Dalam cerita di seri One Piece yang memiliki tema utama bajak laut, pertempuran atau peperangan menjadi sesuatu hal yang tidak bisa dihindarkan. Peperangan hampir selalu terjadi ketika ada sosok yang mencoba untuk memancing keributan atau ketika ada seseorang membela sesuatu yang dia yakini benar. Peperangan tersebut juga tidak diragukan lagi membuat kerugian besar bagi banyak pihak.

Meskipun dalam cerita One Piece kita berada di zaman yang paling baru, tetapi pertempuran dalam serinya sudah terjadi sejak dahulu. Peperangan tersebut menjadi sebuah sejarah dan berada dalam ingatan orang-orang, karena besarnya dan masifnya efek dari peperangan tersebut. Berikut adalah berbagai pertempuran besar yang ada di seri One Piece.

Inside God Valley

Insiden God Valley terjadi sekitar 38 tahun yang lalu di sebuah wilayah yang diketahui bernama God Valley. Dalam pertempuran tersebut ada banyak nama besar yang terlibat, seperti Rocks D, Xebec, Big Mom Kaido, dan sebagainya. Mereka adalah bagian dari kru bajak laut tersebut. Belum lagi ada nama besar lainnya seperti Gol D. Roger dan Monkey D. Garp.

Bajak laut Rocks merupakan kelompok bajak laut yang dianggap sebagai kru bajak laut paling berbahaya dan paling kuat saat itu. Rocks diceritakan pergi ke God Valley untuk sebuah alasan yang masih misterius. Dan untuk melindungi para kaum naga langit, akhirnya pertempuran menghadapi kelompok Rocks pun tidak terhindarkan. Pertempurannya sendiri dimenangkan oleh aliansi Roger dan Garp. Pasca kekalahan ini, kelompok Rocks pun dibubarkan.

Edd War

Sekitar 27 tahun lalu, dua tahun sebelum Gol D. Roger dan krunya berhasil mencapai pulau Laugh Tale, Shiki mengetahui bahwa Roger sudah berhasil menemukan di mana keberadaan salah satu senjata kuno. Melihat kesempatan yang besar dengan jumlah pasukan dan armada yang banyak, Shiki kemudian mengajukan penawaran kepada Roger untuk bekerja sama.

Menurut Shiki, dia yakin bahwa dengan menyatukan kekuatan, dia dan Roger bisa menguasai dunia. Tetapi, Roger menolak penawaran Shiki tersebut dengan alasan bahwa tidak ada gunanya jika dia menjadi bajak laut besar tanpa bisa melakukan apa pun yang dia inginkan. Pertempuran pun akhirnya terjadi. Namun, anehnya tiba tiba muncul sebuah badai besar di tengah-tengah pertarungan mereka, dan Shiki harus kehilangan sebagian besar armadanya. Roger pun berhasil pergi dari momen tersebut.

Summit War/Perang Besar Marineford

Summit War merupakan perang besar yang bertempat di markas pusat angkatan laut. Dalam peperangan ini, kelompok bajak laut Whitebeard mencoba untuk mebebeaskan Ace dari eksekusi. Seluruh armadanya berkumpul di sana dan seluruh pasukan angkatan laut mencoba untuk bertahan dan mempertahankan markas angkatan laut dari serangan Whitebeard.

Meskipun sempat berhasil diselamatkan oleh Luffy, sayangnya di akhir cerita kita melihat bagaimna Ace harus tewas akibat serangan Sakazuki ketika melindungi Luffy. Bukan hanya itu, dalam pertempuran ini Whitebeard pun ikut tewas. Pertempuran di Marineford menghadirkan para pengguna buah iblis paling banyak sejauh ini dalam seri One Piece. Juga ini menjadi salah satu momen fenomenal karena kematian Ace yang menyedihkan.

Perang Besar di Abad Yang Hilang

Era atau abad yang hilang merupakan sebuah masa yang terjadi hampir 1000 tahun yang lalu dan tercatat dalam sejarah dan berbagai benda arkeologi. Mempelajari apa yang terjadi pada masa tersebut sangat dilanag oleh Pemerintah Dunia. Sempat terjadi perang besar pada masa itu di mana peperangan tersebut disebut sebagai Great War atau perang besar.

Perang tersebut mengakibatkan hancurnya Kerajaan Kuno. Pasca peperangan tersebut, 20 kerajaan yang membentuk aliansi demi mengalahkan Kerajaan Kuno kemudian mebentuk organisasi yang sekarang dikenal sebagai Pemerintah Dunia. Masih ada banyak misteri besar yang menyelimuti pertempuran epik ini.

Pertempuran Onigashima

Pertempuran di Onigashima dianggap sebagai pertempuran paling besar dan paling penting menurut Eiichiro Oda. Pertempuran ini terjadi sebagai bentuk upaya para samurai Wano yang dibantu oleh berbagai pihak – seperti bajak laut dan juga suku Minks – untuk membebaskan wilayah Wano dari kekejaman Orochi dan juga Kaido, yang sudah berkuasa lebih dari 20 tahun.

Oda Sensei sendiri mengatakan bahwa level pertempuran di Onigashima akan jauh lebih besar dari pertempuran di Marineford, yang mana memang sudah terbukti sampai sejauh ini. Dengan jumlah pasukan yang terlibat sangat besar, ditambah lagi ada banyak pihak yang terlibat di dalamnya, wajar jika memang kemudian pertempuran di Onigashima menjadi salah satu yang paling epik saat ini.

Pertempuran menjadi sebuah elemen yang tidak terpisahkan dalam cerita One Piece, dan ini pun menjadi hal yang menarik yang disuguhkan oleh Oda dalam ceritanya. Pertempuran ini menjadi bagian dari sejarah yang terjadi di dunia One Piece, dan bahkan bisa juga menentukan apa yang terjadi pada masa yang akan datang. Apakah akan ada pertempuran dengan skala yang jauh lebih besar pada masa yang akan datang? Kita nantikan saja ya Geks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.