Pertempuran Onigashima menjadi pertempuran yang paling besar saat ini di seri One Piece. Level pertempurannya berbeda dengan apa yang diperlihatkan sebelumnya di Marineford. Selain dari jumlah pihak yang terlibat di dalam pertempurannya, perang di Onigashima juga menjadi ajang untuk unjuk gigi antara para Yonko dan juga bajak laut generasi baru.

Salah satu bukti kegilaan dari pertempuran di Onigashima adalah bagaimana serangan dahsyat silih berganti, baik dari pihak Yonko dan juga kelompoknya atau pun dari pihak aliansi Luffy. Misalnya, saat Red Scabbards berhasil menerobos masuk ke panggung utama dan kemudian menghujamkan pedang mereka ke tubuh Kaido. Dan tidak lupa juga bagaimana pertempuran di atap istana Kaido.

Kedahsyatan Para Yonko

Dalam momen pertempuran di Onigashima, kita akhirnya melihat secara langsung bagaiaman kualitas seorang Yonko yang benar-benar sangat luar biasa. Misalnya, kita melihat bagaimana Kaido menerima banyak sekali serangan dari pihak aliansi Luffy, mulai dari tusukan, sayatan pedang, dan sebagainya. Namun, Kaido masih tetap bertahan seolah tidak terluka sama sekali.

Kaido juga berhasil menghajar Luffy beberapa kali dengan mudah sampai dia tidak sadarkan diri. Namun, kini Luffy berhasil menandingi kekuatan Kaido setelah kemampuan Advanced Conqueror Hakinya meningkat. Yang luar biasa adalah bagaimana Kaido bertarung dengan Luffy, mengerahkan semua kekuatannya, dan masih bisa menahan Onigashima dengan awan api yang dia buat – meskipun sekarang perlahan awan apinya menipis.

Dan dalam chapter sebelumnya, kita melihat bagaimana Luffy mengatakan bahwa level Hakinya justru semakin meningkat saat dia mabuk. Tentunya, ini masih akan menjadi sebuah pertarungan yang sangat sulit bagi Luffy untuk dilakukan, apalagi Kaido bukanlah sosok yang sembarangan.

Bagaimana dengan Big Mom? Big Mom mungkin bukan “makhluk paling kuat di dunia” seperti Kaido, namun level kekuatannya juga sangat mengerikan. Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungannya melawan Trafalgar Law dan Eusstas Kid. Kemampuan fisik dari Big Mom rasanya memang tidak perlu diragukan lagi, karena dia memiliki kekuatan layaknya seorang monster.

Bahkan, saat Kid menggunakan teknik Punk Pistol di mana dia menembakan berbagai anak panah ke arah Big Mom, kulitnya benar-benar sulit untuk ditembus. Anak panah dari material besi yang ditembakan oleh Kid seolah tidak ada apa-apanya dengan kekuatan Big Mom. Belum lagi Big Mom juga memiliki senjata yang dahsyat seperti Napoleon dan juga Promotheus dan Hera.

Yang paling jelas tentunya adalah bagaimana Big Mom memiliki kekuatan buah iblis Soru Soru no Mi, di mana salah satu buah iblis terkuat tersebut diperlihatkan sangat mengerikan dan sekaligus juga luar biasa. Misalnya, saat Big Mom terluka parah akibat serangan Kid dan Law, Big Mom bisa memanfaatkan jatah hidupnya satu tahun untuk menyembuhkan luka dan meningkatkan kekuatannya.

Berbagai teknik Soru Soru no Mi juga bisa dibilang sangat mengerikan, seperti Motherly Fire, Heavenly Bonbons, Ikoku Sovereignty, Mamaraid, Fulgora, Fulgora, dan masih banyak lainnya. Big Mom benar-benar dipaksa harus mengerahkan semua kemampuannya saat menghadapi Kid dan Law.

Rasanya memang wajar jika kemudian Big Mom menjadi salah satu bajak laut paling hebat dari eranya, bila dilihat dari kemampuannya, krunya, dan juga wilayah yang dia kuasai. Juga melihat Kaido menahan semua serangan dan bagaimana dia bisa bertahan dari semua serangan tersebut, memang dirasa wajar jika kemudian dia menjadi makhluk paling kuat di dunia.

Apakah Para Generasi Baru Lemah?

Para generasi baru juga memperlihatkan kemampuan dan kekuatan mereka di Onigashima. Mereka memberikan perlawanan yang luar biasa kepada kedua Yonko. Dan bagaimana para Yonko berhasil ditahan dan dipaksa sampai sejauh ini memberikan bukti bahwa level para generasi baru tidaklah sembarangan.

Bukti lainnya adalah kita melihat bagaimana Luffy mampu bertahan sampai sekarang, meskipun dia sempat beberapa kali dikalahkan oleh Kaido. Luffy masih bisa terus bangkit demi bisa mengalahkan Kaido. Dan yang menariknya adalah di tengah-tengah pertarungan, Luffy justru mengalami peningkatan kekuatan yang membuatnya kini mampu menandingi Kaido.

Sama halnya dengan Kid dan Law, di mana mereka mampu membuat Big Mom tidak berdaya. Pada awalnya, Kid dan Law memang masih kesulitan dengan pertarungan yang mereka hadapi. Ini tentunya pertama kalinya mereka menghadapi lawan yang jauh lebih kuat dari mereka. Namun, mereka tidak pernah takut dengan hal tersebut.

Kid bahkan mengatakan bahwa sekuat apa pun para Yonko, atau setangguh apa pun mereka, bukan berarti mereka tidak bisa untuk ditaklukan. Meskipun Kid dan Law sempat terluka parah oleh serangan Big Mom, namun mereka tidak mau menyerah. Mereka mengerahkan semua kekuatan yang ada untuk menaklukan Big Mom, yang mana hal tersebut akhirnya berhasil.

Seperti diperlihatkan pada chapter 1040 kemarin, Kid dan Luffy berhasil mengalahkan Big Mom dengan sisa kekuatan mereka. Big Mom memang tidak tewas, namun kekalahan yang dialami oleh Big Mom tentu akan menghebohkan semuanya. Dan Luffy pun sepertinya akan mengalami hal yang sama di mana dia akan memenangkan pertarungan melawan Kaido.

Pertempuran di Wano memang menyuguhkan sesuatu yang sangat luar biasa. Tetapi, dalam pertempuran di Onigashim tersebut kita masih bisa melihat dengan jelas bagaimana perbedaan kekuatan antara Yonko dan generasi baru. Level kekuatan dari kedua generasi ini cukup jauh berbeda. Pengalaman memang yang menjadi kunci dari hal tersebut.

Tetapi, bukan berarti para generasi baru lemah. Mereka menggunakan kekuatan mereka dengan maksimal dan memanfaat peluang untuk mengkombinasikan kekuatan yang dimiliki untuk menandingi kekuatan para Yonko. Hal ini tentunya merupakan cara yang cerdas untuk menaklukan sesuatu yang levelnya berada di atas mereka. Dan ini juga bisa menjadi tanda bahwa mereka sudah siap untuk menghadapi musuh yang jauh lebih besar pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.