Roronoa Zoro

Setelah Sanji, sosok kuat dari kru Topi Jerami lainnya yang bergabung di pertempuran Onigashima adalah Roronoa Zoro. Sang ahli pedang dari kru Topi Jerami ini juga memiliki momennya tersendiri dalam pertempuran ini. Seperti saat momen kilas balik Zoro mengingat sosok Shimotsuki Kouzaburo, ketika dia masih berada di desanya saat masih kecil.

Zoro benar-benar banyak mengalami peningkatan kekuatan dalam arc ini, di mana selain Zoro meningkatkan Armament Hakinya, dia juga ternyata mengaktifkan Conqueror Haki yang ada dalam dirinya. Hal ini bisa dibuktikan saat Zoro berhasil melukai Kaido dengan teknik Asura. Kemudian yang paling epik tentunya adalah saat Zoro berhasil mengalahkan King.

Yamato

Yamato adalah salah satu karakter baru yang diperkenalkan dalam arc Wano Country. Yamato sendiri merupakan anak dari sang Yonko Kaido. Meskipun pada awalnya Yamato bukan merupakan sosok yang kuat, namun karena dia selalu kalah dan terus menerus bertarung melawan Kaido, akhirnya dia pun mampu meningkatan kekuatannya sampai pada level di mana dia mampu menandingi kekuatan Kaido.

Yamato diketahui menguasai tiga jenis Haki dan juga sekaligus memiliki kekuatan buah iblis Inu Inu no Mi, Model: Okuchi no Makami. Yamato juga memiliki kemampuan untuk menggunakan elemen es, sehingga membuatnya bisa untuk melindungi dirinya dari serangan apa pun dengan menciptakan baju pelindung yang terbuat dari es. Dan es ini pun menjadi cara bagi Yamato untuk mencegah agar mesiu di gudang senjata tidak meledak akibat Kazenbo.

Eustass Kid

Sebagai kapten dari kelompok bajak laut Kid, Eustass Kid memang diketahui memiliki kekuatan dan ketangguhan yang luar biasa. Bahkan, menurut Kaido, dia bisa menggunakan Conqueror Haki. Kid sendiri memiliki kekuatan buah iblis Jiki Jiki no Mi, yang membuatnya bisa menggunakan tubuhnya sebagai sebuah magnet. Selain bisa menarik benda, buah iblis ini bisa juga melemparkan benda atau membentuk sesuatu yang Kid inginkan.

Bukti kedahsyatan Kid sendiri diperlihatkan dalam pertarungan melawan Big Mom. Sempat kalah, namun Kid berhasil bangkit. Dia bahkan berhasil membuka seluruh potensi dari Jiki Jiki no Mi dengan membangkitkan buah iblisnya. Dan hasilnya, dia bisa menggunakan berbagai teknik dahsyat seperti Damned Punk, yang merupakan senjata laser berukuran masif, yang berhasil menghempaskan Big Mom dari Onigashima.

Trafalgar Law

Trafalgar Law adalah kapten dan juga dokter dari kelompok bajak laut Hati. Dia merupakan pengguna buah iblis Ope Ope no Mi, yang membuatnya bisa menciptakan sebuah ruang atau teritori tertentu. Di dalam teritori tersebut, Law bisa melakukan apa pun yang dia inginkan, seperti memisahkan tubuh orang lain atau menukar tubuh orang lain dengan benda.

Sama halnya seperti Kid, Law juga berhasil membangkitkan seluruh potensi dari buah iblisnya. Law mampu menciptakan dan menempelkan sebuah ruangan miniatur ke senjata miliknya, dan kemudian menembus tubuh musuhnya yang mana efeknya adalah organ dalam dari musuh tersebut bisa dilukai atau bahkan dihancurkan.

Monkey D. Luffy

Luffy adalah bintang utama dalam arc Wano Country, selain para Worst Generation dan juga anggota aliansi lainnya. Arc Wano Country bisa dibilang menjadi tempat lainnya bagi Luffy untuk meningkatkan kekuatannya. Pasalnya, setelah Luffy kalah dalam pertarungan pertama melawan Kaido, dia langsung berlatih di penjara Udon. Dan peningkatan kekuatan juga terjadi saat Luffy kembali kalah dari Kaido di pertempuran Onigashima.

Luffy sempat beberapa kali kalah dari Kaido, sebelum kemudian dia bangkit kembali dan mulai menyadari kekuatan Kaido. Luffy pun mengalami peningkatan kekuatan drastis, terutama dalam hal kemampuan Hakinya. Dia diperlihatkan mampu menggunakan Advanced Conqueror Haki yang akhirnya membuat Luffy bisa menyerang dan melukai Kaido.

Penyerangan ke pulau Onigashima menjadi pertempuran paling besar saat ini di seri One Piece, mengingat skalanya yang jauh lebih masif dari pertempuran di Marineford. Meskipun sempat kalah, pihak aliansi akhirnya berhasil membalikan keadaan. Dan saat ini, para fans sedang menantikan hasil akhir pertarungan Luffy dan Kaido.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.