Para fans One Piece rasanya sudah sangat paham bahwa Roronoa Zoro bukanlah sosok ahli pedang biasa. Zoro memiliki tekad yang sangat kuat serta kemampuan fisik yang luar biasa. Semua itu dia lakukan demi mewujudkan cita-citanya sebagai ahli pedang terbaik di dunia. Sosok Zoro juga menjadi ahli pedang yang unik.

Selain bisa menggunakan dua pedang, Zoro pun bahkan mampu menggunakan tiga pedang sekaligus. Tekniknya kemudian dikenal sebagai Santoryu. Teknik tersebut membuat Zoro menggunakan dua pedang di kedua lengannya, dan satu pedang lainnya di mulut. Dan sebagai salah satu karakter terkuat dan ahli pedang terbaik, Zoro tentunya tidak sembarangan memiliki pedang.

Koleksi pedangnya selalu memiliki kekuatan dahsyat atau sejarah yang mendalam. Saat ini, Zoro memiliki tiga buah pedang yang selalu dia bawa, salah satunya adalah Wado Ichimonji. Pedang ini adalah salah satu pedang yang termasuk dalam kategori Meito atau pedang legendaris. Pedang tersebut diberikan kepada Zoro dari ayah Kuina yang sekaligus adalah gurunya, Shimotsuki Koushiro.

Wado Ichimonji adalah pedang pertama yang dimiliki oleh Zoro sebelum dia memulai petualagannya menjadi seorang ahli pedang terbaik di dunia. Pedang lainnya yang Zoro miliki juga termasuk kategori Meito yaitu Sandai Kitetsu, Yubashiri, Shusui, dan Enma. Namun, saat ini, Zoro hanya memiliki Sandai Kitetsu, Wado Ichimonji, dan Enma.

Sebelum menerima Enma, Zoro dahulu pernah memiliki sebuah pedang hitam yaitu Shusui yang dia dapatkan di Thriller Bark. Pedang tersebut diketahui adalah milik dari Ryuma, seorang samurai legendaris dari Wano. Namun, setelah bertemu dengan Hiyori dan Kawamatsu, serta dijelaskan mengenai seberapa pentingnya pedang Shusui bagi penduduk Wano, akhirnya Zoro mau menukar Shusui dengan pedang Enma seperti diperlihatkan di chapter 955.

Namun, terdapat sebuah detail menarik yang memberikan petunjuk mengenai pedang apa saja yang muncul dimiliki oleh Zoro pasca arc Wano selesai. Menyambut chapter 1000 kemarin, Oda Sensei merilis sebuah gambar sampul spesial. Dalam gambarnya, terlihat sosok Zoro, Nami, dan Luffy menggunakan pakaian bajak laut.

Jika diperhatikan dengan teliti, Zoro memang akan memiliki tiga buah pedang. Pedang tersebut adalah Wado Ichimonji, Enma, dan Shusui. Geeks mungkin bertanya, bukankah Shusui sudah diberikan kembali kepada Hiyori dan Shusui menjadi harta karun Wano? Hal ini ada kaitannya dengan sebuah pernyataan menarik dari kawamatsu dan Hyogoro di chapter sebelumnya.

Dengan Zoro yang akan memiliki Shusui sebagai salah satu pedang andalannya menggantikan Sandai Kitetsu, artinya para penduduk Wano sudah menganggap Zoro sebagai penerus Ryuma atau Ryuma kedua. Kita juga tahu bahwa Gyukimaru, yang merupakan rekan dari Ushimaru, sempat menyatakan bahwa dia tidak senang Shusui ada di tangan Zoro.

Gyukimaru sempat pesimis bahwa pedangnya akan kembali. Namun, di chapter 1023, Kawamatsu dan Hyogoro sempat mengatakan adanya kemiripan antara Zoro dan Ryuma serta Ushimaru. Mengingat bagaimana Oda Senei sering kali memberikan petunjuk dalam cerita, semua hal itu tentunya bukanlah sebuah kebetulan belaka. Melihat bagaimana adanya kemiripan Zoro dan Ushimaru dan Ryuma, semua pun akhirnya setuju memberikan Shusui kepada Zoro.

Lagipula, Zoro pun sudah menjadi pahlawan bagi penduduk Wano karena sudah membebaskan wilayah tersebut dari cengkraman Orochi dan Kaido. Bila hal ini memang terjadi, Zoro hanya tinggal mengerahkan seluruh kekuatannya untuk membuat dua pedang lainnya – Wado Ichimonji dan Enma – untuk juga dirubah menjadi pedang hitam. Sehingga, ketiga pedang Zoro akan berubah menjadi black blade atau pedang hitam di akhir serinya. Dan hal tersebut tentu akan membuat Zoro semakin kuat dan sulit dikalahkan oleh musuhnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.