Apa yang sebenarnya terjadi kepada ras Lunarian? Mengapa kemudian mereka bisa punah? Itulah beberapa pertanyaan besar yang muncul di kalangan para fans One Piece ketika mereka diperkenalkan dengan ras Lunarian, sebuah ras yang disebut-sebut sebagai ras para dewa dan dianggap sebagai ras yang sudah punah untuk waktu yang lama.

Ras Lunarian sendiri pertama kali “diperkenalkan” dalam cerita One Piece pada chapter 1023 kemarin. Dalam pertarungan Queen dan Sanji, Queen sempat menyinggung tentang ras Lunarian. Ras Lunarian disebut sebagai salah satu suku kuno yang ada dalam sejarah One Piece. Sayangnya, untuk saat ini, informasi mengenai ras Lunarian sendiri masih belum terlalu banyak.

Meskipun begitu, beberapa informasi dasar tentang rasnya sudah dihadirkan dalam percakapan kemarin. Misalnya, Marco mengatakan bahwa ras Lunarian adalah ras para dewa. Kemudian diketahui juga bahwa mereka pernah tinggal di wilayah Red Line. Dalam masalah kekuatan, diketahui bahwa ras Lunarian memiliki kemampuan untuk mengendalikan api dan juga memiliki kemampuan penyembuhan.

Dalam chapter 1033, Sanji sempat bertanya kepada Queen mengenai hal ini. Sanji bertanya tentang apa yang terjadi kepada ras Lunarian dan mengapa mereka bisa punah. Namun, Queen tidak memberikan jawaban dari apa yang Sanji tanyakan. Meskipun begitu, ada beberapa teori yang muncul di kalangan fans yang mungkin bisa menjelaskan terkait alasan punahnya ras Lunarian.

Teori pertama menyebutkan bahwa ras Lunarian mungkin diserang oleh para kaum naga langit. Seperti yang kita ketahui, wilayah Red Line sekarang menjadi wilayah yang dikuasai oleh kaum naga langit. Di sanalah Mary Geoise berdiri. Mary Geoise sendiri merupakan tempat tinggal bagi kerajaan yang membentuk Pemerintah Dunia.

Sampai sekarang memang masih menjadi pertanyaan mengapa mereka membangun Mary Geoise di wilayah Red Line. Mungkin, sebelum 20 kerajaan tersebut membangun Mary Geoise, di sana merupakan tempat tinggal bagi ras Lunarian. Mereka hidup di sana selama ratusan atau bahkan ribuan tahun, sampai kemudian muncul 20 kerajaan yang menghancurkan Kerajaan Kuno.

Ada kemungkinan bahwa selain menghancurkan Kerajaan Kuno, 20 kerajaan ini juga menghancurkan suku atau ras Lunarian. Mereka menggusur ras Lunarian dan kemudian membangun Mary Geoise di atas tanah yang dahulu pernah menjadi rumah bagi ras tersebut. Peperangan yang terjadi antara ras Lunarian dan kaum naga langit pun tidak terhindarkan. Sayangnya, Lunarian harus kalah.

Sebagian besar dari mereka pun harus tewas, dan hanya sebagian kecil dari mereka yang selamat dan bertahan sampai sekarang. Dan King menjadi satu-satunya Lunarian yang mampu bertahan hidup sampai sekarang. Kemungkinan kedua adalah ras Lunarian dikhianati oleh 20 kerajaan tersebut. Sampai saat ini, kita tidak pernah tahu siapa saja kerajaan atau ras yang ikut terlibat dalam peperangan epik 800 tahun yang lalu.

Hanya kerajaan Alabasta saja yang diketahui sempat ikut ambil bagian dari peperangan tersebut. Bisa jadi, ras Lunarian juga menjadi sekutu dari 20 kerajaan yang menyerang Kerajaan Kuno. Seperti disebutkan di atas, ras Lunarian memiliki kehebatan dalam hal pengendalian api. Hal ini pun coba dimanfaatkan oleh para 20 kerajaan tersebut.

Mereka memanfaatkan kekuatan dari ras Lunarian untuk membantu mereka menghancurkan Kerajaan Kuno. Dan sebagai gantinya, mereka pun diizinkan untuk tinggal di Mary Geoise. Namun, para kaum naga langit tersebut kemudian mengkhianati mereka, di mana karena 20 kerajaan tersebut berhasil menang menghadapi Kerajaan Kuno, mereka beranggapan bahwa ras Lunarian tidak lagi dibutuhkan.

Dan akhirnya ras Lunarian pun dibantai habis oleh pihak 20 kerajaan yang ada saat itu. Tanpa mereka sadari, ternyata ada satu orang yang selamat dalam peristiwa tersebut yang mana tidak lain adalah sosok King. Bagaimana kemudian mereka menghabisi ras yang disebut ras para dewa tersebut?

Senjata kuno bisa menjadi jawaban atas hal tersebut. Senjata kuno sejauh ini dikenal sebagai senjata yang dahsyat yang bisa menghancurkan dunia. Artinya untuk bisa menghancurkan ras Lunarian, menjadi sebuah perkara yang mudah karena 20 kerajaan tersebut menggunakan senjata kuno untuk menghancurkan ras Lunarian. Meskipun mereka memiliki kekuatan yang dahsyat, namun rasanya mereka sulit bertahan dari serangan senjata kuno.

Momen atau peristiwa dari pembantaian ras Lunarian juga mungkin tercatat di Poneglyph, dan menjadi salah satu rahasia buruk Pemerintah Dunia yang tidak ingin diketahui oleh orang-orang. Kita nantikan saja ya Geeks alasan sebenarnya mengapa ras Lunarian bisa punah dalam chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.