Klan Otsutsuki merupakan klan yang diketahui sebagai klan dewa karena kemampuan mereka yang berada di atas rata-rata manusia. Hal tersebut wajar karena klan Otsutsuki bukan berasal dari bumi, melainkan dari planet lain yang sampai saat ini masih belum diketahui asal-usulnya. Klan ini selalu mengincar bumi sebagai salah satu targetnya.

Dengan sejarah panjang klan Otsutsuki dengan bumi, ada banyak hal yang muncul di dunia Naruto berasal dari klan ini. Misalnya, konsep chakra yang membentuk shinobi yang ada di bumi sampai saat ini. Selain memperkenalkan konsep chakra, klan Otsutsuki juga ternyata memiliki keturunan yang masih ada sampai saat ini. Berikut adalah beberapa klan yang menjadi keturunan dari klan Otsutsuki.

Klan Kaguya

Klan ini bisa dibilang merupakan keturunan langsung dari klan Otsutsuki, tepatnya Kaguya Otsutsuki. Klan ini lahir jauh sebelum era shinobi muncul. Klan Kaguya merupakan klan yang senang akan pertempuran atau pertarungan. Mereka adalah klan yang haus darah, yang tidak tidak pernah menggunakan strategi dalam bertarung.

Yang mereka pikirkan adalah bagaimana cara menghabisi musuh. Sebagian kecil dari klan ini mewarisi Kekkei Genkai bernama Shikotsumyaku, yang membuat mereka bisa memanipulasi tulang mereka menjadi senjata atau alat pelindung. Diketahui anggota terakhir dari klan ini adalah Kimimaro. Namun, setelah Kimimaro diperlihatkan tewas, klan ini pun dinyatakan punah.

Klan Hyuga

Klan Hyuga adalah klan populer di franchise Naruto dan juga klan terpandang di desa Konoha. Mereka keturunan dari Hamura Otsutsuki, adik dari Hagoromo Otsutsuki, yang memutuskan untuk tinggal di bumi. Klan Hyuga mewarisi Kekkei Genkai berupa Doujutsu Byakugan, mata putih yang menjadi ciri khas klannya di mana mereka bisa melihat hampir apa pun.

Dengan mengombinasikan chakra murni Otsutsuki dan Byakugan, seseorang bisa saja membangkitkan Doujutsu Tenseigan. Selain itu, banyak fans pun meyakini bahwa kombinasi dari klan Hyuga serta klan Uzumaki – yang merupakan keturunan dari Asura Otsutsuki – menjadi penyebab munculnya Doujutsu Jogan pada mata Boruto.

Klan Uzumaki

Klan Uzumaki merupakan “saudara jauh” dari klan Senju. Klan ini merupakan keturunan dari Asura Otsutsuki, salah satu anak dari Hagoromo Otsutsuki. Namun, berbeda dengan klan Senju, klan Uzumaki dikenal karena teknik segelnya yang luar biasa. Hashirama pun bahkan sempat meminta bantuan dari klan Uzumaki untuk menyegel para Bijuu.

Sayangnya, kemampuan dahsyat ini justru dianggap sebagai ancaman oleh desa-desa lainnya. Mereka menganggap bahwa kemampuan segel dari klan Uzumaki bisa membahayakan keselamatan mereka. Inilah yang kemudian menjadi alasan klan Uzumaki dan desa mereka, Uzushiogakure, diserang. Akibatnya, banyak dari klan Uzumaki yang kemudian pindah ke desa-desa ninja lainnya. Uzumaki Naruto menjadi salah satu contoh dari klan ini.

Klan Uchiha

Klan Uchiha merupakan klan ninja yang merupakan keturunan dari anak Hagoromo Otsutsuki lainnya, Indra Otsutsuki. Setelah kematian sang ayah, Indra pun mewarisi Doujutsunya yang mana kemudian Doujutsu tersebut diwariskan kepada keturunannya. Sharingan alias “mata Hagoromo” adalah Doujutsu yang diwariskan oleh Indra.

Selain Doujutsu, chakra yang luar biasa dan juga energi spiritual yang dahsyat menjadi hal lainnya yang diwariskan oleh Indra. Klan Uchiha sendiri sebenarnya diambang kepunahan, setelah semua anggotanya dibantai oleh Itachi Uchiha dan hanya menyisakan Sasuke Uchiha. Beruntung, akhirnya Sasuke memulai kembali klan ini dengan menikah dengan Sakura dan memiliki Sarada.

Klan Senju

Klan Senju merupakan keturunan Asura Otsutsuki, anak dari Hagoromo Otsutsuki. Jika Indra mewarisi mata dari Hagoromo, maka Asura mewarisi “tubuh Hagoromo” yang mana klan Senju memiliki kemampuan mental dan kekuatan chakra yang sangat luar biasa. Klan Senju juga memiliki keunikan dibandingkan klan lainnya. Mereka diketahui tidak memiliki Kekkei Genkai atau teknik khusus dari klannya, seperti Sharingan dari klan Uchiha.

Namun, Klan Senju memiliki kemampuan untuk bisa menciptakan berbagai Jutsu atau teknik ninja. Selain itu, mereka juga mampu untuk menguasai berbagai jenis Jutsu dengan sempurna. Inilah alasan mengapa Tobirama dan Hashirama merupakan beberapa shinobi yang mampu menciptakan tekniknya sendiri, misalnya berbagai jutsu yang terbuat dari elemen kayu. Atau Jutsu yang diciptakan oleh Tobirama yang terbuat dari elemen air.

Klan Hagoromo

Sampai sejauh ini, tidak banyak yang diketahui tentang klan Hagoromo, termasuk bagaimana nasib mereka saat ini dan dari mana asal-usul mereka. Tetapi, dari namanya, seperti halnya klan Kaguya, klan Hagoromo merupakan keturunan dari keluarga Hagoromo. Klan ini diketahui pernah bekerja sama dengan klan Senju saat perang saudara terjadi di desa Konoha. Aliansi ini benar-benar epik dan memberikan dampak yang mendalam bagi klan Senju dengan tewasnya Kawarama Senju, salah satu anak dari pemimpin klan Senju, Butsuma Senju.

Dengan status mereka yang merupakan keturunan dari klan Otsutsuki, yang dianggap sebagai klan para dewa, rasanya wajar jika kemudian para klan tersebut memiliki kedahsyatan yang luar biasa dan tidak dimiliki oleh klan-klan yang lain. Dan karena hal ini juga para klan tersebut menjadi “karakter utama” di franchise Naruto.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.