Geeks mungkin sudah pernah mendengar salah satu teknik tingkat tinggi dalam seri franchise Naruto yaitu Sage Mode. Sage Mode merupakan sebuah form yang spesial di mana hanya segelintir karakter saja yang mampu menguasai atau mendapatkan kekuatan tersebut. Sage Mode menggabungkan energi alam yang ada dengan chakra dari sang pengguna.

Dengan bergabungnya dua energi tersebut akan memberikan seseorang sebuah kemampuan baru yang kemudian dikenal sebagai Sage Mode. Kekuatan dari sage Mode sendiri diketahui tidak memiliki batas, dan penggunanya bisa terus meningkatkan kekuatan ini. Ada berbagai jenis Sage Mode yang sudah diperkenalkan dalam ceritanya. Meskipun berbeda-beda, kekuatan dari jenis Sage Mode ini sama-sama dahsyat.

Sage Mode Katak Tidak Sempurna

Sage Mode Katak bisa dipelajari di gunung Myoboku, salah satu dari tiga lokasi yang bisa didatangi untuk mereka yang ingin mempelajari Sage Mode. Setelah shinobi melatih tubuh dan pikiran mereka dengan sangat keras, dan juga belajar untuk bisa mengendalikan alam, barulah seseorang bisa memiliki akses untuk menggunakan Sage Mode Katak.

Namun, tidak semua orang bisa menguasai kemampuan ini dengan sempurna. Mereka yang gagal menguasainya secara penuh hanya akan menggunakan form dari Sage Mode Katak ini secara tidak sempurna. Meskipun dengan bentuk yang tidak sempurna, ada beberapa kelebihan yang bisa dirasakan penggunanya seperti bergerak dengan lebih baik dan juga peningkatan kekuatan. Jiraiya adalah pengguna Sage Mode Katak tidak sempurna.

Sage Mode Katak Sempurna

Ketika seseorang berhasil menggabungkan energi alam dari sekitarnya secara sempurna dengan chakra mereka sendiri, maka mereka akan bisa menggunakan kekuatan form sempurna dari Sage Mode. Bukti dari penggunaan Sage Mode Katak sempurna ini bisa dilihat dari adanya perubahan pigmen warna di sekitar mata penggunanya menjadi berwarna jingga dan akan berubah mirip seperti bentuk mata katak.

Peningkatan kekuatan dari form ini juga sangat luar biasa, di mana form ini bisa membuat penggunanya bertarung melawan karakter terkuat sekalipun. Namun, butuh banyak konsentrasi ketika melakukan teknik ini, apalagi jika seseorang masih pemula dalam menggunakan tekniknya. Setelah Jiraiya tewas, Naruto yang kemudian mempelajari Sage Mode ini di gunung Myoboku.

Naruto mendapatkan bantuan dari salah satu petapa katak di sana, Fukasaku. Dan berbeda dengan Jiraiya, Naruto justru mampu mempelajari teknik ini dengan sempurna dan Naruto juga mampu mencapai bentuk yang sempurna. Kemampuan Naruto ini diperlihatkan dalam arc invasi Pain ke Konoha.

Sage Mode Ular

Tidak hanya katak, Sage Mode juga memiliki form lainnya yaitu ular. Form Sage Mode ini hanya bisa didapatkan dengan berlatih secara keras di gua Ryuuchi, salah satu dari tiga area Sage. Sama seperti Sage Mode Katak, form ini tidak mudah untuk dikuasai dan butuh banyak chakra penggunanya untuk bisa mendapatkan kemampuan ini. Tidak lupa juga konsentrasi dan fokus yang sempurna.

Untuk mendapatkan kekuatannya, Great White Snake akan memasukan chakra sage ular (Snake Sage Chakra) ke tubuh seseorang yang sedang berlatih. Setelah itu, sang ular akan melihat apakah sosok tersebut bisa bertahan. Dan faktanya tidak banyak yang bisa bertahan setelah Great White Snake menyuntikan chakra sage ular tersebut.

Salah satu contoh pengguna dari Sage Mode ini adalah Kabuto Yakushi. Berkat kekuatan Jugo, Kabuto bisa dengan mudah meraih form ini di mana Kabuto bisa menyerap energi alam secara pasif. Kekuatan Sage Mode ular ini cukup kuat untuk membuat Kabuto bertarung melawan Itachi Uchiha.

Sage Mode Hokage Pertama

Salah satu jenis dari Sage Mode yang paling langka adalah form Sage Mode yang dimiliki oleh Hokage pertama, Hashirama Senju. Tidak diketahui dari mana asal-usul kekuatan ini, tetapi banyak yang berspekulasi bahwa Hashirama mempelajari teknik ini dari hutan Shikkotsu. Jika Sage Mode Katak merubah pigmen di bagian mata menjadi jingga, maka kemampuan Sage Mode ini merubah pigmen di mata penggunanya menjadi hitam.

Tidak hanya di mata, sebuah tanda berwarna hitam juga akan muncul di dahi penggunanya. Seperti namanya, pengguna dari kemampuan Sage Mode ini adalah Hashirama Senju dan sejauh ini diketahui baru Hashirama yang menggunakan teknik Sage Mode tersebut. Selain meningkatkan kemampuan fisik dari Hashirama, Sage Mode ini juga meningkatkan kemampuan Pelepasan Kayu atau Wood Release miliknya.

Six Path Sage Mode

Bisa dibilang, Sage Mode Six Path adalah Sage Mode yang paling kuat diantara tipe lainnya. Kemampuan Sage Mode Six Path ini hanya bisa didapatkan dengan cara memiliki chakra milik Hagoromo Otsutsuki, Sage of Six Path. Berbeda dengan Sage Mode pada umumnya, kemampuan ini tidak memberikan tanda atau apapun di sekitar mata atau tubuh mereka.

Namun, di bagian pupil mereka akan memiliki tanda ‘plus’ yang menjadi bukti bagaimana kedahsyatan kekuatan tersebut. Chakra Six Path juga mampu memberikan penggunanya kekuatan dari seluruh monster berekor. Selain Hagoromo, Karakter yang diketahui mampu menggunakan kemampuan ini adalah Uzumaki Naruto.

Naruto mendapatkan kekuatan ini saat dia tidak sadarkan diri dan kemudian Naruto bertemu dengan Hagoromo Otsutsuki di alam bawah sadarnya saat perang dunia shinobi keempat. Dengan menggunakan kemampuan ini terbukti Naruto mampu mengalahkan Six Path Madara Uchiha. Dan yang paling baru adalah dengan menggunakan teknik ini Naruto berhasil mencari keberadaan Boruto.

Dengan kemampuan menggabungan energi alam dan chakra dalam tubuh seseorang, wajar jika tidak semua orang mampu menggunakan teknik Sage Mode. Hal ini dikarenakan hanya orang-orang yang bisa menyerap energi alam yang bisa melakukannya. Dan kekuatan Sage Mode ini juga yang membuat para fans meyakini bahwa Naruto masih tetap menjadi sosok shinobi yang kuat meskipun tidak lagi mengandalkan Kurama.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.