Rasanya hampir tidak ada orang yang tidak mengenal seri One Piece, salah satu seri anime dan manga bergenre Shounen yang paling populer di dunia. Bahkan, kepopuleran dari franchise One Piece bukan hanya terjadi di Jepang saja,melainkan juga sampai ke luar Jepang. Bahkan, bisa dibilang kepopulerannya semakin meningkat saat ini dengan ceritanya yang akan selesai.

Karena kepopuleran One Piece, referensi Luffy sering kali muncul dalam berbagai seri shounen lainnya. Referensinya sendiri bisa berupa benda atau kemunculan karakter yang “menyerupai” Luffy. Berikut adalah berbagai referensi Luffy di anime dan manga lainnya.

Assassination Classroom

Assassination Classroom menampilkan kisah yang menarik mengenai guru dan murid yaitu Koro Sensei dengan semua muridnya. Saat mereka masih di sekolah, Koro Sensei tergolong sebagai guru yang tidak begitu disukai oleh muridnya, sehingga tidak jarang mereka melakukan berbagai macam cara untuk menjatuhkan Koro Sensei.

Yang menarik adalah ada beberapa momen di mana serinya menghadirkan referensi One Piece, misalnya ketika Koro Sensei nampak mirip dengan sosok Luffy, lengkap dengan topi jeraminya. Atau misalnya ketika salah satu karakter sedang bermain video game, yang mana karakter protagonis utamanya adalah Luffy.

Jojo’s Bizarre Adventure: JoJolion

Seri Jojo’s Bizarre Adventure termasuk salah satu seri yang sedang naik daun di kalangan penggemar anime, apalagi seri ini menghadirkan sesuatu yang baru, mulai dari konsep cerita, karakter, bahkan sampai hal detail lainnya. Jojo’s Bizarre Adventure: JoJolion sendiri merupakan bagian kedelapan dari keseluruh serinya.

Dalam serinya, terdapat referensi dari One Piece berupa boneka dan ornamen lainnya. Terdapat sebuah boneka gantungan kunci yang bentuknya mirip seperti Monkey D. Luffy, mulai dari pakaian sampai topi jeraminya. Kemudian yang paling luar biasa adalah ornamen atau hiasa di gorden yang mirip kepala Chopper.

My Hero Academia: Vigilante

My Hero Academia merupakan salah satu seri Shounen terbaik saat ini, bersama dengan One Piece, dan beberapa judul seri lainnya. Serinya sendiri berkisah tentang sebuah dunia di mana dalam kebidupan sehari-harinya mereka sangat mengandalkan kekuatan super. Dunia tersebut menganggap kekuatan super adalah kekuatan “alami” dalam diri mereka.

Dalam sebuah spin-off dari serinya, yang berjudul My Hero Academia: Vigilante, terdapat satu karakter yang kekuatan supernya mirip seperti Luffy. Karakter tersebut memiliki tubuh yang sangat elastis, yang terbukti dari kedua lengannya yang memanjang. Dari segi wajah juga diperlihatkan karakternya sangat mirip seperti Luffy, dengan topi yang dia kenakan.

Inuyasha

Inuyasha adalah salah satu seri legendaris selain One Piece, yang sudah banyak dikenal oleh banyak orang. Inuyasha berkisah tentang seorang manusia, Kagome Higurashi, yang tidak sengaja bertemu dengan siluman manusia setengah anjing, yang tidak lain adalah Inuyasha. Kepopuleran dari Inuyasha juga sangat luar biasa, tidak kalah dari One Piece.

Dalam salah satu momen, di sebuah acara atau festival, terdapat karakter figuran yang nampak berdandan seperti halnya Luffy dengan topi jerami. Karakter tersebut terlihat sedang berbincang dengan karakter lainnya yang mirip seperti karakter di seri Magical Doremi. Karakter yang mirip Shinichi Kudo dan Ran Mouri juga nampak dalam momennya.

Gintama

Gintama merupakan sebuah seri Shounen bergenre komedi yang banyak dikenal orang sebagai seri yang sering menghadirkan referensi dari seri lainnya. Gintama sendiri berfokus pada cerita di mana bumi harus mengalami invasi alien. Gintoki Sakata dan teman-temannya berusaha untuk bisa menghancurkan dan membebaskan bumi dari para alien tersebut.

Sering kali Gintama menghadirkan referensi dari seri lain, yang biasanya berupa karakter. Misalnya saat Gintoki muncul dengan penampilan yang sangat mirip seperti Luffy, atau bahkan Goku. Mereka tidak pernah ragu untuk menghadirkan komedi-komedi tersebut yang tidak jarang membuat para fans tertawa terpingkal-pingkal. Namun, hal ini pun nyatanya membawa masalah serius bagi serinya, terutama yang berkaitan dengan hukum.

Dragon Ball

One Piece dan Dragon Ball merupakan dua judul manga terpopuler di Jepang, yang bahkan kepopulerannya sudah meluas sampai ke luar Jepang. Meskipun sudah lebih dari dua dekade, kepopuleran Dragon Ball ataupun One Piece rasanya masih belum luntur, justru kedua franchise tersebut semakin terkenal dan semakin populer, khususnya bagi mereka yang baru menyukai dunia anime dan manga.

Beberapa kali kreator dari Dragon Ball, Akira Toriyama, menghadirkan referensi dari seri One Piece. Bahkan, dua “raksasa” shounen ini juga sering kali dihadirkan berkolaborasi dalam sebuah event yang diadakan oleh Shonen Jump. Dengan kepopuleran dari Goku dan Luffy, rasanya memang wajar jika mereka berdua “berkolaborasi” dalam sebuah proyek yang akan datang.

Kepopuleran dan kedahsyatan cerita dari One Piece rasanya memang sudah tidak perlu lagi untuk diragukan. Eiichiro Oda berhasil membawa seri One Piece ke puncak popularitas, yang mana popuilaritas tersebut pun diakui oleh para mangaka lain dengan menghadirkan Luffy dalam cerita yang mereka buat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.