Klan Otsutsuki adalah klan yang yang sangat populer di franchise Naruto. Klan yang berasal dari planet lain ini sempat diperlihatkan menjadi villain utama di akhir seri Naruto: Shippuden yaitu Kaguya Otsutsuki. Namun, dalam seri sekuel Naruto yaitu Boruto: Naruto Next Generation, klan Otsutsuki semakin menjadi pusat ceritanya di mana mereka menjadi ancaman utama.

Setelah ancaman besar dari Kaguya Otsutsuki berakhir, ternyata dunia masih belum benar-benar aman. Muncul ancaman besar lainnya dari klan Otsutsuki terhadap dunia ini, seperti yang diperlihatkan oleh Momoshiki Otsutsuki dan juga Isshiki Otsutsuki. Selain memiliki Jutsu yang luar biasa, satu hal yang membuat klan Otsutsuki menjadi sangat mengerikan adalah mereka mampu untuk hidup abadi.

Bagaimana caranya? Mereka menanamkan segel Karma ke tubuh seseorang yang sudah dipilih untuk menjadi wadah bagi tubuhnya. Segel Karma sendiri adalah data-data dari diri sang Otsutsuki tersebut. Mereka yang ditanami segel Karma akan mengalami proses Otsutsukifikasi hingga proses ekstraksi datanya selesai, dan kemudian wadahnya bisa digunakan.

Sehingga, ketika seorang Otsutsuki tewas mereka masih tetap bisa hidup dengan menggunakan tubuh yang sudah ditanami oleh data-data mereka. Inilah yang kemudian menjadi rahasia abadi dari klan Otsutsuki. Seperti yang dijelaskan oleh Amado, mereka yang “terpilih” untuk menjadi wadah bagi seorang Otsutsuki bisa dipastikan akan mengalami nasib buruk dan baik.

Nasib baiknya adalah mereka akan “mewarisi” kekuatan dari sang Otsutsuki. Nasib buruknya adalah seseorang tersebut bisa dipastikan akan tewas saat sang Otsutuki mengambil alih tubuhnya. Apakah ada cara untuk menghentikan proses Otsutsukifikasi? Amado menjelaskan bahwa tidak ada cara untuk bisa menghentikan proses Otsutsukifikasi. Mereka hanya bisa menerima takdir bahwa tubuhnya sudah menjadi wadah dari seorang Otsutsuki.

Tetapi, apa yang dipelihatkan di chapter terbaru bisa memberikan petunjuk mengenai cara menghentikan proses Otsutsukifikasi. Dalam bocoran chapter 67, diketahui bahwa Boruto ternyata masih hidup setelah terkena serangan dari Kawaki. Meskipun begitu, sebenarnya Boruto memang sudah seharusnya mati. Namun, semua karena Momoshiki Boruto bisa kembali bangkit.

Momoshiki dan Boruto sempat berbincang di alam bawah sadarnya. Menurut Momoshiki proses Otsutsukifikasi Boruto sudah mencapai 82% hanya tinggal 18% lagi sebelum kemudian Boruto benar-benar “menghilang” dan menjadi Otsutsuki baru. Namun, akibat ulah Kawaki yang “membunuh” Boruto, Momoshiki mau tidak mau harus menggunakan sisa 18% tersebut untuk membangkitkan kembali Boruto.

Momoshiki beranggapan bahwa jika Boruto tewas, maka dia pun akan tewas. Hal ini dikarenakan proses Otsutsukifikasinya masih belum sempurna. Di sisi lain, ini juga memberikan kabar baik bagi Boruto karena sudah tidak bisa lagi dilanjutkan, maka proses Otsutsukifikasi Boruto berhenti di 82%. Berdasarkan hal tersebut, ini mungkin bisa menjadi cara untuk menghentikan proses Otsutsukifikasi.

Jadi, ketika ada seseorang yang sudah ditanami segel Karma, selama proses Otsutsukifikasinya masih belum sempurna, maka mereka masih bisa diselamatkan dengan cara dibunuh terlebih dahulu. Sang Otsutsuki dalam diri mereka tentu tidak akan membiarkan wadahnya tewas, sehingga mereka akan mengerahkan sisa proses ekstraksi datanya untuk menghidupkan kembali orang tersebut.

Tetapi, perlu menjadi catatan penting bahwa belum ada informasi resmi apakah hal yang terjadi kepada Boruto bisa terjadi kepada seseorang yang proses Otsutsukifikasinya berada di bawah 80%. Atau hal tersebut hanya terjadi kepada mereka yang proses Otsutsukifikasinya sudah berada di atas 80%. Meskipun begitu, setidaknya sudah ada petunjuk mengenai bagaimana menghentikan proses tersebut.

Apakah Amado Mengetahui Hal Ini?

Ini adalah pertanyaan yang menarik. Sejauh dari apa yang diperlihatkan dalam ceritanya, Amado selalu mengatakan bahwa tidak ada cara lain untuk bisa menyelamatkan Boruto selain membunuhnya. Amado tidak menjelaskan secara detail mengapa harus dibunuh. Mungkin Amado hanya memahami bahwa dengan membunuh wadahnya, proses Otsutsukifikasi akan terhenti dan Otsutsukinya tewas.

Namun, mungkin Amado tidak tahu bahwa sang Otsutsuki bisa saja membangkitkan kembali wadahnya untuk mencegah dia tewas selama proses Otsutsukifikasinya sudah berjalan. Di sisi lain, Amado mungkin juga sebenarnya tahu mengenai hal tersebut hanya saja dia memutuskan untuk menyembunyikan fakta tersebut untuk alasan yang masih belum kita ketahui.

Seperti yang banyak diungkapkan oleh para fans, Amado bisa jadi menyimpan rencana jahat berkat kecerdasan dan ketenangan yang dia miliki. Amado mungkin sudah menyusun rencana untuk bisa menghancurkan Konoha atau membunuh Boruto. Salah satu caranya adalah tidak membeberkan fakta tentang proses Otsutsukifikasi tersebut.

Dari kedua kemungkinan yang ada, kemungkinan yang terakhir dirasa lebih masuk akal. Amado mungkin sengaja tidak memberitahu tentang hal tersebut. Amado ingin semuanya berjalan dengan apa yang dia inginkan. Bahkan, mungkin Amado juga sudah memperkirakan bagaimana Kawaki akan membunuh Boruto dan kemudian Boruto akan kembali bangkit sambil disaksikan oleh yang lain. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.