Sosok Elemental Dragon atau naga elemental, Shenron, merupakan salah satu karakter yang paling ikonik dari franchise Dragon Ball. Kepopuleran Shenron bahkan tidak kalah dibandingkan Goku atau pun vegeta. Shenron sudah sering menjadi inti cerita dalam berbagai seri, di mana dia mengabulkan berbagai keinginan dari para penduduk bumi yang berhasil mengumpulkan ketujuh bola naga.

Dengan mampu mengabulkan berbagai keinginan yang diucapkan oleh seseorang, Shenron tentunya dipastikan memiliki kekuatan yang dahyat, meskipun Shenron bukan yang terkuat diantara naga ajaib atau naga elemental lainnya. Namun, yang menarik adalah ternyata Shenron ketakutan jika harus berurusan dengan sosok dewa penghancur dari Universe 7, Beerus. Mengapa demikian?

Bagaimana Shenron Mengenal Beerus

Para fans dari Dragon Ball sering kali penasaran bagaimana kemudian Shenron bisa mengenal sosok Beerus karena dalam ceritanya sang naga ajaib tersebut nampak tidak asing dengan dewa penghancur ini. Meskipun Shenron memiliki pengetahuan yang luas tentang sejarah alam raya ini, namun dia tidak mengetahui semuanya. Bisa diasumsikan bagaimana Shenron mengenal Beerus melalui reputasi Beerus yang sudah sangat melegenda.

Statusnya sebagai dewa penghancur yang ditunjuk oleh Zeno tentunya juga diketahui oleh Shenron. Perlu dicatat juga bahwa Dende merasakan radiasi Ki dari sosok Beerus ketika Beerus menghancurkan pesta ulang tahun Bulma. Shenron pun mungkin bisa mendeteksi hal tersebut seperti yang dirasakan oleh Dende, atau mungkin Shenron mengenal Beerus melalui sosok Dende.

Mengapa Shenron Takut Terhadap Beerus

Shenron nampak selalu ketakutan saat dia bersama atau melihat sosok Beerus, mencoba untuk bersikap sebaik mungkin. Ketika Shenron dipanggil oleh Goku, Shenron langsung berubah menjadi ketakutan saat dia melihat Beerus di sekitarnya. Dalam percakapan tersebut, Shenron pun sering kali menggunakan kalimat penghormatan terhadap sosok Beerus dan bersikap rendah hati.

Saat Shenron pergi, dia pun berusaha memberikan pesan perpisahan dengan baik kepada sang dewa penghancur. Dan berdasarkan statusnya ini, rasanya tidak heran jika kemudian Shenron ketakutan terhadap sosok Beerus. Sebagai dewa penghancur Universe 7, Beerus memiliki kekuatan di atas Shenron. Dia mampu menghancurkan sebuah planet dengan mudah, bahkan mungkin seluruh alam raya.

Bahkan, Beerus pun menang dalam pertarungan melawan Super Saiyan God Goku. Setelah pertarungannya, Whis kemudian menyebutkan bahwa Beerus baru menggunakan 70% kekuatannya. Meskipun Shenron adalah naga ajaib, Shenron memiliki banyak kelemahan. Bola naga yang membangkitkannya pun bisa saja hancur – atau berubah menjadi batu.

Juga, jika kemudian pencipta dari bola naga tersebut tewas, maka semua bola naga tersebut menjadi tidak berharga. Yang juga perlu dicatat adalah Shenron mampu untuk dibunuh, seperti yang diperlihatkan saat King Piccolo berhasil membunuhnya setelah dia mewujudkan keinginan dari King Piccolo. Shenron memang bisa kembali bangkit, tetapi butuh sosok lainnya untuk melakukan hal tersebut.

Shenron juga sebenarnya memiliki kekuatan dahsyat, seperti disebutkan di atas. Karena itulah dia bisa menjadi Elemental Dragon. Tetapi, kekutannya terhubung dengan sosok yang menciptakannya. Sehingga, Shenron tidaklah sekuat Beerus. Hal ini juga yang membuat salah satu aturan dari bola naga muncul, yaitu naga ajaib tidak bisa membunuh sosok yang lebih kuat dari mereka atau penciptanya.

Berdasarkan hal tersebut, bisa diasumsikan bahwa Shenron tidak ada apa-apanya bagi sosok Beerus. Jika dia mau, Beerus juga bisa saja menghabisi nyawa Shenron seketika. Jadi, dengan semua sikap Shenron terhadap Beerus, memang semua itu wajar dan masuk akal.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.