God Valley menjadi sebuah wilayah yang sangat misterius dalam seri One Piece selain Laugh Tale. Wilayah God Valley merupakan sebuah pulau yang menjadi lokasi pertarungan antara Gol D. Roger dan juga Monkey D. Garp melawan kelompok bajak laut Rocks D. Xebec. Menurut Sengoku, saat itu Rocks berusaha menyerang para kaum naga langit yang ada di sana.

Masih menjadi sebuah pertanyaan besar mengapa para kaum naga langit pergi menuju God Valley. Dan juga masih menjadi misteri apa alasan kelompok bajak laut Rocks kemudian menyerang para kaum naga langit. Sengoku pun kemudian menjelaskan bahwa pasca pertempuran besar di pulau tersebut – yang kemudian dikenal sebagai insiden God Valley – pulau itu dihapus dari peta.

Bukan hanya itu, Pemerintah Dunia pun memutuskan untuk menghapus God Valley dari sejarah. Karena itulah, para angkatan laut muda – dan juga orang-orang lainnya – tidak pernah mendengar nama God Valley. Banyak teori pun kemudian bermunculan mengenai God Valley, seperti misalnya wilayah Onigashima sebenarnya adalah God Valley yang diterbangkan oleh Kaido.

Yang menarik juga adalah muncul sebuah teori bahwa mungkin wilayah God Valley adalah kota legendaris yang pernah disebutkan oleh Bellamy. Dalam arc Mock Town, Bellamy sempat menyinggung tentang Emerald City yaitu sebuah kota metropolis atau kota besar modern dan mewah, saat berbicara tentang mimpi.

Namun, Bellamy kemudian mengatakan bahwa semua hal itu tidak lebih dari sekedar khayalan saja. Mengapa kemudian Bellamy menyinggung kota tersebut?  Menurut teorinya, ada kemungkinan bahwa God Valley dalam cerita One Piece memiliki kemiripan dengan Emeral City yang muncul dalam cerita novel fenomenal yaitu The Wonderful Wizard of Oz karya L. Frank Baum.

Hal ini bisa dilihat dari bentuk siluet God Valley, yang dianggap sangat mirip dengan bentuk dari Emerald City dalam cerita The Wizard of Oz. Dalam cerita tersebut, Emeral City adalah kota yang paling besar dan memiliki sejarah panjang dengan Land of Oz. Emerald City berada di tengah-tengah wilayah Oz.

Dengan posisinya yang berada di tengah-tengah negara, Emerald City pun menjadi pusat dari segala kegiatan. Emerald City sendiri sebenarnya pada awalnya memiliki nama “City of Emeralds” atau kota Emeralds. Hal ini berdasarkan bentuk dari kotanya yang semuanya berwarna hijau sesuai dengan warna emerald.

Bahkan, semua isi kota dan para penduduknya pun bernuansa hijau. Mulai dari gedung, pakaian yang digunakan para penduduk, dan sebagainya. Ada banyak keajaiban yang bisa ditemukan oleh orang-orang saat berada di wilayah ini. Dan ini juga yang mungkin menjadi hal yang dipertimbangkan oleh sang pembuat teori, di mana kemungkinan ada banyak keajaiban yang di wilayah God Valley.

Hal tersebut memang cukup masuk akal mengingat bagaimana kaum naga langit sangat ingin pergi ke sana. Sebelumnya, ada juga teori yang mengatakan bahwa mungkin di God Valley terdapat telur naga terakhir yang kemudian pada akhirnya telur tersebut menjadi milik Roger. Telur raksasa yang ada di kapal Oro Jackson diduga adalah telur ajaib tersebut.

Ada juga yang mengatakan bahwa di God Valley terdapat pohon buah iblis, yang menjadi alasan mengapa kaum naga langit pergi ke sana karena mereka ingin memanen atau mengambil buah iblis tersebut. Fakta tentang God Valley ini tentunya sangat dinantikan oleh para fans. Mudah-mudahan saja Oda Sensei bisa segera memberikan informasi terkait God Valley.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.