Selama bertahun-tahun, waralaba multimedia Star Wars telah memperlihatkan banyak senjata canggih dan mematikan kepada penggemar. Dan dari sekian banyak senjata yang ada di semestanya, Lightsaber adalah senjata terbaik sekaligus paling ikonik yang hanya ada di Star Wars. Sepanjang sejarahnya, ada banyak sekali Lightsaber yang diperlihatkan sangat keren di tangan para pengguna Force seperti Jedi dan Sith, tetapi hanya ada beberapa saja yang terkenal legendaris. Selain hebat dan juga unik, berikut lima lightsaber yang terkenal legendaris karena sejarah yang epik!

Darksaber

Sebagai lightsaber paling ikonik, Darksaber adalah lighsaber berwarna hitam yang hanya ada satu di galaksi. Senjata legendaris ini diciptakan oleh seorang Mandalorian yang menjadi Jedi bernama Tarre Vizsla, dan telah diturunkan kepada penerus Mandalorian melalui sebuah pertarungan. Siapa pun yang mendapatkan Darksaber dengan cara sah, konon dia akan menjadi pemimpin para Mandalore di galaksi. Setelah Tarre mati, Darksaber pernah dipegang juga oleh Pre Vizsla, Darth Maul, Sabine Wren, Bo Katan, Moff Gideon, sampai akhirnya yang terbaru jatuh ke tangan Din Djarin alias Mando dari serial The Mandalorian.

Lightsaber-Blaster

Meskipun sebagian besar lightsaber legendaris diperkenalkan di tayangan live-action Star Wars, tetapi ada juga lightsaber ikonik lainnya yang pertama kali muncul di serial animasi Star Wars Rebels, yaitu Lightsaber-Blaster milik Ezra Bridger. Yang membuat senjata ini sangat dikenal di galaksi adalah karena Lightsaber-Blaster mempunyai dua fungsi sekaligus. Selain untuk menebas musuh dalam jarak dekat, senjata ini juga bisa menembakan laser blaster untuk melumpuhkan musuh dari jarak jauh. Jedi seperti Obi-Wan Kenobi bahkan menjuluki Lightsaber-Blaster ini sebagai senjata yang sangat “liar”.

First Blade

Sesuai dengan namanya, First Blade adalah lightsaber yang paling pertama kali diciptakan. Sebagai senjata kuno, First Blade diciptakan oleh seorang Je’daii, nenek moyang Jedi, yang dikenal sebagai Weapon Master. Banyak yang percaya bahwa jika Weapon Master tidak menciptakan First Blade maka tidak akan ada satu pun lightsaber di galaksi, bisa dibayangkan jika Star Wars tidak memiliki senjata ikoniknya ini, itulah mengapa senjata ini sangat legendaris di kalangan Jedi maupun Sith. Lightsaber ini terlahir kali terlihat digunakan oleh salah satu anggota Jedi High Council yang bernama Rajivari.

Vader’ Corrupted Lightsaber

Alasan mengapa semua lightsaber merah sangat ikonik adalah karena senjata ini digunakan oleh para Sith yang sering membawa kehancuran di galaksi. Namun, dari banyaknya lightsaber merah dan para Sith yang menggunakannya, lightsaber milik Anakin Skywalker alias Darth Vader adalah yang paling legendaris. Setelah kekalahan pertamanya oleh Obi-Wan di pertarungan Mustafar, Anakin yang bangkit sebagai seorang Sith mulai mengalahkan banyak Jedi dan menjadi salah satu Dark Lord paling menakutkan di galaksi. Konon lightsaber merah miliknya ini adalah senjata tangan yang paling banyak merenggut nyawa di Star Wars.

Skywalker Lightsaber

Lightsaber hijau milik Luke Skywalker memang cukup ikonik karena dia membuatnya sendiri untuk pertama kali, tetapi itu masih belum ada apa-apanya jika dibandingkan Lightsaber biru terakhirnya yang telah diturunkan selama beberapa generasi. Sebagai lightsaber asli Anakin, sebelum dirinya jatuh ke dalam Dark Side, lightsaber biru ini pada akhirnya jatuh ke tangan Luke melalui Obi-Wan yang telah mengalahkan Vader di duel pertamanya. Dan di tangan Luke, lightsaber ini pada akhirnya menjadi saksi sekaligus penentu runtuhnya Galactic Empire.

Itulah lima lightsaber paling legendari di seluruh galaksi Star Wars. Dari mulai First Blade yang menjadi awal segalanya, sampai Lightsaber merah Darth Vader yang telah membuat banyak nyawa melayang, semuanya memerankan peran penting yang pada akhirnya membentuk sejarah Star Wars sampai seperti sekarang ini. Memang lightsaber hanya bisa digunakan oleh para pengguna Forse seperti Jedi dan Sith, tetapi kehebatan dan sejarah epiknya akan terus dikenang oleh sebagian besar makhluk di galaksi, begitu juga oleh para penggemar setia Star Wars.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.