Nama Shimotsuki Ryuma sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan para fans One Piece, karena koneksinya dengan klan Shimotsuki dan juga sosok Zoro. Nama Ryuma sebenarnya pertama kali diperkenalkan saat di arc Thriller Bark, di mana Luffy dan kelompok Topi Jerami bertemu dengan zombie Ryuma. Namun, di dalam tubuh zombie Ryuma terdapat bayangan dari Brook.

Dalam arc tersebut, diperlihatkan bagaimana Zoro berhasil menang dalam pertarungannya melawan zombie Ryuma. Dan setelah saat itu, Ryuma pun tidak pernah lagi disebutkan sampai kemudian arc Wano Country dimulai. Berbagai fakta pun terungkap mengenai Ryuma. Misalnya, yang pertama adalah Ryuma merupakan bagian dari klan Shimotsuki, klan yang dikenal sebagai samurai terhebat.

Kemudian, Ryuma merupakan pemilik dari shusui dan jenazah dari Ryuma kemungkinan diculik oleh Gecko Moria saat dia datang ke Ringo. Ketiga, fakta yang cukup luar biasa adalah ternyata Ryuma bukanlah sosok yang sembarangan. Dia merupakan sosok “dewa penjaga” dari wilayah Wano. Inilah kemudian mengapa Ryuma begitu dihormati oleh para penduduk Wano.

Yang menarik adalah sebagian fans beranggapan bahwa ada kemungkinan jika Momonosuke dan Ryuma memiliki koneksi. Namun, koneksi di sini bukanlah dalam hal keluarga. Melainkan kepada peran yang akan diambil oleh Momonosuke selanjutnya. Momo diyakini akan menjadi sosok yang menjaga Wano selanjutnya melanjutkan apa yang pernah dilakukan oleh Ryuma.

Bahkan, menjadi penerus dari Ryuma untuk menjaga Wano bisa jadi adalah takdir yang harus diemban oleh Momonosuke. Momonosuke dikirim ke 20 tahun yang akan datang oleh sang ibu, Toki, tentunya bukan tanpa alasan. Seperti yang diperlihatkan sebelumnya, bahwa Toki sempat membaca surat yang ditulis oleh Oden.

Dalam isinya, Oden memang membahas tentang dalam 20 tahun kedepan akan ada kekuatan besar yang bisa menghancurkan Kaido dan membaca kembali Wano menuju awal yang baru. Tidak disebutkan bagaimana peran atau apa yang bisa dilakukan oleh Momonosuke, namun mungkin Momonosuke memiliki peran dalam hal tersebut. Hal ini terbukti dengan Momo yang berhasil menarik Onigashima menjauh dari ibu kota bunga.

Kemudian, Momonosuke juga sebelumnya sempat membaca buku catatan sang ayah, Oden, yang ada di tangan Yamato. Kembali, tidak diketahui apa yang dibaca oleh Momonosuke dan apa yang ditulis oleh Oden dalam buku catatan tersebut – meskipun sebelumnya diketahui Oden menulis tentang pengalamannya berada di Laugh Tale.

Kemungkinan dalam buku catatan tersebut Oden juga sempat menulis ramalan dari Wano yang akan datang, atau ramalan tentang bagaimana nasib dari Momonosuke. Hal tersebut ternyata membangkitkan kembali semangat juang dari Momo setelah sebelumnya dia sedih dan kecewa karena tidak bisa membantu banyak dalam pertempuran di Onigashima.

Usia momo secara fisik memang sudah sama seperti usia 28 tahun, usia Momo yang seharusnya. Namun, secara psikologis usianya masih 8 tahun akibat Toki mengirim Momo ke 20 tahun yang akan datang. Dan sepertinya memang sudah menjadi takdir bagi Momo untuk menjadi pelindung dari Wano pada masa yang akan datang, yang mana hal inilah yang membuat Momo menjadi penerus dari Ryuma.

Momo akan berusaha untuk melindungi Wano dari berbagai hal buruk yang datang dan mengancam keberlangsungan wilayah dan penduduk Wano. Momo akan belajar menjadi seorang pemimpin yang baik dan seorang petarung yang baik, seiring berjalannya waktu. Lagipula, Momo sudah pernah berpetualang bersama Luffy.

Momo mungkin sudah belajar berbagai hal dari Luffy tentang bagaimana caranya untuk berani mengambil keputusan, berani dalam bersikap, bagaimana diaharus menghadapi situasi, dan sebagainya. Lagipula, dia tidak sendirian dalam menjaga dan mengurus wilayah Wano. Momonosuke bisa dibantu oleh sang adik, Hiyori, dan juga pelayannya yaitu Red Scabbard.

Intinya, Momonosuke akan menjadi sosok pelindung Wano selanjutnya melanjutkan tugas dari Ryuma. Dia juga mungkin akan menjadi sosok penting pada masa yang akan datang, di mana dengan kekuatan dan kemampuannya dia akan membantu mewujudkan mimpi besar Luffy. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana Momonosuke akan tumbuh menjadi sosok yang kuat dan juga pemberani untuk bisa melindungi Wano dan seluruh isinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.