Baryon Mode menjadi peningkatan kekuatan terbaru dari Masashi Kishimoto terhadap sosok Uzumaki Naruto seperti diperlihatkan dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Kemampuan ini diperkenalkan kepada para fans dalam pertarungan menghadapi Isshiki Otsutsuki, yang mana menjadi musuh terkuat yang dihadirkan di sepanjang serinya. Baryon Mode sendiri menjadi cara efektif untuk menghadapi Isshiki.

Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, Baryon Mode mengerahkan kemampuan Naruto dan juga Kurama, meskipun kekuatan chakra Kurama yang paling mendominasi. Dengan menjadi kekuatan paling dahsyat yang dimiliki oleh Naruto saat ini, tidak heran jika kemudian ada banyak keunggulan dari kemampuan ini. Berikut adalah berbagai bukti kedahsyatan dari teknik Baryon Mode milik Naruto.

Lebih Kuat Dari Kekuatan Otsutsuki

Peningkatan yang paling drastis yang dirasakan oleh Naruto saat mengakses Baryon Mode adalah peningkatan dalam segi kekuatannya. Sebelum Naruto mengakses Baryon Mode, dia bahkan hampir tidak bisa menyentuh sama sekali sosok Isshiki, meskipun sudah menggunakan Six Paths Sage Mode. Hal sebaliknya terjadi saat Baryon Mode aktif.

Isshiki justru tidak berdaya saat menghadapi Naruto. Bahkan, pukulan yang Naruto layangkan ke arah Isshiki mampu membuat Isshiki terpelanting jauh, sesuatu yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Peningkatan kekuatan mungkin bukanlah aset terbesar dri Baryon Mode, tetapi tetap saja hal ini luar biasa di mana Naruto pada akhirnya menjadi jauh lebih kuat dari Isshiki.

Refleks Lebih Baik Dari Six Path Sage Mode

Selain dari segi kekuatan fisik, kemampuan refleks Naruto juga meningkat tajam saat menggunakan Baryon Mode. Meskipun Six Path Sage Mode pada awalnya merupakan kemampuan terkuat dari Naruto, yang mampu memberikan Naruto apa yang dia inginkan, Baryon Mode satu langkah lebih maju dibandingkan Six Path Sage Mode.

Saat menggunakan Six Path Sage Mode, Naruto mampu menghindari Light Fang milik Madara dengan mudah. Namun, Naruto tidak bisa menghindari teknik Black Rod milik Isshiki. Tetapi, saat mengakses Baryon Mode, Naruto mampu menghindari teknik tersebut dan bahkan menangkapnya. Hal ini menunjukan seberapa dahsyat Baryon Mode dibandingkan Six Path Sage Mode.

Lebih Cepat Dari Sebelumnya

Dengan semua kemampuan fisik yang dimiliki Naruto meningkat saat mengakses Baryon Mode, kecepatan yang dia miliki pun juga ikut meningkat. Saat menggunakan teknik Six Path Sage Mode, Isshiki mampu menandingi kecepatan dri Naruto. Bahkan, Isshiki mampu menandingi kecepatan Naruto tanpa perlu bersusah payah.

Saat Baryon Mode diaktifkan, Isshiki hampir tidak mampu mengikuti atau mengimbangi kekuatan dari Naruto. Bahkan, ketika Isshiki menggunakan teknik andalannya – Sukunahikona dan Daikokuten – Isshiki masih tidak mampu untuk melukai Naruto karena dia mampu menghindari serangan-seragan tersebut dan kemudian membalas serangannya.

Mampu Mengurangi Nyawa

Peningkatan kekuatan fisik Naruto memang bukanlah kemampuan yang utama dari Baryon Mode. Kemampuan terbesar dari Baryon Mode adalah mampu mengurangi jatah hidup seseorang, yang mana dalam hal ini adalah Isshiki Otsutsuki. Menggunakan Baryon Mode memerluka chakra yang luar biasa besar. Yang menarik, Baryon Mode juga mampu “membakar” chakra musuhnya.

Hal tersebut berakibat pada pengurangan jatah hidup mereka saat terkena serangan dari Baryon Mode. Ketika Naruto bertarung melawan Isshiki, Naruto mampu mengurangi jatah hidup Isshiki yang awalnya tiga hari menjadi beberapa menit saja. Bahkan, Naruto pun hampir bisa menghabisi nyawa Isshiki. Hal ini berhasil membuat Isshiki panik.

Tidak Ada Gerakan Yang Percuma

Hal yang juga luar biasa lainnya dari Baryon Mode adalah tidak ada gerakan yang percuma demi mengefisiensikan kekuatan yang dihasilkan. Meskipun pada faktanya semuanya tergantung pada apa yang dilakukan oleh Naruto sendiri, namun hal ini tetap saja membantu dalam pertarungan. Dengan membuang semua hal yang tidak penting dalam pikirannya, Naruto mampu memaksimalkan kekuatannya.

Naruto tahu bahwa ada pertaruhan besar dalam mengaktifkan Baryon Mode, sehingga Naruto tidak menyia-nyiakan satu gerakan pun. Semuanya sudah diarahkan sesuai dengan apa yang dia inginkan, antara mengurangi jatah usia dari musuhnya atau melukai musuhnya. Ini yang kemudian menjadi salah satu alasan Baryon Mode menjadi teknik yang mampu mengancam musuhnya.

Mampu Membunuh Dalam Beberapa Pukulan

Pada dasarnya, Baryon Mode mampu menghabisi musuhnya dengan hanya beberapa pukulan saja. Isshiki Otsutsuki adalah sosok villain paling kuat di sepanjang franchise Naruto, yang mana kekuatannya pun bahkan melampaui dari sosok Kaguya Otsutsuki. Fakta bahwa Naruto mampu mengurangi jatah hidupnya menjadi hanya beberapa menit hanya, artinya hanya dengan satu atau dua pukulan lagi nyawa Isshiki bisa saja melayang. Jika kemudian Naruto harus berhadapan dengan berbagai villain kuat lainnya dengan menggunakan mode ini, mereka mungkin sudah tewas dengan hanya satu pukulan saja.

Baryon Mode merupakan kekuatan paling dahsyat yang dihadirkan oleh Naruto di sepanjang serinya, bahkan franchisenya. Form ini begitu spesial, yang mana saking spesialnya kekuatan ini pun menjadi “senjata” yang juga bisa membunuh penggunanya jika tidak bijak dalam menggunakannya. Apakah Kishimoto akan menghadirkan kekuatan dahsyat yang menandingi Baryon Mode, masih harus kita tunggu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.