Fakta Hilangnya Kaki Zeff

Saat Zeff diperkenalkan pertama kali di anime, dia sempat bercerita tentang kisahnya yang harus kehilangan sebagian kakinya. Dalam versi anime, Zeff harus kehilangan kakinya setelah terkena jebakan akibat menolong sanji. Hal itu memaksa Zeff untuk memotong kakinya sendiri. Namun, dalam versi manganya cerita tersebut berbeda.

Dalam kilas balik dari masa lalu Sanji, dia dan Zeff diperlihatkan terdampar di sebuah pulau. Zeff pun memberikan Sanji makanan terakhirnya sambil dia pergi lle bagian lain pulau tersebut untuk mencari kapal yang lewat. Setelah berhari-hari, Sanji kembali dan melihat Zeff sudah kehilangan sebelah kakinya. Zeff memakan kakinya sendiri, karena itu menjadi satu-satunya cara untuk bisa bertahan hidup.

Luka Whitebeard

Pertempuran puncak di Marineford menjadi salah satu momen paling dikenang oleh para fans sekaligus menjadi salah satu pertempuran besar di serinya. Dalam pertempuran ini, kita menyaksikan banyak momen menyentuh dan menyedihkan. Mulai dari kebangkitan Conqueror Haki Luffy, sampai kematian dari Ace dan Whitebeard. Arc ini benar-benar sangat epik.

Banyak karakter yang diperlihatkan terluka akibat dari pertempuran tersebut, seperti sosok Whitebeard. Dalam versi anime, Whitebeard diperlihatkan diserang berkali-kali oleh Blackbeard dan krunya. Belum lagi beberapa serangan fatal ke arah dada yang dilakukan oleh Sakazuki, yang membakar sebagian kumisnya. Dalam versi manga, bukan kumisnya yang terbakar atau menghilang. Sakazuki benar-benar menghancurkan sebagian wajah dari Whitebeard.

Janji Franky dan Señor Pink 

Dalam arc Dressrosa, Franky dan Señor Pink menjalin sebuah persahabatan yang menarik. Setelah pertarungan yang mereka lakukan, Franky berjanji kepada Señor Pink yang mana suatu hari nanti mereka akan kembali bertemu untuk berbincang dan minum-minum. Señor pink sendiri berjanji akan bercerita tentang seorang gadis bernama Russian.

Russian merupakan istri dari Señor Pink yang terluka parah dalam sebuah kecelakaan setelah kematian anak mereka. Dalam versi anime, setelah percakapan tersebut, tidak ada lagi hal yang terjadi. Momen itu tidak pernah lagi dibahas. Namun, dalam versi manganya, di halaman sampul chapter 1021 kita melihat bagaimana keduanya berada di sebuah bar, sambil menangis mengingat kenangan yang diceritakan oleh Señor Pink. Detail penting yang muncul dari momen ini adalah kita tahu bahwa minuman yang mereka nikmati bernama Gimlet, yang mana adalah nama dari anak Señor Pink.

Seperti halnya dalam berbagai adaptasi lainnya, versi anime dan manga akan selalu muncul perbedaan-perbedaan yang menjadikan kedua versi ini unik secara masing-masing. Namun, harus diakui bahwa versi manga sering kali menghadirkan berbagai informasi penting yang tidak ada di versi animenya. Dan contoh di atas adalah bukti dari hal tersebut.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.