanya cukup sukses, tetapi sekuelnya justru dianggap gagal. Dan untuk saat ini, penggemar setianya lebih mengenal Keaton sebagai pemeran Adrian Toomes alias Vulture di MCU. Hebatnya lagi, sebentar lagi dia akan mengulang perannya sebagai Vulture di film SSU Morbius, dan sebagai Batman di film DCEU Batgirl serta The Flash.

Josh Brolin

Tahukah kalian, sebenarnya pemeran sang Mad Titan Thanos di MCU, yaitu Josh Brolin, pernah memulai kariernya di dunia superhero sebagai Jonah Hex, superhero cowboy dari DC Universe. Pada saat itu, film Jonah Hex sendiri kabarnya adalah salah satu film beranggaran besar, sayangnya karena promosi yang buruk, filmnya justru gagal di pasaran. Terlepas dari pengalaman kurang baik tersebut, syukurnya dia mendapatkan kesempatan kedua sebagai pemeran Thanos, dan bahkan sebagai Cable di film Deadpool 2.

Adewale Akinnuoye-Agbaje

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa pemeran Killer Croc di film DCEU Suicide Squad, yaitu Adewale Akinnuoye-Agbaje, pernah terlibat juga di MCU. Hal tersebut cukup masuk akal, mengingat, Adewale sering tampil dengan full make-up, baik sebagai Killer Croc, maupun sebagai seorang dark elf di MCU bernama Algrim alias Kurse. Muncul sebagai salah satu villain di film Thor: The Dark World, Kurse dari Adewale memainkan peran yang cukup penting, yaitu membunuh ibu dari Thor dan Loki sekaligus ratu Asgard yang bernama Frigga.

Jared Leto

Sama seperti Adewale, Jared Leto juga sempat melakukan debut DC-nya di film Suicide Squad sebagai Joker. Meskipun penampilan debutnya sempat diejek oleh banyak penggemar, Leto berhasil menunjukkan karakter Joker yang sebenarnya di credit scene Zack Snyder’s Justice League pada tahun lalu. Sejak saat itu banyak penggemar yang berharap Leto bisa kembali mengulang perannya sebagai sang Clown Prince of Crime suatu hari nanti. Dan sambil menunggu hal itu terwujud, kita bisa menyaksikan terlebih dahulu perannya sebagai Morbius di film SSU yang akan dirilis pada akhir bulan Maret ini.

Itulah sepuluh aktor yang tercatat pernah berperan sebagai karakter ikonik dan menarik di berbagai film DC dan juga Marvel. Meskipun pada saat ini ada beberapa di antara para aktor ini yang memutuskan untuk tetap setia dengan satu media, tetapi tidak sedikit juga yang tetap bermain di dua dunia. Di mana hal tersebut sah-sah saja, apalagi sekarang dengan adanya multiverse di kedua media, baik Marvel maupun DC, tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.