Avatar adalah film scifi aksi yang memadukan teknologi CGI dengan para aktornya agar terlihat seperti tayangan fantasi yang sangat nyata. Dirilis perdana pada tahun 2009, cerita Avatar berfokus pada seorang manusia Jake Sully (Sam Worthington) yang mengikuti program Avatar untuk kemudian memasukan pikirannya ke tubuh seorang Na’vi dari Planet Pandora. Final filmnya sendiri ditutup dengan perang besar-besaran antara Jake bersama Na’vi sebagai penduduk asli Pandora melawan para manusia jahat dan kekuatan militernya.

Sementara Jake dan para Na’vi menggunakan persenjataan tradisional dan dukungan dari kekuatan alam, manusia dan militernya justru memamerkan kendaraan dan juga persenjataan canggih yang di prakarsai oleh Kolonel Miles Rick Quaritch (Stephen Lang). Kehadiran Kolonel Quaritch di film Avatar sendiri menggambarkan betapa brutal dan mengerikannya manusia, sekaligus menjadikannya villain yang sangat berkesan bagi para penggemar.

Berkat kesuksesan film Avatar pertama dan juga keberhasilan para aktornya dalam menghidupkan kisah epik di Planet Pandora, termasuk Lang sebagai Kolonel Quaritch, akhirnya film Avatar menjadi waralaba yang dipastikan akan berlanjut dengan total empat sekuel, termasuk Avatar 2 yang akan dirilis pada akhir tahun 2022 ini. Dan bersamaan dengan kepastian sekuel tersebut, banyak penggemar yang penasaran dengan karakter villain yang akan mengisi kekosongan Kolonel Quaritch. Menariknya, alih-alih mendapatkan villain baru di Avatar 2 nanti, mungkin kita akan melihat kembalinya Kolonel Quaritch!

Hidup Kembali di Avatar 2?

Ada banyak sekali petunjuk yang bisa dijadikan bukti bahwa Kolonel Qauritch akan kembali. Sejak sekuel Avatar pertama kali diumumkan pada tahun 2017, sutradara sekaligus pencipta waralaba, James Cameron, sempat mengatakan, “Tidak setiap saat selalu ada penjahat baru, itulah menariknya. Pria yang sama, orang yang sangat menyebalkan di keempat film [Avatar]. Saya tahu bahwa Stephen Lang akan bisa membuktikan hal itu.” Meskipun pada saat itu Cameron tidak menjelaskannya secara detail, tetapi cukup jelas bahwa dia berniat “menghidupkan” kembali Kolonel Quaritch.

Sebagai seorang kolonel militer yang diperintahkan untuk menghancurkan rumah bangsa Na’vi, Quaritch sangat menikmati bisa membunuh para penduduk lokal Pandora tersebut bahkan tidak segan-segan untuk membasmi mereka. Di film Avatar pertama, pada akhirnya kebrutalan dari Kolonel Quaritch tersebut berakhir setelah Jake dan Neytiri (Zoe Saldana) mengalahkannya. Meskipun awalnya Jake sempat kewalahan karena Quaritch mengenakan robot “AMP” suit, pada akhirnya Neytiri membunuh Quaritch dengan menembakan dua anak panah besar tepat ke arah dadanya.

Senada dengan pernyataan Cameron sebelumnya, bahkan aktor pemeran Kolonel Quaritch, yaitu Stephen Lang, pada tahun lalu sempat mengisyaratkan bahwa dirinya akan kembali sebagai karakter yang lebih “berkembang” di Avatar 2. “Menurut saya kalian akan melihat karakternya berkembang secara ekstrem, begitu juga dengan beberapa kemundurannya, semoga saja di empat film selanjutnya,” ungkap Lang. Jika benar Kolonel Quaritch akan kembali dengan karakternya yang jauh lebih berkembang, lantas bagaimana caranya dia bisa kembali di Avatar 2, padahal seharusnya dia sudah mati?

Manusia Unggulan yang “Diabadikan”

Berdasarkan spekulasi para penggemar, satu-satunya cara yang masuk akal untuk mengembalikan karakter Quaritch di film Avatar 2 adalah dengan cara “kloning”. Di film Avatar extended version, ada satu adegan pembuka di mana Jake yang masih berada di Bumi pertama kali mengetahui bahwa saudaranya yang bernama Tommy meninggal dan dia harus menggantikannya dalam program Avatar di Planet Pandora. Pada titik itu Jake sedang melihat sebuah berita di TV tentang Kebun Binatang Beijing yang telah sukses melakukan kloning terhadap harimau jenis bengal.

Teknologi kloning di semesta Avatar sebenarnya tidak terlalu mengejutkan, mengingat pada saat itu manusia sudah bisa melakukan perjalanan antar planet bahkan sampai menambang di planet lain dengan teknologi canggihnya. Jika harimau bengal sudah bisa dikloning, bukan tidak mungkin manusia juga menyimpan DNA Quaritch untuk berjaga-jaga, mengingat dia adalah manusia unggulan yang mempunyai kapabilitas untuk menjaga aktivitas penambangan di planet lain. Dan pihak yang bertanggung jawab untuk mengkloning villain tersebut tidak lain adalah Resources Development Administration, perusahaan yang menambang unobtanium di planet Pandora.

Jika teori kloning ini nantinya terbukti, dan Kolonel Qauritch kembali dengan kebrutalan yang sama, sepertinya akan menarik melihat bagaimana jadinya jika dia bertemu kembali dengan Jake dan Neytiri. Pembalasan dendam bisa menjadi motif kloning Qauritch untuk menjadi villain yang lebih berbahaya di Avatar 2 nanti. Apalagi dengan sekuel yang dimaksudkan untuk mencapai sampai film kelima, karakter Qauritch sepertinya akan memaikan peran penting untuk membangun klimaks di waralabanya nanti. Kita nantikan saja kebenarannya saat film Avatar 2 dirilis pada 16 Desember 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.