Geeks dan para pahlawan dalam cerita di seri One-Punch Man tentu sudah mengenal sosok Blast. Dia adalah pahlawan nomor 1 di dunia, dan peringkat pertama di kelas S. Sosok Blast adalah legenda sekaligus misteri. Legenda karena hampir semua orang mengenal seberapa dahsyat sosok Blast. Mereka tahu tentang berbagai cerita yang menghadirkan tentang kekuatan dari sosok Blast.

Namun, sayangnya, sosok Blast juga menjadi misteri karena berbagai alasan. Pertama, Blast adalah salah satu pahlawan yang sangat jarang muncul ketika situasi genting terjadi. Menurut keterangan petinggi asosiasi pahlawan, Blast hanya akan muncul ketika bumi atau umat manusia berada dalam bahaya. Selain itu, kita juga tidak pernah mengetahui seperti apa rupa fisik dari Blast.

Hanya para petinggi dari asosiasi pahlawan dan beberapa orang saja yang sudah pernah bertemu atau mengenal sosok Blast. Sampai kemudian Blast akhirnya muncul secara fisik di chapter sebelumnya dalam arc Monster Association yang masih berjalan saat ini. Dalam chapter tersebut, diperlihatkan bagaimana Blast menolong Saitama dan Flasy Flash yang terjebak di bawah markas asosiasi monster.

Blast kemudian kembali muncul dalam chapter 155 kemarin, di mana dia mencoba untuk menolong Tatsumaki yang tidak sadarkan diri. Blast sendiri kemudian meminta bantuan King untuk merawat Tatsumaki. Blast mengatakan bahwa dia harus pergi untuk membantu pahlawan lainnya. King pun bertanya tentang sosok yang dimaksud oleh Blast.

Setelah Blast membuka portal, nampak ada beberapa siluet sosok misterius yang nampak sangat kuat dan mengerikan. Blast mengatakan bahwa selama ini dia tidak bertarung sendirian. Ada orang-orang dari dimensi lain yang ikut bertarung dengannya dan membutuhkan bantuannya. Hal ini pun memancing banyak pertanyaan di kalangan fans.

Salah satu pertanyaan yang muncul adalah seberapa besar atau seberapa kuat sebenarnya sosok Blast? Selama ini, posisi Blast sebagai pahlawan paling kuat memang tidak pernah tergeserkan. Orang-orang hanya mendengar cerita tentang kekuatan dari sosok Blast, seperti ketika Blast menolong Tatsumaki kecil yang dikurung.

Atau ketika Blast hampir saja mengalahkan Elder Centipede. Namun, fakta yang diperlihatkan di chapter 155 kemarin sepertinya memberikan petunjuk seberapa kuat sosok Blast. Bagaimana Blast bisa pergi ke dimensi lainnya dengan menggunakan sebuah portal menjadi bukti nyata kedahsyatan dari sosok Blast. Saitama sendiri diketahui tidak bisa melakukan apa yang dilakukan Blast, seperti pergi ke dimensi lainnya.

Saat Blast pertama kali muncul di hadapan Saitama dan Flasy Flash, Blast sempat diserang oleh Flashy Flash yang ingin mencari tahu apakah dia memang benar-benar Blast. Namun, kecepatan yang luar biasa dari Flashy pun nampak tidak ada apa-apanya dibandingkan kecepatan Blast, yang mana hal ini juga bisa menjadi bukti kedahsyatan dari Blast.

Logikanya, dengan kecepatan Saitama yang mampu lebih cepat dari Flashy Flash, dan Blast juga yang mampu mengalahkan kecepatan Flashy, bisa diartikan bahwa kekuatan dari Blast dan Saitama seimbang atau bahkan lebih kuat dari Saitama. Dengan diperlihatkannya siluet pahlawan lainnya yang ada di luar dimensi bumi, itu juga bisa menjadi petunjuk bahwa ada sosok kuat lainnya di luar sana.

Masih belum diketahui siapa saja sosok misterius tersebut dan seberapa kuat mereka. Namun, bagaimana kemudian mereka berkumpul dan saling bekerja sama untuk mengalahkan satu musuh yang sama menandakan kekuatan mereka tidaklah sembarangan. Ini juga bisa menjadi alasan mengapa Blast tidak pernah muncul ketika ada ancaman muncul dari pihak asosiasi monster.

Jadi, apakah Blast memiliki kekuatan yang hampir sama seperti Saitama? Jawabannya adalah mungkin iya. Saitama mungkin bukanlah satu-satunya sosok kuat. Ada lagi sosok kuat lainnya yang masih misterius, seperti diperlihatkan dari siluet ketika Blast hendak pergi.

Bagaimana Blast terlibat dalam ancaman multi dimensional menjadi bukti nyata kedahsyatan dari Blast, yang mana Saitama sendiri belum tentu mampu untuk melakukannya, seperti yang dia kita lihat selama ini. Kita nantikan saja ya Geeks informasi lainnya tentang Blast dalam chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.