Wano merupakan salah satu wilayah yang unik yang muncul dalam cerita di seri One Piece. Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Wano adalah mereka merupakan sebuah wilayah yang tertutup dan masih memegang budaya lama. Wano sendiri dipimpin oleh seorang Shogun yang berkuasa, yaitu Kozuki Sukiyaki. Keluarga Kozuki sudah berkuasa sejak lama, sampai kemudian Kurozumi Orochi merebut kekuasaan tersebut.

Seperti yang kita ketahui, Kozuki Sukiyaki kini sudah meninggal karena sakit dan Kozuki Oden pun sudah meninggal akibat dieksekusi oleh Kaido dan Orochi. Pertanyaannya kemudian adalah siapa yang akan memimpin Wano pada masa yang akan datang atau setelah pertempuran besar di Onigashima selesai?

Kita tahu bahwa Momonosuke merupakan penerus sah dari Shogun Wano. Karena Toki mengirimnya ke 20 tahun yang akan datang – ke masa sekarang – Momonosuke pun masih berusia 8 tahun saat ini. Ada tiga skenario yang bisa terjadi setelah semua kekacauan yang terjadi selesai. Pertama adalah Momonosuke setuju untuk menjadi penerus tahta Shogun keluarga Orochi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Momo adalah pewaris sah dari klan Kozuki dan juga ayahnya. Dalam sejarah Jepang sendiri, memang pernah ada anak dari pewaris tahta yang mendapatkan gelar sejak umur dua tahun. Momonosuke sendiri pernah berpetualang bersama bajak laut Topi Jerami, yang artinya dia bisa sedikit dewasa dari usianya.

Skenario kedua adalah Momonosuke biasa saja dianggap – atau menganggap dirinya sendiri tidak mampu menjadi seroang Shogun, dan perlu mencari penggantinya. Kemungkinan untuk skenario ini adalah Kinemon yang akan menggantikan posisi Momonosuke, karena dia merupakan salah satu pengikut pertama dari Kozuki Oden dan juga salah satu orang kepercayaanya.

Kemungkinan lainnya adalah Hiyori, yang merupakan adiknya. Bisa juga sosok yang dituakan seperti Hyougoro. Mereka akan menggantikan Momonosuke untuk sementara waktu sampai dia cukup dewasa untuk menjadi seorang Shogun. Skenario ketiga dan terakhir adalah Momonosuke berusaha mewujudkan impian ayahnya demi menghormatinya, yaitu membuka perbatasan Wano dan membuat berbagai tradisi lama dengan yang baru.

Salah satu contohnya adalah mengganti sistem hierarki yang ada dengan sistem demokrasi. Hal tersebut memberikan Wano kesempatan untuk membuat sebuah lembaga pertimbangan untuk menentukan siapa yang akan memimpin Wano selanjutnya pada masa yang akan datang. Hyougoro adalah salah satu orang yang cocok untuk mengisi posisi tersebut.

Namun, dari ketiga skenario di atas, skenario yang pertama memang masuk akal. Momonosuke mungkin akan mengambil tanggung jawab sebagai pemimpin dari Wano. Hal tersebut karena menjadi pemimpin Wano bisa jadi sudah merupakan takdirnya. Seperti yang pernah diperlihatkan dalam salah satu momen saat pertempuran di Onigashima, di mana Momonosuke membaca buku catatan Oden yang ada di tangan Yamato.

Momonosuke yang awalnya putus asa dan tidak lagi mau berjuang, tiba-tiba berubah menjadi sosok yang bersemangat. Jiwa kepemimpinannya muncul, dan Momo pun mengatakan bahwa dia tidak boleh tewas. Momonosuke mungkin akan belajar menjadi seorang pemimpin yang baik. Dia akan dibantu oleh banyak orang, mulai dari adiknya sampai Red Scabbards.

Dan tentunya dia memiliki Luffy yang akan menjadi sekutunya atau bahkan Wano akan menjadi wilayah yang dilindungi oleh Luffy. Momo juga sepertinya memiliki peran yang penting pada masa yang akan datang, sehingga menjadi pemimpin dari Wano akan membuat dia belajar banyak. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Momonosuke akan menjadi pemimpin Wano pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.