Dalam seri anime Boruto, Kawaki merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan para anak-anak lainnya dari desa Konoha. Dia juga pada awalnya tidak terlalu suka dengan shinobi, mengingat bagaimana pengalaman mengerikan yang dia alami sebelumnya. Tetapi, kehidupannya berubah setelah dia bertemu Naruto.

Kawaki melihat bahwa Naruto adalah perwujudan dari sosok Shinobi yang sebenarnya. Kawaki selalu memuja Naruto sebagai sosok shinobi paling hebat dan sosok ayah yang selalu dia idamkan. Kawaki pun akhirnya melakukan sebuah keputusan berani untuk menjadi seorang shinobi. Naruto mendukung hal tersebut, namun dia belum bisa menerima Kawaki untuk menjadi seorang shinobi Konoha.

Kawaki benar-benar berjuang dan bekerja keras untuk bisa menjadi sosok shinobi yang sebenarnya. Dan hal tersebut dirasa sulit. Kawaki pun kemudian ikut dalam misi spesial untuk mengawal proses perjalanan obat-obatan menuju Negara Ombak Tenang (Land of Calm Seas). Di sana, dia kemudian bertemu dengan sosok Mozuku yang merupakan perwakilan dari negara tersebut.

Dalam momen pengawalan tersebut, Kawaki dan Mozuku harus bertarung melawan Kurobane, sosok pembunuh bayaran yang ingin membunuh Mozuku dan mengambil kembali obat yang dibawa Mozuku. Kurobane berencana memberikannya kepada sang Daimyo, yang mana mereka kemudian akan menaikan harganya demi keuntungan. Hal tersebut tidak pelak membuat Kawaki marah.

Pertarungan melawan Kurobane bukanlah pertarungan yang mudah. Setelah Kawaki mengerahkan kemampuannya, pada akhirnya Kurobane berhasil dikalahkan. Tetapi, di momen terakhirnya, Kurobane mencoba untuk menyerang Kawaki yang saat itu posisinya sedang tidak siap. Melihat hal tersebut Mozuku pun akhirnya tewas demi melindungi Kawaki. Kematian tersebut benar-benar menyentuh hati dari Kawaki.

Kawaki yang sedih kemudian bertemu dengan Naruto di gunung Hokage. Naruto pun kemudian menerima Kawaki untuk menjadi shinobi Konoha, berkat rekomendasi dari Shikadai. Menurut Shikadai, Kawaki sudah menjadi sosok yang tidak egois dan dia juga rela berjuang demi orang lain dengan mempertaruhkan nyawanya sendiri. Meskipun Kawaki resmi menjadi Genin, dia tetap berada di bawah pengawasan Naruto.

Momen ini sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan para fans, karena dianggap berbeda dengan versi manganya. Namun, ada kemungkinan pihak studio sengaja memberikan hal yang berbeda di versi animenya. Lagipula, hanya pada momen itu saja yang sedikit berbeda dari manganya.

Di sisi lain, kita juga belum tahu apa reaksi dari Kawaki, apakah dia menerima hal tersebut atau justru menolaknya. Mungkin Kawaki akan menerima jika Naruto sudah mengangkatnya dan menganggap dirinya sebagai Genin Konoha, tetapi Kawaki mungkin tidak akan mau menggunakan ikat dari shinobi Konoha sampai dia sendiri mengetahui arti sesungguhnya sebagai shinobi.

Kawaki sempat merasa heran melihat Mozuku yang rela berkorban demi negaranya. Kawaki sendiri tidak pernah merasakan dirinya rela berkorban demi sebuah negara atau demi Konoha, yang mana hal tersebut wajar karena sedari kecil dia hanya dimanfaatkan oleh ayahnya. Belum lagi, dia kemudian menjadi alat pembunuh bagi Isshiki Otsutsuki.

Kawaki tidak pernah merasakan adanya ikatan dengan desa tempat tinggalnya dahulu. Namun, hal yang berbeda dirasakan oleh Kawaki saat dia berada di Konoha. Kawaki diajarkan untuk menjalin ikatan dengan desanya dan menghormati desa tempat tinggalnya. Menjadi shinobi selain untuk menolong orang lain, bertujuan untuk melindungi desa tempat tinggalnya.

Kawaki masih belum memperlihatkan perasaan yang dirasakan oleh shinobi Konoha lainnya. Mungkin Kawaki masih memerlukan waktu sampai dia kemudian menemukan arti sesungguhnya sebagai seorang shinobi. Meskipun begitu, di manganya sendiri Masashi Kishimoto sudah memberikan petunjuk bahwa Kawaki sudah mulai memiliki rasa cintanya dan kepedulian terhadap desa Konoha. Dia tidak ingin jika penduduk desa Konoha menderita.

Contoh yang paling baru dari hal tersebut adalah bagaimana Kawaki pergi secara diam-diam untuk menemui Code. Kawaki ingin melakukan kesepakatan dengan Code, di mana dia rela untuk dihabisi nyawanya dengan syarat Code tidak boleh menghancurkan desa Konoha. Sayangnya, rencana tersebut tidak berjalan dengan baik. Terlepas dari hal tersebut, menarik untuk melihat bagaimana kedepannya sosok Kawaki sebagai salah satu shinobi Konoha.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.