Kekuatan yang dimiliki oleh Saitama dalam cerita One-Punch Man bisa dibilang sangat absolut. Dengan hanya satu pukulan saja, Saitama bisa menghancurkan semuanya. Mulai dari para villain dengan level rendah, sampai villain dengan level dewa sekali pun bisa dihancurkan dengan mudah. Saitama pun kemudian memanfaatkan kekuatannya untuk menjadi pahlawan.

Meskipun begitu, bagi Saitama menjadi pahlawan hanyalah sesuatu yang dia lakukan untuk bersenang-senang. Dengan kekuatan yang sangat dahsyat tersebut tentunya banyak dari para fans yang penasaran dengan asal-usul kekuatannya. Dan berkaitan dengan hal ini, ada banyak teori dan spekulasi yang beredar di kalangan fans mencoba untuk menjelaskan asal kekuatan dari Saitama.

Ada yang mengatakan bahwa Saitama mendapatkan peningkatan kekuatan berkat memakan sel monster. Ada juga yang menyebutkan bahwa Saitama adalah monster, sehingga wajar jika kemudian kekuatannya sangat dahsyat. Teori yang cukup populer di kalangan fans adalah sebenarnya Saitama adalah manusia biasa yang mana berkat latihan yang dia jalani, dia berhasil melampaui “batasan” dalam dirinya.

Namun, pasca momen yang diperlihatkan pada chapter 155 kemarin membuat muncul spekulasi lainnya mengenai Saitama. Dalam chapter tersebut diperlihatkan bagaimana Blast membuka portal menuju dunia lain atau dimensi lain. Dan di dalam dimensi lain tersebut ternyata ada banyak pahlawan lainnya. Meskipun tidak dijelaskan dari mana asal mereka, kemungkinan mereka berasal dari dimensi yang berbeda juga.

Berdasarkan hal tersebut, ada kemungkinan jika Saitama berasal dari dimensi lain dan bukan berasal dari bumi atau dimensi yang menjadi setting utama ceritanya. Jika kemudian memang Saitama berasal dari dimensi lain, hal itu bisa menjelaskan bagaimana kemudian Saitama bisa memiliki kekuatan yang luar biasa dahsyat, yang bahkan levelnya melampaui pahlawan pada umumnya di Bumi.

Dalam chapter sebelumnya, kita juga bisa melihat bagaimana kekuatan dari Blast saat Flashy Flash ingin menguji kekuatan dari Blast. Kecepatan Flashy Flash tidak ada apa-apanya dibandingkan kecepatan Blast. Dan jika Geeks perhatikan, kecepatan Blast pun sama dengan kecepatan Saitama, yang juga mampu lebih cepat dari Flashy Flash.

Lalu, jika memang Saitama berasal dari dimensi lain, bagaimana kemudian dia bisa berada di bumi atau di dimensi yang ada saat ini? Mungkin, seperti skenario dari banyak film fiksi lainnya, Saitama bisa saja terlempar dari dimensi tempat dia berasal. Saitama kemudian tidak bisa mengakses kekuatannya karena dia belum terbiasa dengan dimensi bumi.

Namun, setelah beberapa lama, akhirnya Saitama bisa kembali merasakan kekuatannya. Dan ternyata kekuatan dari Saitama benar-benar sangat epik. Mengapa kemudian Saitama tidak bergabung dengan Blast dan para pahlawan lainnya? Hal ini pun masih menjadi sebuah misteri besar sampai saat ini.

Tetapi, bisa jadi para pahlawan dari dimensi lain atau pun juga Blast tidak ada yang mengetahui potensi dari Saitama untuk alasan tertentu. Hal ini juga memunculkan spekulasi lainnya, di mana mungkin saja menuju akhir cerita di serinya Saitama akan bergabung dengan para pahlawan dari dimensi lain dan juga Blast. Mengapa Saitama kemudian harus bergabung dengan mereka?

Seperti yang dijelaskan dalam chapter 155, bahwa para pahlawan dari dimensi lain pun masih butuh pertolongan dari pahlawan lainnya untuk bisa mengalahkan musuh yang kuat. Apakah mereka menghadapi musuh kuat yang sama? Bisa jadi. Namun, mungkin Blast dan yang lain pun tidak sanggup mengalahkan musuh tersebut sampai kemudian Saitama muncul dan bergabung dengan mereka.

Untuk saat ini, semua mengenai asal-usul Saitama masih sekedar spekulasi dan teori sampai kemudian Yusuke Murata dan ONE memberikan konfirmasi mengenai asal-usul Saitama. Sampai momen tersebut tiba, kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.