Para fans benar-benar terkejut dengan apa yang terjadi pasca pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Para fans seolah tidak percaya dengan momen kematian dari Kurama, yang mengorbankan dirinya agar Naruto bisa mengakses kekuatan baru yaitu Baryon Mode. Baryon Mode sendiri pada akhirnya berhasil membuat Isshiki akhirnya kalah.

Meskipun sebagian fans masih merasa sedih dengan kepergian dari Kurama yang merupakan rekan dekat dari Naruto, sebagian lainnya penasaran dengan level kekuatan Naruto saat ini di mana dia tidak lagi memiliki sumber kekuatan dalam dirinya. Namun, mungkin Kurama sebenarnya sudah menyiapkan kekuatannya untuk Naruto tanpa kita sadari.

Ketika kombinasi kekuatan antara Naruto dan Sasuke gagal untuk menghentikan Isshiki, Naruto dan Kurama akhirnya sepakat untuk menggunakan kekuatan terakhir mereka yang menurut Kurama bisa menghilangkan nyawa Naruto. Kekuatan terakhir itu tidak lain adalah Baryon Mode. Tekniknya sendiri menggunakan sebanyak mungkin chakra untuk kemudian dirubah menjadi energi yang sangat besar mirip sebuah fusi nuklir.

Pada awalnya Naruto berpikir bahwa teknik tersebut akan mengorbankan nyawanya dan juga Kurama, namun faktanya hanya nyawa Kurama saja yang menjadi taruhannya. Hal tersebut diungkapkan di momen-momen terakhir Kurama saat berbincang dengan Naruto. Banyak fans yang kemudian membandingkan momen terakhir Kurama tersebut dengan apa yang terjadi di akhir cerita Shippuden.

Dalam ceritanya, kurama mengatakan bahwa dia akan memberikan chakra terakhirnya kepada Naruto sebelum kemudian dia tertidur. Hal ini juga yang sempat membuat sebagian fans berpendapat bahwa mungkin Kurama tidak benar-benar tewas setelah mengerahkan seluruh chakra yang dia miliki. Namun, dari apa yang diperlihatkan oleh Naruto, kematian Kurama kali ini sepertinya benar-benar terjadi.

Naruto Masih Memiliki Chakra Kurama?

Berbagai teori muncul pasca kekalahan Isshiki yang harus dibayar mahal dengan kematian Kurama. Salah satu yang menarik adalah ada kemungkinan bahwa sebelum Kurama benar-benar menghilang, sang monster berekor sembilan masih sempat untuk menyegel beberapa persen dari kekuatannya kepada Naruto.

Berdasarkan teori tersebut artinya Naruto masih bisa mengakses chakra Kurama, meskipun tidak seefektif dan tidak sedahsyat sebelumnya. Teori ini didukung dengan apa yang diucapkan oleh Kurama sebelum kematiannya. Kurama sempat mengatakan kepada Naruto bahwa dia bukan lagi sosok yang luar biasa, sosok manusia super. Karena itulah dia harus berhati-hati terutama saat bertarung.

Para fans juga sempat kebingungan dengan kata-kata Kurama tentang “jangan terlalu memaksakannya” karena jika tidak dia akan bernasib sama seperti Kurama. Apa yang diucapkan oleh Kurama pun kembali dibandingkan dengan apa yang diucapkan Kawaki kepada Boruto, tentang mengirimnya ke tempat Naruto berada. Meskipun akan sangat luar biasa jika kemudian hal tersebut terjadi, namun sayangnya teori ini sedikit lemah.

Kurama mungkin adalah bijuu yang diciptakan dari monster ekor sepuluh, yang mana dia menjadi manifestasi chakra murni. Tetapi, Kurama bukanlah seorang Otsutsuki. Kurama tidak bisa memanipulasi ruang dan waktu serta dimensi, yang mana maksud dari Kurama terhadap Naruto adalah jangan sampai Naruto memaksakan dirinya untuk menggunakan seluruh kekuatannya.

Hal tersebut dikarenakan Naruto tidak sekuat sebelumnya, ketika Kurama masih memberikan Naruto suplai chakra yang sangat besar. Masalah lainnya yang muncul dalam teori ini adalah ketidakefisienan. Meskipun kemudian Kurama memang berhasil menyegel chakra kepada Naruto, mungkin jumlahnya tidaklah banyak. Kurama sudah mengerahkan semuanya untuk Baryon Mode.

Jika pun memang sedikit sisa chakra Kurama masih ada dalam diri Naruto, mungkin Kurama akan benar-benar menghilang untuk selamanya saat semua chakra tersebut hilang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.