Tensi pertarungan antara Kawaki dan Boruto melawan Code semakin tinggi ketika Boruto kehilangan kesadarannya. Dan hal tersebut menjadi celah bagi Momoshiki untuk kembali mengambil alih tubuh Boruto. Sempat memberikan keuntungan bagi Kawaki, namun situasi justru berbalik saat Naruto dan Shikamaru datang. Borushiki justru berbalik menyerang Naruto yang mana hal tersebut membuat Kawaki harus bertindak.

Dengan terpaksa pertarungan antara Borushiki dan Kawaki pun akhirnya terjadi. Pertarungan keduanya sempat ditentang oleh Naruto, namun Kawaki mengingatkan bahwa sosok tersebut bukan lagi Boruto melainkan Momoshiki. Di akhir chapter sebelumnya diperlihatkan bagaimana Kawaki akhirnya membunuh Boruto di depan mata Naruto, atas permintaan Boruto sendiri.

Lalu, apa yang terjadi pada chapter berikutnya? Chapter 67 seri manga Boruto: Naruto Next Generation berjudul “Celah.” Chapternya dibuka dengan kondisi Naruto yang terkejut melihat anaknya tergeletak lemah. Naruto pun langsung menghampiri tubuh Boruto dan merangkulnya sambil meneriakan namanya. Di sisi lain, Code pun masih menjalin komunikasi dengan Eida melalui sabuknya.

Mereka membahas tentang rencana selanjutnya pasca kematian Boruto. Eida sendiri mengatakan kepada Code untuk tidak menukar tubuh Boruto dengan Kawaki untuk menjadi tumbal bagi Jyuubi. Code kemudian memutuskan untuk kembali ke markas operasi dan melepaskan Shikamaru. Namun, sebelum Code pergi tiba-tiba sabuknya menyusut. Ternyata hal tersebut merupakan perbuatan dari Kawaki yang menggunakan teknik Sukunahikona.

Kawaki sendiri tidak membiarkan Code kabur begitu saja, dan akhirnya terjadilah pertarungan antara Kawaki dan Code. Sementara, Shikamaru yang sudah bebas dari sekapan Code kemudian bergegas lari ke arah Naruto yang masih terlihat menggendong tubuh Boruto. Naruto juga nampak masih meneriakan nama anaknya seolah tidak percaya dengan apa yang terjadi.

Shikamaru langsung merangkul Naruto yang terkejut dan mencoba untuk menenangkannya. Shikamaru sendiri kemudian menginformasi Naruto bahwa Code sedang bertarung melawan Kawaki. Dan menurutnya, hal ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk bisa mengalahkan Code. Namun, Naruto tidak menghiraukan ucapan Shikamaru dan hanya bisa terdiam menatap wajah Boruto.

Dalam pertarung Code melawan Kawaki, Code diperlihatkan sangat kewalahan menghadapi Kawaki yang dianggap terlalu kuat dengan Karma milik Isshiki. Ketika Kawaki hendak menggunakan sebuah teknik yang mematikan, Code tidak memiliki pilihan lain selain menggunakan trik yang sudah dia siapkan. Dia menarik Daemon dari sabuk yang ada di kepalanya.

Akibat dari hal tersebut Kawaki pun tidak sadarkan diri, karena dia harus terkena serangannya sendiri akibat efek dari kemampuan misterius Daemon. Naruto dan Shikamaru pun terkejut melihat apa yang terjadi kepada kawaki. Apa yang dilakukan oleh Code ternyata membuat Eida marah. Dia marah karena Code melibatkan adiknya dalam pertarungan tersebut dan membahayakan nyawa Kawaki.

Namun, Code sendiri kemudian menjelaskan bahwa kondisi Kawaki baik-baik saja. Daemon yang terbangun dari tidurnya kemudian kembali ke pangkuan Eida. Melihat momen epik tersebut Shikamaru hanya bisa terkesima. Dia heran bagaimana mungkin ada anak kecil di kepala Code. Saat situasi mulai mereda, Code pun kemudian kabur.

Hanya tersisa Shikamaru dan Naruto, yang terlihat sedang membahas nasib dari Kawaki dan Boruto. Shikamaru merasa heran terhadap Naruto mengapa dia masih saja menganggap Kawaki sebagai anaknya sendiri terlepas dari berbagai hal buruk yang sudah dia lakukan, termasuk “membunuh” Boruto. Namun, di tengah-tengah perdebatan tersebut tiba-tiba sesuatu yang mengejutkan kembali terjadi.

Perlahan mata Boruto terbuka dan dia mencoba untuk duduk. Melihat momen itu, Naruto pun langsung menangis dan memeluk Boruto. Ternyata, kebangkitan Boruto dari kematiannya disebabkan adanya “bantuan” dari Momoshiki. Terlihat sebuah pola Karma berwarna hitam menyebar di bagian dada Boruto yang menutupi bekas luka yang diserang oleh Kawaki sebelumnya.

Percakapan antara Boruto dan Momoshiki pun sempat terjadi di alam bawah sadar Boruto, yang mana pada intinya Momoshiki sengaja menyelamatkan Boruto karena jika wadahnya mati maka Momoshiki pun akan mati. Momoshiki mengatakan bahwa proses Otsutsukifikasi Boruto sudah mencapai 82%. Dan Momoshiki menggunakan sisa 18% untuk kembali membangkitkan Boruto, yang mana sisa data tersebut sudah menjadi hak milik Boruto.

Berdasarkan penjelasan dari Momoshiki, bisa disimpulkan bahwa Boruto sudah sepenuhnya menjadi seorang Otsutsuki. Hanya saja, Momoshiki tidak akan bisa bangkit kembali karena proses Otsutsukifikasinya terhenti di angka 82% setelah sisa 18% digunakan untuk membangkitkan Boruto dan menjadi hak miliknya. Meskipun begitu, Boruto masih dihantui oleh perkataan Momoshiki tentang mata birunya yang akan membawa petaka.

Di akhir chapternya, Code diperlihatkan bertemu dengan Eida dan Daemon di markas operasi mereka. Eida dan Daemon mengatakan bahwa mereka ingin bertemu dengan Amado, untuk melepaskan limiter dalam diri mereka. Hal ini dikarenakan sebelumnya kalah dari Kawaki. Code pun sudah memiliki rencana untuk pergi menuju Konoha. Apa yang akan terjadi selanjutnya? Kita nantikan saja di chapter berikutnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.