Dalam seri manga Boruto, diperlihatkan bagaimana Code mendapatkan peningkatan kekuatan yang sangat dahsyat. Code diperlihatkan memiliki Karma putih yang berbeda dari segel Karma pada umumnya. Menurut Isshiki, Karma putih tersebut merupakan perwujudan dari tekadnya. Selain itu, dengan adanya Karma putih tersebut Kawaki mampu menguasai kemampuan dari Isshiki.

Kemampuan Karma putih tersebut terbukti berguna dalam misi besar yang sedang dia jalani saat ini, yaitu mencari keberadaan Kawaki dan Boruto dan menghabisi seluruh penduduk Konoha. Semua itu demi menjalankan apa yang diperintahkan oleh Isshiki. Meskipun dengan adanya kekuatan Karma Putih dalam dirinya membuat Code menjadi kuat, namun “kekuatan” dari Code bukan hanya apa yang ada dalam dirinya.

Code masih memiliki senjata lainnya, yaitu Eida – dan Daimon. Eida merupakan salah satu cyborg yang diciptakan oleh Amado selain Code. Eida menjadi salah satu cyborg yang diminta oleh Isshiki untuk dihancurkan, karena berpotensi untuk melampaui kekuatan dari Jigen, pada saat itu.

Namun, pada kenyataanya, Eida justru disembunyikan oleh Boro di salah satu fasilitas penilitiannya. Dan setelah sekian lama, Eida pun membantu Code dengan misinya. Code meminta bantuan Eida karena Eida memiliki kemampuan Senrigan, yang bisa membaca apa yang terjadi sebelumnya, saat ini, dan yang akan datang. Eida membimbing dan mengarahkan Code agar bisa bertemu dengan Kawaki dan Boruto di hutan Konoha.

Berkat adanya sosok Eida, Code mampu satu langkah di depan semua orang karena kemampuannya untuk membaca pergerakan musuh. Meskipun Eida dan Code berjauhan, namun mereka masih bisa tetap berkomunikasi melalui sebuah alat bantu. Namun, ternyata, hal ini justru menjadi bumerang bagi Code karena nyawa Eida bisa jadi dalam bahaya seperti diperlihatkan dalam chapter 66 kemarin.

Dalam chapter sebelumnya, diperlihatkan bagaimana Shikamaru dan Naruto akhirnya berhasil menyusul ke lokasi di mana Kawaki dan Boruto berada. Sayangnya, mereka berdua pun tidak sanggup menandingi kekuatan Code. Bahkan, Shikamaru pun berhasil disandera oleh Code saat Borushiki muncul dan bertarung menghadapi Kawaki.

Dalam momen inilah Code melakukan kesalahan. Code tidak berhenti berkomunikasi dengan Eida, yang mana hal tersebut memunculkan kecurigaan dari Shikamaru. Code sendiri bertanya tentang apa yang terjadi kepada Kawaki, mengapa kemudian dia bisa kembali membangkitkan segel Karma dalam dirinya setelah segel Karma sebelumnya menghilang.

Sebagai salah satu ahli strategi terbaik, Shikamaru pun menyadari bahwa Code tidak bertarung sendirian. Dia mendapatkan arahan dari seseorang, yang mana adalah Eida, tetapi Shikamaru belum tahu tentang hal ini. Saat ini, Shikamaru mungkin tidak bisa berbuat banyak karena dia berada di bawah ancaman Code. Namun, hal ini tentunya bisa menjadi petunjuk besar bagi Konoha.

Shikamaru mungkin akan mendiskusikan hal tersebut kepada Ino dan memintanya untuk melacak chakra dari Eida. Dengan cara itu, ada kemungkinan besar bahwa shinobi Konoha akan mampu menemukan di mana lokasi dari fasilitas milik Boro. Apalagi, saat ini ada Amado di pihak Konoha yang mana bisa saja mereka melakukan berbagai cara agar Amado mau memberi tahu lokasinya.

Dan jika kemudian penyerangan tersebut terjadi, dan Amado memberi tahu apa yang kemudian menjadi kelemahan Eida dan yang lain, tentunya itu bisa menjadi awal kehancuran besar rencana Code. Dan yang menarik juga adalah menantikan apa yang akan dilakukan oleh Eida setelah dia “memiliki” Kawaki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.