Sasuke bukan hanya menjadi teman baik dari Uzumaki Naruto, melainkan juga rivalnya. Selain itu, Uchiha Sasuke juga merupakan salah satu shinobi paling kuat di seluruh seri Naruto dan Boruto. Hal tersebut memang wajar karena seperti yang kita ketahui Sasuke diberkahi oleh Doujutsu yang luar biasa, Rinnegan dan Eternal Mangekyou Sharingan.

Namun, pasca pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki, Sasuke harus kehilangan mata Rinnegan miliknya setelah Momoshiki kembali mengambil alih tubuh Boruto. Artinya hanya Sharingan miliknya saja yang tersisa. Namun, dengan hanya satu mata tersebut apakah Sasuke akan mampu menggunakan kekuatan terkuatnya, yaitu Susanoo? Seperti yang dihadirkan sebelumnya, Sasuke berhasil mendapatkan Mangekyou Sharingan setelah pertarungannya melawan Itachi.

Sasuke pun kemudian mengetahui fakta sebenarnya mengenai Itachi dan alasannya menghabisi seluruh klan Uchiha. Sasuke pun sempat kehilangan penglihatannya karena terlalu banyak menggunakan Mangekyou Sharingan. Namun, Tobi kemudian mengganti mata Sasuke dengan mata milik Itachi yang mana hal tersebut membangkitkan kekuatan Eternal Mangekyou Sharingan di tubuh Sasuke.

Kemudian, dalam perang besar ninja keempat, Sage of Six Paths, Hagoromo Otsutsuki, memberikan chakra Six Path kepada Sasuke dan Naruto dan mengubah salah satu mata Eternal Mangekyo Sharingan Sasuke menjadi Choku-tomoe Rinnegan atau Rinnesharingan. Sejak saat itulah Sasuke berubah menjadi shinobi yang sangat kuat. Namun, di seri Boruto, Sasuke harus kehilangan Rinnegan miliknya. Hal ini terjadi ketika Boruto, yang berada dalam kendali Momoshiki Otsutsuki, menusuk mata dari Sasuke.

Bisakah Sasuke Gunakan Susanoo?

Meskipun para fans sampai saat ini masih belum kembali diperlihatkan momen ketika Sasuke menggunakan Rinnegan miliknya, namun bukan berarti menjadi sesuatu hal yang mustahil bagi Sasuke untuk kembali bisa mengakses kekuatan Susanoo meskipun hanya menggunakan satu matanya saja.

Mengapa demikian? Salah satu pengguna Susanoo lainnya, Shisui Uchiha, pernah menggunakan transformasi Susanoo meskipun hanya dengan satu mata saja. Saat itu, salah satu mata milik Shisui berhasil dicuri oleh Danzo. Berdasarkan hal tersebut, artinya Sasuke bisa saja kembali menggunakan teknik Susanoo tanpa harus menggunakan kedua matanya.

Meskipun yang tersisa dari mata Sasuke hanya Sharingan, namun Sharingannya bukan Sharingan biasa melainkan Eternal Mangekyou Sharingan. Belum lagi Sasuke kemungkinan masih memiliki chakra dari Indra Otsutsuki dalam dirinya, yang kembali membuat peluang Sasuke mengakses kekuatan Susanoo meskipun hanya satu mata cukup besar.

Penggunaan Susanoo sendiri saat ini mungkin masih belum diperlukan. Namun, dengan situasi yang dinamis di mana apa pun bisa saja terjadi dalam waktu singkat, mungkin pada akhirnya Sasuke harus kembali menggunakan kekuatan Susanoo. Seperti yang diketahui, saat ini dunia sedang berada dalam ancaman Code, Eida, dan Daemon. Mereka adalah cyborg Kara yang sangat luar biasa.

Kekuatan mereka sempat diperlihatkan di chapter sebelumnya, di mana Eida mampu melihat ke masa depan. Code memiliki Karma putih dari kekuatan Isshiki Otsutsuki, sedangkan Daemon memiliki kekuatan dahsyat di mana dia mampu mengembalikan berbagai serangan mematikan yang berniat untuk membunuhnya untuk kemudian kembali kepada yang menyerangnya.

Kita memang masih belum diperlihatkan sejauh apa kekuatan ketiganya, apalagi mereka pun menegaskan bahwa mereka tidak bisa mengerahkan semua kekuatan karena adanya limiter dalam diri mereka. Mungkin, jika limiter dalam diri mereka dilepas, level kekuatan mereka akan sangat luar biasa yang akhirnya memaksa Sasuke untuk kembali menggunakan teknik Susanoo demi bisa mengalahkannya.

Jadi, kesimpulannya, meskipun Sasuke hanya bisa menggunakan satu mata saja dia masih bisa mengakses kekuatan Susanoo. Namun, yang perlu diperhatikan adalah semua ini masih sekedar spekulasi, yang mana para fans masih tetap harus menunggu konfirmasi resmi dari Masashi Kishimoto terkait hal tersebut. Apakah Sasuke akan kembali menggunakan teknik Susanoo untuk menghancurkan Code, Daemon, dan Eida? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.