Siapa yang tidak kenal dengan sosok Joy Boy, salah satu karakter penting dalam sejarah One Piece. Meskipun menjadi sosok yang penting dalam sejarah, Joy Boy juga merupakan sosok yang sangat misterius yang mana sampai saat ini karakternya masih belum diperkenalkan. Oda masih sekedar menghadirkan referensinya dalam berbagai hal.

Berdasarkan dari apa yang yang disebutkan dalam sejarah, Joy Boy merupakan figur penting yang terjadi saat abad yang hilang, sekitar 800 tahun yang lalu sebelum cerita utama serinya dimulai. Nama dari Joy Boy sendiri diketahui pertama kali disebutkan/direferensikan saat kru Topi Jerami berada di pulau Manusia Ikan. Nico Robin saat itu menemukan sebuah Poneglyph di hutan laut.

Dalam isi poneglyphnya diketahui bahwa Joy Boy memiliki koneksi dengan pulau Manusia Ikan pada era abad yang hilang. Joy Boy diketahui ingin para manusia ikan tinggal atau hidup berdampingan dengan manusia lainnya di daratan. Sayangnya, upaya yang dilakukan oleh Joy Boy tersebut gagal karena sesuatu.

Karena gagal memenuhi janjinya, Joy Boy pun kemudian menuliskan permintaan maafnya kepada para manusia ikan seperti yang tertulis di Poneglyph yang ditemukan oleh Nico Robin. Namun, apa yang sebenarnya terjadi kepada Joy Boy? Apa alasan Joy Boy gagal memenuhi janjinya? Semuanya masih menjadi sebuah misteri besar yang perlu digali lebih dalam.

Namun, jika melihat berbagai petunjuk yang ada atau sudah diberikan selama ceritanya berlangsung, ada kemungkinan bahwa Joy Boy sebenarnya tewas dalam pertempuran menghadapi 20 kerajaan yang menyerang Kerajaan Kuno. Hal ini diketahui saat arc Reverie di mana para fans diperlihatkan sebuah fakta mengejutkan terkait Pemerintah Dunia dan juga hierarki mereka.

Sempat diyakini bahwa Gorosei adalah pemimpin dari Pemerintah Dunia dan yang mengatur semuanya, kita semua kemudian diperkenalkan dengan sosok misterius bernama Im. Im saat itu memegang poster buruan Luffy, yang mana cukup menarik perhatian dari Im. Im kemudian pergi ke sebuah ruangan penyimpanan di mana di sana kita melihat terdapat sebuah topi jerami raksasa.

Topi Jerami tersebut mirip seperti yang digunakan oleh Roger dan juga yang digunakan oleh Luffy sekarang. Berdasarkan hal tersebut, ada kemungkinan topi tersebut merupakan milik dari Joy Boy. Joy Boy dan Kerajaan Kuno kemungkinan harus kalah dalam peristiwa penyerangan 800 tahun lalu, sehingga dia kemudian membuat permohonan maafnya di sebuah Poneglyph.

Meskipun masih belum diketahui bagaimana Joy Boy tewas, namun kemungkinan Joy Boy tewas dalam persitiwa pertempuran tersebut. Joy Boy mungkin sudah mengetahui bahwa ada kemungkinan dia dan Kerajaan Kuno akan hancur, sehingga permohonan maaf yang dia buat di Poneglyph dibuat sebelum pertempuran dimulai dan kemudian mengirimkannya ke pulau Manusia Ikan.

Selain menulis permohonan maaf, Joy Boy juga mungkin menuliskan berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di Poneglyph. Dan inilah yang kemudian ditemukan oleh Roger dan krunya saat mereka berada di pulau Laugh Tale. Ini juga yang kemudian membuat Roger mengatakan bahwa dia berharap untuk bisa hidup di era yang sama dengan Joy Boy.

Perlu dicatat ya Geeks bahwa ini masih sekedar teori atau spekulasi tentang kematian Joy Boy, berdasarkan berbagai petunjuk yang ada. Untuk mengetahui mengapa kemudian Joy Boy tewas kita masih perlu menunggu informasi lengkapnya dari Oda Sensei. Meskipun Joy Boy diketahui sudah tewas, namun menurut Kozuki Oden akan muncul sosok Joy Boy yang baru pada masa yang akan datang. Kita nantikan saja ya geeks informasi lengkapnya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.