Dalam franchise Naruto ada banyak sekali Jutsu yang diperkenalkan dalam ceritanya. Mulai dari Jutsu yang paling ringan sampai yang paling luar biasa pernah dihadirkan oleh para karakter. Sebagian dari Jutsu tersebut memang tidak bisa dilakukan sembarangan karena berbagai alasan, misalnya karena kemampuan chakra dari sosok tersebut tidak cukup untuk mempraktikan Jutsunya.

Ada juga memang Jutsu yang bisa dipelajari siapa pun karena relatif mudah, dan bisa berguna dalam pertempuran. Namun, tidak semua Jutsu bisa dipelajari dengan mudah. Hal ini dikarenakan untuk bisa mempelajari tekniknya seseorang harus terlebih dahulu masuk dalam kualifikasi sebagai ninja yang kuat dan memang pantas untuk mempelajari Jutsunya. Berikut adalah beberapa Jutsu yang dianggap paling sulit untuk dipelajari.

Vanishin Rasengan

Vanishin Rasengan adalah teknik andalan dari Uzumaki Boruto, anak dari Uzumaki Naruto dan protagonis utama dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Bagi sebagian besar shinobi, sangat sulit untuk mempelajari teknik dasar dari Rasengan. Naruto sendiri pun butuh berbulan-bulan untuk bisa menguasainya.

Karena itulah menguasai atau mempelajari Vanishin Rasengan, yang notabene adalah peningkatan atau varian lain dari Rasengan, dianggap sulit untuk shinobi biasa. Namun, Boruto memang sepertinya diberkahi oleh berbagai kelebihan dalam dirinya, di mana Boruto mampu menguasainya dalam waktu yang singkat. Sebenarnya, Boruto sendiri sempat gagal untuk bisa menguasai teknik dasar Rasengan. Namun, dia justru berhasil menciptakan versinya sendiri.

True Fire of Samadhi

Kashin Koji merupakan salah satu karakter baru yang dihadirkan di seri Boruto. Belum banyak hal yang diketahui tentang sosok Kashin Koji, selain dia merupakan hasil kloning dari sosok Jiraiya. Meskipun begitu, kita sudah diperlihatkan bagaimana kemampuannya dalam bertarung. Kashin Koji lebih dominan dalam menggunakan teknik Fire Style atau teknik Katon.

Dan berbicara tentang teknik api, jurus yang paling tinggi dari penggunaannya adalah True Fire of Samadhi. Sama halnya seperti Amaterasu, Jutsu tersebut bisa membakar korbannya dalam beberapa detik saja. Menurut Kashin Koji, kekuatan dahsyat dari api ini tidak akan bisa dipadamkan dengan air atau angin. Karena tekniknya merupakan teknik tingkat tinggi sehingga tidak semua orang bisa mempelajari teknik ini.

Flying Thunder God

Flying Thunder God merupakan sebuah teknik di mana seorang shinobi mampu bergerak dari satu titik ke titik yang lain dalam sekejap. Bahkan, level kecepatannya hampir mirip dengan teleportasi. Shinobi yang biasanya menggunakan teknik ini adalah Minato Namikaze, sang cahaya kuning dari Konoha.

Dengan menggunakan Flying Thunder God, sudah tidak terhitung musuh yang berhasil dia habisi nyawanya. Bahkan, Minato pernah menghabisi 1.000 musuh dalam waktu singkat dengan memanfaatkan tekniknya. Sejauh ini, tidak ada lagi karakter yang mampu menandingi Minato, yang mana membuktikan bahwa teknik ini sulit untuk dipelajari.

Mitotic Regeneration

Mitotic Regeneration adalah teknik lainnya yang sangat sulit untuk dipelajari dan sangat sedikit orang yang mampu menggunakan teknik tersebut. Jutsu ini membuat penggunanya bisa dengan cepat proses pembentukan kembali sel dalam tubuhnya, sehingga proses penyembuhan luka bisa lebih cepat. Sayangnya, ada sisi buruk dalam penggunaan teknik ini.

Jika digunakan secara terus menerus, maka bukan tidak mungkin penggunanya akan tewas. Hanya dua orang yang dikonfirmasi mampu menggunakan teknik tersebut yaitu Tsunade dan Sakura. Shizune, asisten dari Tsunade yang sudah sejak lama mencoba menguasai tekniknya, tidak berhasil. Hal ini membuktikan bahwa sangat sulit untuk mempelajari tekniknya.

Six Red Yang Formation

Four Red Yang Formation adalah sebuah Jutsu di mana penggunanya akan mampu membangkitkan pembatas untuk melindungi sebuah wilayah dari serangan monster berekor. Jutsu ini diketahui hanya bisa dipelajari oleh mereka para shinobi yang berada pada level Kage. Jutsu tersebut kemudian mengalami perubahan.

Six Red Yang Formation menjadi level lainnya dari Four Red Yang Formation, di mana hanya shinobi yang berada di atas level Kage saja yang bisa mempelajarinya. Durabilitas dari pembatas ini jauh lebih kuat dari Four Red Formation, dengan mampu menahan sebanyak mungkin Tailed Beast Bombs dari monster ekor 10 tanpa rusak sedikit pun.

Jutsu merupakan hal yang esensial dalam dunia shinobi, sehingga mau tidak mau mereka harus mempelajarinya demi bisa mengalahkan musuh dan menjalankan misi dengan baik. Tetapi, dari sekian banyak jutsu yang ada, tidak semua justru bisa dipelajari, terutama oleh shinobi biasa. Dan di atas adalah contohnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.