Pertarungan antara Luffy dan Kaido masih belum selesai dalam arc Wano Country di seri One Piece. Bahkan, pertarungan yang terjadi diantara mereka semakin epik dan juga menegangkan di mana keduanya saling membalas serangan satu sama lain. Tidak diragukan lagi bahwa selain menjadi pertarungan paling epik, ini juga pertarungan yang paling sulit yang dihadapi Luffy.

Pertarungan Luffy melawan Kaido sendiri terjadi sejak chapter 1000 kemarin, di mana Luffy beserta Worst Generation lainnya berhasil pergi menuju atap. Mereka sempat bertarung bersama-sama, sebelum kemudian Kid muncul dengan ide untuk memisahkan antara Big Mom dan Kaido dari satu tempat yang sama. Jika Big Mom menjadi lawan Kid dan Law, maka Kaido menjadi lawan dari Luffy.

Pertarungan Luffy dan Kaido ini bisa dibilang tidak mudah. Pasalnya, Luffy sendiri sempat beberapa kali dikalahkan oleh Kaido. Bahkan, Luffy sempat tidak sadarkan diri dan jatuh ke laut sebelum kemudian dia kembali bertarung menghadapi Kaido. Salah satu hal yang menarik yang muncul dalam pertarungan ini adalah peningkatan kekuatan Luffy.

Seperti yang kita ketahui, Oda Sensei sering kali menghadirkan peningkatan kekuatan dari para karakternya di tengah-tengah pertarungan. Luffy sendiri sebelumnya diperlihatkan berhasil meningkatkan kemampuan Observation Hakinya saat bertarung melawan Charlotte Katakuri, yang membuatnya bisa melihat ke masa yang akan datang.

Dan hal ini pun kembali terjadi dalam pertempuran melawan Kaido. Luffy, yang sebelumnya selalu memanfaatkan Armament Haki dan Ryuo, akhirnya menyadari apa yang membuat Kaido kemudian menjadi sosok kuat dan tahan terhadap berbagai serangan. Rahasianya ternyata adalah penggunaan Advanced Conqueror Haki, yang dia lapisi terhadap kanabo yang dia gunakan atau dilapisi ke tubuhnya.

Mengetahui hal tersebut, Luffy pun kemudian menggunakan teknik yang sama untuk menghajar Kaido, yang mana hal tersebut cukup membuat Kaido terkejut karena Luffy berhasil melakukan hal tersebut yang menunjukan bahwa level kekuatan Luffy sangat luar biasa. Selain dari kemampuan Haki, peningkatan kekuatan Luffy juga dihadirkan oleh Oda melalui penggunaan jurus atau teknik baru.

Ada beberapa teknik baru yang digunakan oleh Luffy di sepanjang pertarungan ini, misalnya Gomu Gomu no Red Roc dan Gomu Gomu no Hydra seperti yang diperlihatkan pada chapter 1041 kemarin. Namun, dalam bocoran untuk chapter 1042 yang akan datang diketahui bahwa Luffy akan kembali menggunakan teknik baru yang disebut Gomu Gomu no Over Kong Gun.

Meskipun belum mampu untuk membuat Kaido takluk, sepertinya teknik ini cukup untuk membuat Kaido terluka parah karena Kaido sendiri kemudian menghajar Luffy dengan teknik dahsyat lainnya yang dia miliki. Geeks tentunya tahu bagaimana kekuatan dari teknik Kong Gun. Kong Gun merupakan salah satu teknik andalan Luffy di Gear 4.

Teknik ini membuat Luffy mengumpulkan kekuatan di salah satu tangannya, sambil juga melapisi serangan tersebut dengan Haki. Teknik ini yang membuat Doflamingo akhirnya kalah di arc Dressrosa kemarin. Bagaimana dengan teknik Over Kong Gun? Teknik tersebut bisa jadi adalah teknik tertinggi dari Luffy untuk di Gear Fourth dan juga “pengembangan” dari Kong Gun.

Meskipun tidak langsung membuat Kaido takluk, setidaknya serangan Over Kong Gun ini bisa membuat Kaido semakin melemah secara drastis. Dan bagaimana kemudian hal ini bisa menjadi serangan terkuat dari Luffy? Di panel terakhir chapter 1041 kemarin, Luffy berteriak kepada Kaido bahwa dia akan mengerahkan semua kekuatannya sampai titik darah terakhir untuk mengusir Kaido dari Wano.

Seperti halnya Zoro yang memanfaatkan kekuatan terakhirnya untuk menggunakan teknik baru dari Asura, Luffy pun akan mengerahkan semua kekuatannya untuk teknik Gomu Gomu Over Kong Gun, yang mana mungkin ini menjadi serangan paling dahsyat yang pernah dilakukan oleh Luffy setidaknya untuk saat ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.