Taka no Me atau biasa disebut Dracule Mihawk merupakan salah satu mantan Shichibukai yang memiliki kekuatan di atas rata-rata dalam cerita One Piece. Kekuatan dari Mihawk dianggap setara dengan sosok Shanks si rambut merah. Mihawk juga dikenal sebagai rival abadi dari Shanks, sampai kemudian dia memutuskan untuk tidak lagi bertarung dengannya saat Mihawk mengetahui Shanks kehilangan lengannya.

Kemampuan Mihawk yang luar biasa diakui oleh pihak Pemerintah Dunia dan angkatan laut, yang mana kemudian itulah alasan mengapa Mihawk ditawari oleh mereka untuk menjadi bagian dari Shichibukai. Namun, apa sebenarnya alasan dari Mihawk untuk bergabung dengan Shichibukai? Data di salah satu Vivre Card mungkin bisa memberikan penjelasannya.

Dalam salah satu Databook Vivre Card dijelaskan bahwa Mihawk sudah sejak lama dikenal luas sebagai ahli pendekar pedang, bahkan sebelum Great Pirate Age terjadi. Dan sampai saat ini, titel dari Mihawk sebagai ahli pedang terkuat di dunia memang masih tetap berada di tangannya. Dan hal tersebut memang bisa dipahami mengingat kemampuannya yang luar biasa.

Mihawk juga sudah sejak lama berlatih pedang dan melatih untuk menghabisi nyawa musuhnya dengan pedang. Kemudian dalam salah satu informasinya disebutkan bahwa Mihawk kemudian bergabung dengan Shichibukai, karena tidak menemukan lagi orang-orang yang kuat yang bisa dia ajak bertarung.

Dengan menjadi Shichibukai, dia bisa bebas berlayar kemana pun dan hal itulah yang dianggap sebagai alasan Mihawk bergabung dengan Shichibukai. Dengan bebas berlayar kemana pun, dia bisa bertemu dengan orang-orang kuat di luar sana dan menantangnya untuk bertarung. Sayangnya, seperti yang diperlihatkan pada chapter 956 kemarin, sistem Shichibukai akhirnya harus dihapuskan sebagai salah satu hasil dari Reverie.

Dengan sistem Shichibukai yang dihapuskan, Mihawk pun kembali menjadi seorang bajak laut seperti sebelum bergabung dengan Shichibukai. Saat ini, dia menjadi buruan bagi angkatan laut dan Sakazuki sendiri sudah memerintahkan armadanya untuk menangkap para mantan Shichibukai. Menarik tentunya untuk melihat apa yang akan dilakukan oleh Mihawk terkait hal ini.

Sebenarnya, selain agar bisa berlayar dengan mudah dan juga mencari lawan kuat lainnya, para fans sendiri banyak yang melontarkan teori atau spekulasi mengenai mengapa Mihawk bergabung dengan Shichibukai. Salah satu yang menarik dan banyak dibahas di kalangan fans adalah bagaimana Mihawk dianggap sebagai salah satu mata-mata atau menjadi bagian dari Pasukan Revolusi.

Dalam teorinya disebutkan bahwa sebenarnya Mihawk merupakan bagian dari Pasukan Revolusi. Bergabungnya Mihawk sebagai Shichibukai dianggap sebagai kesempatan yang baik untuk menggali sebanyak mungkin informasi, yang bisa jadi berguna bagi Pasukan Revolusi. Dan beberapa momen yang ada dalam ceritanya dianggap sebagai petunjuk mengenai hal tersebut.

Misalnya, bagaimana Mihawk tidak terkejut dengan kemunculan Zoro di Kuraigana. Hal tersebut dikarenakan Mihawk sudah tahu tentang rencana Pasukan Revolusi – yang dibantu oleh Kuma – untuk melatih para kru Topi Jerami. Dan untuk Mihawk sendiri ditugaskan untuk melatih Zoro. Dengan Mihawk yang mau melatih Zoro juga dianggap menjadi petunjuk lainnya tentang hal tersebut.

Dracule Mihawk adalah salah satu karakter yang sangat populer di kalangan fans, sehingga wajar jika banyak fans penasaran dengan sosoknya apalagi Oda Sensei sampai saat ini masih belum memberikan terlalu banyak informasi terkait dengan Mihawk. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Oda Sensei akan menghadirkan lebih banyak lagi informasi mengenai Dracule Mihawk pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.