Mary Geoise merupakan sebuah tempat yang dianggap suci dalam cerita One Piece. Di sana tinggal kaum naga langit yang merupakan keturunan dari berbagai kerajaan yang dahulunya dianggap sebagai pahlawan dalam peperangan melawan Kerajaan Kuno. Mereka menganggap diri mereka sendiri sebagai “tuhan” yang sudah membangun dan “menciptakan” dunia saat ini.

Wilayah Mary Geoise juga sangat tertutup, karena tidak semua orang bisa masuk ke wilayah tersebut. Ada banyak sekali misteri yang tersembunyi di wilayah tanah suci Mary Geoise yang membuat para fans penasaran. Salah satunya adalah harta karun yang tersimpan, yang juga masih misterius. Salah satu harta karun yang disimpan adalah topi jerami dengan ukuran besar.

Diduga, topi tersebut adalah milik sosok Joy Boy. Topi jerami raksasa tersebut dianggap sebagai harta karun dunia, harta karun berharga bagi Mary Geoise. Namun, apakah hanya topi jerami raksasa tersebut yang menjadi harta karun besar di Mary Geoise? Apakah ada harta karun lainnya yang jauh lebih berharga dari topi jerami tersebut?

Dalam chapter 761, Doflamingo sempat mengatakan bahwa andai saja dia memiliki buah iblis Ope Ope no Mi, dia akan mampu menggunakan harta karun tersebut untuk menguasai dunia. Berdasarkan dari apa yang diungkapkan oleh Dofy, sepertinya buah iblis Law tersebut memiliki peran krusial untuk menggunakan atau mengaktifkan harta karun besar lainny yang ada di Mary Geoise.

Mengapa kemudian buah iblis tersebut bisa sangat berguna? Rasanya memang tidak masuk akal, kecuali jika harta karun yang dimaksud ada kaitannya dengan hal yang berbau biologis. Di chapter 906, kita diperlihatkan jika sebuah topi jerami berukuran besar disimpan di dalam ruangan penyimpanan. Topi tersebut dianggap sebagai harta karun Mary Geoise.

Mengapa topi tersebut bisa dianggap sebagai sebuah harta karun? Eiichiro Oda merupakan mangaka yang dikenal sering “menipu” para fansnya, melalui berbagai pengalihan perhatian. Bisa jadi, sebenarnya topi jerami tersebut bukanlah harta karun yang sebenarnya. Topi tersebut kemungkinan merupakan tanda atau petunjuk dari harta karun yang sebenarnya.

Dengan kata lain, harta yang sebenarnya adalah jenazah atau tubuh yang pernah menggunakan topi jerami tersebut. Kita bisa melihat di mana posisi Im dan topi tersebut berada. Topinya tersimpan di dalam lemari pendingin. Terakhir kali kita diperlihatkan tubuh yang disimpan di dalam lemari pendingin adalah ketika arc Thriller Bark berlangsung.

Gecko Moria sengaja menyimpan tubuh Oars untuk rencana jahatnya. Misteri yang masih belum terpecahkan sampai saat ini, dan sepertinya sudah terlupakan, adalah mengapa Doflamingo menyerang Gecko Moria saat perang puncak di Marineford. Doflamingo mengatakan jika dia mendapatkan perintah dari seseorang yang lebih tinggi dari Sengoku. Siapakah sosok tersebut?

Bisa jadi sosok yang dimaksud oleh Doflamingo adalah Gorosei atau bahkan Im. Ketika Doflamingo gagal menjalankan tugasnya, perwakilan dari Mary Geoise mengatakan bahwa perkara tersebut sangat mengkhawatirkan. Mengapa kemudian Pemerintah Dunia begitu peduli terhadap satu orang Shichibukai? Karena Moria merupakan satu-satunya orang yang sejauh ini diketahui bisa memanipulasi tubuh orang yang sudah tewas.

Dengan topi jerami tersebut sebagai tandanya, bisa jadi Im sedang berada di makam milik Gol D. Roger. Angkatan laut memang menjadi pihak yang mengeksekusi Roger, tetapi tubuh atau jenazahnya bisa saja dimiliki oleh pihak Pemerintah Dunia. Berdasarkan apa yang diperlihatkan oleh Moria di arc Thriller Bark, tubuh yang sudah hancur bisa kembali disatukan.

Itulah mengapa para zombie di Thriller Bark penuh dengan jahitan di tubuh dan wajah mereka. Tapi, yang perlu dicatat dari teori ini adalah tidak ada kepastian sosok jenazah yang ada di ruangan tersebut benar-benar Roger atau Joy Boy. Yang pasti sosok tersebut diduga sangatlah kuat dan memiliki pengaruh besar.

Mengingat ruangan tersebut mirip dengan ruangan pendingin (seperti di kamar jenazah), bisa jadi memang Im menyimpan berbagai jenazah orang-orang penting dari Kerajaan Kuno dahulu, atau berbagai bajak laut terkuat di berbagai era. Apakah Pemerintah Dunia sengaja menyimpan tubuh-tubuh tersebut untuk membangun pasukannya sendiri?

Apakah karena alasan tersebut pula Gecko Moria kemudian diangkat menjadi Shichibukai? Mungkin alasan Pemerintah Dunia memerintahkan Doflamingo untuk menghabisi Moria adalah karena dia sangat lemah. Dia merupakan “kekacauan” yang harus segera disingkirkan. Untuk sementara waktu, sepertinya misteri tentang harta karun di Mary Geoise ini masih akan tetap menjadi misteri sampai kemudian Oda Sensei memberikan penjelasan tentang apa sebenarnya isi di dalam lemari penyimpanan tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.