HBO Max adalah salah satu saluran streaming yang telah merilis banyak sekali tayangan menarik, seperti Game of Thrones, Chernobyl, True Detective, Westworld, Euphoria, dan masih banyak lagi. Pada tanggal 8 Maret kemarin, HBO baru saja merilis trailer pertama dari serial baru berjumlah empat episode yang berjudul DMZ. Diciptakan oleh Roberto Patino, serial ini melibatkan para showrunner hebat, seperti sutradara Ava DuVernay dan Ernest Dickerson.

Untuk pemerannya sendiri, serial DMZ dibintangi oleh Rosario Dawson sebagai Alma Ortega, Benjamin Bratt sebagai Parco Delgado, bersama Freddy Miyares, Hoon Lee, Jordan Preston Carter, Venus Ariel, Jade Wu, Rey Gallegos, dan masih banyak lagi. Yang membuat serial ini sangat menarik bahkan sebelum penayangannya adalah karena DMZ diadaptasi dari komik berjudul sama karya Brian Wood dan Riccardo Burchielli yang diterbitkan oleh Vertigo, anak perusahaan media dari DC Comics. Seperti apa sebenarnya serial DMZ ini, mari kita kenali lebih lanjut, Geeks!

Diadaptasi dari Komik Populer DC

Meskipun diadaptasi dari kisah DC Comics, DMZ bukan merupakan serial superhero, melainkan serial bergenre drama distopia fiksi yang bercerita tentang masyarakat masa depan yang hidup pada era mencekam pasca Civil War kedua di Amerika. Berdasarkan komiknya, diceritakan bahwa Civil War atau Perang Saudara kedua telah pecah di Amerika, di mana hal tersebut membuat sebuah wilayah di Kota New York, tepatnya pulau Manhattan, diberlakukan zona demiliterisasi atau demilitarized (DMZ) dalam bahasa Inggris.

Karena demiliterisasi ini tidak boleh ada satu pun orang yang masuk ataupun keluar dari Manhattan. Sebagai karakter protagonis di serialnya, seorang tenaga medis bernama Alma  Ortega (Dawson), yang sangat ingin menemukan anaknya yang hilang, bangkit sebagai sebuah simbol harapan bagi orang-orang yang terjebak di DMZ. Dengan latar belakang tersebut, Alma harus menelusuri Manhattan yang sangat kejam dan berhadapan dengan orang yang sebelumnya sangat dia cintai, yaitu Parco Delgado (Bratt) yang hanya ingin mendapatkan kekuasaan di DMZ.

Di komiknya juga diceritakan bahwa di dalam pulau Manhattan yang dibelakukan DMZ terdapat dua faksi kuat yang lahir pasca Civil War, yang pertama adalah kelompok yang mengaku berasal dari Pemerintah Amerika sendiri, dan yang kedua adalah kelompok tentara yang mengaku sebagi Free States atau Negara Bebas. Kedua faksi ini saling berkonflik dan berebut kekuasaan di DMZ, di mana hal tersebut makin memperburuk keadaan bagi orang-orang yang terjebak di pulan Mahanttan, belum lagi masalah korupsi, kejahatan, dan pemberontakan yang merajalela.

Apakah Sama Persis dengan Komiknya?

Di komik aslinya, karakter yang menjadi protagonis adalah seorang jurnalis pria bernama Matty Roth Setelah dirinya diceritakan secara tidak sengaja tersesat, Roth menyadari bahwa dirinya telah terjebak di pulau Manhattan dan tidak ada pilihan lain selain tinggal di zona demiliterisasi tersebut. Kisah petualangan awalnya menceritakan Roth yang menyusup ke sebuah markas teroris, di mana hal tersebut menjadi titik awal sampai akhirnya dia menjadi orang yang berpengaruh di DMZ.

Sejauh apa yang sudah terungkap dari plot resmi dan trailer serial HBO-nya, alih-alih berfokus pada karakter komik Matty Roth, serial DMZ akan berfokus pada seorang tenaga medis wanita bernama Alma yang tengah mencari anaknya. Dan untuk peran antagonis akan diisi oleh Parco yang kemungkinan akan menjadi seorang pemimpin dari sebuah geng berbahaya yang mencoba mengendalikan pulau Manhattan. Untuk saat ini masih belum jelas apakah serial DMZ akan menghadirkan para karakter dari komiknya atau tidak.

Para penggemar komiknya sendiri berharap bahwa pada suatu titik di serialnya nanti, karakter Alma akan bertemu dengan Roth. Lebih jauh lagi, kemungkinan besar Alma juga akan mempunyai kisah yang kurang lebih mirip seperti Roth, di mana seiring berjalannya serial DMZ dia akan menjadi sosok yang mempunyai pengaruh besar di pulau Manhattan. Itulah pembahasan mengenai serial DMZ yang diadaptasi dari DC Comics. Jangan lewatkan serial DMZ yang akan langsung merilis semua episodenya pada hari ini, 17 Maret 2022, hanya di saluran streaming HBO.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.