Monkey D. Luffy saat ini sedang dalam masalah besar. Seperti diperlihatkan dalam chapter sebelumnya, Luffy menjadi incaran dari Pemerintah Dunia. Sebenarnya, Luffy memang sudah sejak lama diawasi oleh Pemerintah Dunia setelah dia dan kelompok Topi Jerami melakukan hal yang dianggap mengancam keberlangsungan pihak pemerintah, seperti menerobos ke Enies Lobby.

Dan pada chapter 1041 kemarin, Gorosei akhirnya mengeluarkan perintah kepada pihak CP-0 di Onigashima untuk menghabisi nyawa Luffy. Kemungkinan besar ini adalah perintah yang disampaikan oleh Im. Namun, Luffy bukan hanya satu-satunya target yang ingin disingkirkan oleh Im. Ada beberapa karakter lainnya yang ingin Im singkirkan berdasarkan dari apa yang diperlihatkan dalam ceritanya.

Nefertari Vivi

Sosok Nefertari Vivi sebenarnya adalah anggota “tidak resmi” dari Topi Jerami, karena di arc Alabasta Luffy sudah mengajak Vivi untuk bergabung. Namun, Vivi memilih untuk tinggal di kerajaannya dan mengurus semuanya sampai waktunya tepat untuk bisa bergabung. Vivi menyadari bahwa dia harus ikut serta dalam mengurusi kerajaan Alabasta, karena suatu saat dia pasti akan menggantikan sang ayah.

Vivi menjadi target dari Im kemungkinan karena histori atau sejarah dari keluarga Nefertari, sebagai salah satu kerajaan yang ikut dalam perang besar 800 tahun lalu. Namun, keluarga Nefertari memilih untuk tidak lagi sejalan dengan pihak Pemerintah Dunia. Vivi kemungkinan dianggap terlalu tahu banyak mengenai rahasia besar mereka pada zaman dahulu, yang mana hal tersebut bisa menjadi alasan mengapa dia diincar oleh Im.

Shirahoshi

Shirahoshi merupakan putri dari sang raja laut penguasa pulau manusia Ikan, Neptune. Meskipun Shirahoshi terlihat bukan seperti ancaman atau sebuah kekuatan besar, tetapi sebenarnya dia merupakan perwujudan dari salah satu senjata kuno yaitu Poseidon. Seperti yang kita ketahui, senjata kuno merupakan senjata yang bisa menghancurkan seluruh Grand Line.

Shirahoshi merupakan putri duyung yang memiliki kemampuan untuk berbicara dengan Sea Kings, dan makhluk laut lainnya. Seperti yang diungkapkan oleh Neptune kepada Nico Robin, inilah alasan mengapa Shirahoshi selama ini dikurung di dalam istana Ryugu dan tidak pernah diizinkan untuk keluar. Shirahoshi diyakini akan memiliki peran penting di kemudian hari, ketika Luffy sudah berhasil menemukan One Piece. Dengan peran penting dari Shirahoshi tersebut wajar jika Im kemudian mengincar nyawanya demi melindungi rahasia besar yang mereka simpan.

Blackbeard

Blackbeard merupakan salah satu karakter terkuat di seri One Piece saat ini, dengan memiliki dua kekuatan buah iblis sekaligus. Sebenarnya, masih menjadi sebuah pertanyaan besar mengapa Blackbeard menjadi incaran dari Im Sama. Mungkin, semua hal tersebut ada kaitannya dengan teori bahwa Blackbeard merupakan sosok yang mewarisi tekad Rocks D. Xebec. Dan Rocks D. Xebec sendiri diketahui memiliki impian untuk menguasai dunia.

Pihak pemerintah sendiri mengetahui seperti apa sosok Rocks, karena dia sempat berkuasa di lautan pada 40 tahun lalu. Im melihat potensi bahaya besar di dalam diri Blackbeard, yang mana potensi bahaya tersebut juga dia lihat dalam diri Luffy, yang dianggap sebagai pewaris tekad Roger dan Joy Boy. Belum lagi Blackbeard memang diketahui bisa menjadi ancaman dengan kedua buah iblis kuat yang dia miliki.

Nico Robin

Nico Robin merupakan satu-satunya orang yang selamat dalam peristiwa mengerikan yang terjadi di tempat tinggalnya dahulu, Ohara. Sedari kecil, Robin sudah menjadi incaran pihak Pemerintah Dunia karena kemampuan yang dia miliki. Kemampuan tersebut adalah membaca Poneglyph. Bahkan, bisa dibilang, untuk saat ini Robin adalah satu-satunya orang yang mampu membaca huruf Poneglyph.

Hal inilah yang kemudian membuat Nico Robin menjadi incaran banyak pihak, seperti sosok Big Mom dan Kaido. Kemampuan Robin ini dibutuhkan untuk membaca Poneglyph di Laugh Tale demi bisa mengungkapkan rahasia besar yang selama ini ditutupi. Pada chapter 1028 kemarin, pihak pemerintah mengeluarkan perintah untuk menangkap Nico Robin. Hal ini sepertinya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah tidak ada satu orang pun yang bisa pergi ke Laugh Tale.

Adakah Pihak Lainnya?

Sampai sejauh ini, berdasarkan dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya, baru ada kurang lebih empat orang yang dianggap sebagai ancaman oleh sosok Im – lima orang termasuk Luffy. Meskipun begitu, bukan tidak mungkin jika pada masa yang akan datang akan ada sosok lainnya yang dianggap sebagai ancaman besar oleh Im. Misalnya sosok Franky yang mengetahui bagaimana desain dari salah satu senjata kuno lainnya, Pluton. Pihak pemerintah sepertinya rela melakukan apa pun untuk menutupi semua aib mereka, termasuk mengincar nyawa para karakter di atas.

Pihak Pemerintah Dunia, khususnya Im, sepertinya sudah mulai merasa terancam keberadaannya. Im menganggap ada pihak yang bisa menghancurkan apa yang sudah dibangun sejak ratusan tahun lalu. Belum lagi potensi untuk membongkar rahasia besar yang selama ini sudah tersimpan rapat. Apakah rencana besar Im tersebut akan berhasil? Atau justru akan mampu untuk dihentikan?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.