Dalam dunia One Piece kita disuguhkan banyak sekali hal-hal unik dan menarik yang muncul dalam ceritanya. Seperti kemampuan dari buah iblis, Haki, dan tentunya keunikan yang ada atau dimiliki oleh para karakter. Keunikan dari para karakter tersebut pun beragam, dan salah satunya adalah bagaimana kemampuan mereka dalam bertarung.

Dalam serinya, mayoritas karakter merupakan pengguna buah iblis dalam bertarung sehingga mereka tidak memanfaatkan senjata atau apa pun. Ada juga yang memang memanfaatkan senjata seperti pedang atau pistol. Namun, jika dibandingkan dengan pengguna pedang, karakter yang menggunakan pistol atau senjata api sebagai senjata andalan tidak terlalu banyak. Salah satu diantaranya adalah Izo.

Jika para pengguna pedang memiliki keuntungan dalam pertarungan jarak dekat, maka pengguna pistol seperti Izo memiliki keuntungan dalam pertarungan jarak jauh. Mereka biasanya akan berada jauh dari targetnya dan menggunakan kemampuan menembaknya untuk mengenai target. Dan bukan hanya itu, penembak seperti halnya Izo juga melapisi pelurunya dengan Haki.

Izo sendiri merupakan mantan kru dari kelompok bajak laut Whitebeard, di mana bukti kekuatan dari Izo adalah dia memiliki nilai buruan yang mencapai 510.000.000 Belly. Izo merupakan penembak jitu yang berasal dari wilayah Wano. Yang menarik adalah Izo pun sebenarnya merupakan salah satu pengikut dari Kozuki Oden. Dengan Izo yang berasal dari Wano, dia juga bisa menggunakan pedang untuk bertarung.

Namun, memang, harus diakui kemampuan Izo dalam menggunakan pedang sedikit kurang handal jika dibandingkan dengan menggunakan pistol atau senjata api. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Izo memiliki pistol sebagai senjata utamanya. Hal ini pun sempat dibahas dalam kolom SBS Vol. 98 kemarin.

Oda Sensei menjelaskan bahwa saat Izo berada di Wano, dia dan Kiku harus melakukan sesuatu untuk mendapatkan uang dan bertahan hidup karena mereka sangat miskin. Karena itulah mereka melakukan semacam atraksi hiburan, di mana yang mereka pertontonkan adalah kemampuan menembak dari Izo. Kemampuan menembak Izo bisa dibilang sangat sempurna, tidak ada yang meleset.

Saat Izo bergabung dengan kelompok Whitebeard dan memperlihatkan kemampuannya dalam menembak, Vista adalah orang yang meyakinkan Izo untuk tetap pada kemampuannya yaitu menembak. Menurut Vista, Izo harus bisa memanfaatkan kemampuan hebatnya tersebut untuk melindungi yang lain. Disaat samurai lain mengandalkan pedang, maka Izo akan mengandalkan pistol.

Dan memang harus diakui kemampuan menembak Izo cukup fantastis. Meskipun tidak ditampilkan secara spesifik, Izo pernah memperlihatkan kemampuan menembak jitunya saat dia berhasil melumpuhkan sosok King dalam penyerangan ke Onigashima. Dalam pertarungannya melawan Kaido, Izo berhasil menembakan peluru yang dilapisi Armament Haki Tingkat Lanjut. Dengan begitu, peluru yang ditembakan Izo mampu menembus kulit dari Kaido.

Kemampuan menembak dari dari Izo memang mungkin tidak sepopuler para karakter penembak jitu handal lainnya, seperti Van Aughur dari kelompok Blackbeard atau pun Yasopp dari kelompok Rambut Merah. Tetapi walau begitu, dia bisa menembak dengan tepat tanpa meleset. Kemampuannya ini terbukti mampu untuk melindungi atau membantu orang lain.

Menarik tentunya melihat bagaimana nasib Izo selanjutnya pasca pertempuran di Wano. Namun, dengan Kaido yang kemungkinan akan kalah dan juga Orochi, Izo mungkin akan kembali ke Wano dan menjaga sang adik. Dia juga bisa menjadi sosok yang diandalkan untuk bergabung dengan Red Scabbards dan membantu Momonosuke menjaga Wano.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.