Asal-usul dari buah iblis Gomu Gomu yang dimakan oleh Monkey D. Luffy dalam cerita di seri One Piece memang masih menjadi sebuah misteri besar. Para fans sendiri penasaran mengapa kemudian Gomu Gomu dianggap sebagai buah iblis yang spesial oleh pihak Pemerintah Dunia. Buah iblis Gomu Gomu sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan para fans.

Seperti yang diperlihatkan dalam chapter sebelumnya, Who’s Who sempat bercerita bahwa dia harus dipenjara karena dianggap gagal untuk menjaga buah iblis yang hendak diantarkan kepada pihak Pemerintah Dunia. Who’s Who tidak menjelaskan apa nama buah iblis tersebut, tetapi dia menjelaskan bahwa buah iblis yang dia jaga dicuri oleh Shanks.

Selain itu, Who’s Who juga kemudian menjelaskan bahwa buah iblis tersebut saat ini berada di tangan Monkey D. Luffy. Artinya sudah sangat jelas bahwa buah iblis yang dimaksud oleh Who’s Who adalah Gomu Gomu no Mi. Sampai saat ini, Oda Sensei memang masih belum memberikan informasi asal-usul buah iblis, termasuk buah iblis Gomu Gomu.

Namun, para fans sendiri banyak yang memunculkan teori terkait hal tersebut. Salah satunya adalah kemungkinan alasan dari buah iblis Gomu Gomu. Petunjuk mengenai hal tersebut diperlihatkan dalam halaman sampul berwarna atau Color Spread pada chapter 1040 kemarin. Dalam gambarnya terlihat ada seekor “raja kera” dan juga cairan berwarna kuning dan hitam yang diduga adalah getah pohon.

Dalam teorinya, kedua poin tersebut merepresentasikan Luffy dan juga kekuatannya yaitu Gomu Gomu no Mi sekaligus juga asal-usul dari buah iblisnya. Seperti yang diketahui, bahwa materal karet dibuat dari sebuah pohon karet yang kaya akan elastisitas. Material tambahan lain kemudian ditambahkan untuk berbagai keperluan.

Misalnya, ditambahkan material sulfur untuk berbagai keperluan industri, dan juga minyak bumi untuk membuat karet sintetis. Berdasarkan hal tersebut, teorinya sendiri berpendapat bahwa ada kemungkinan jika buah iblis Gomu Gomu berbeda dengan buah iblis lainnya. Buah iblis Gomu Gomu tidak berasal dari buah melainkan berasal dari getah pohon iblis, di mana di dalam getah tersebut terdapat berbagai inti dari pohon iblis.

Dengan buah iblis gomu Gomu yang terbuat dari getah pohon iblis yang mana dipastikan mengandung banyak hal istimewa di dalamnya, ini juga yang mungkin menyebabkan buah iblis tersebut menjadi spesial dan juga unik. Teori ini memang cukup masuk akal mengingat bagaimana Oda Sensei menggambarkan buah iblisnya.

Oda Sensei awalnya menghadirkan buah iblis Gomu Gomu dengan memperlihatkan bahwa buah iblis ini tidak lebih dari sekedar membuat Luffy bisa berubah menjadi elastis. Namun, perlahan-lahan Oda menghadirkan perubahan besar terhadap buah iblis tersebut, di mana misalnya kita melihat bagian tubuh Luffy yang bisa dikeraskan.

Kemudian kita juga melihat berbagai kemampuan dahsyat dari Gomu Gomu seperti teknik Gear dan juga berbagai transformasi di dalamnya. Dan terakhir adalah bagaimana Oda menghadirkan informasi bahwa Gomu Gomu adalah buah iblis yang sangat penting bagi Pemerintah Dunia.

Oda Sensei dikenal sebagai mangaka yang sering menghadirkan petunjuk mengenai apa yang terjadi yang akan datang pada chapter-chapter sebelumnya, atau sejak jauh-jauh hari. Petunjuk tersebut bisa muncul dalam cerita, narasi, atau melalui halaman sampul. Dengan semua hal yang sudah “diperkenalkan” oleh Oda Sensei mengenai Gomu Gomu, hanya tinggal masalah waktu sebelum kemudian kemudian Oda benar-benar menghadirkan informasi rinci mengenai buah iblis tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.