Shanks si rambut merah merupakan salah satu karakter yang sangat populer dan sangat berpengaruh dalam cerita One Piece, meskipun sosoknya tidak terlalu sering muncul dalam cerita. Shanks merupakan orang yang memberikan motivasi dan mendukung keinginan Luffy untuk menjadi seorang bajak laut. Bahkan, Shanks yang menginspirasi Luffy untuk menjadi bajak laut.

Shanks memberikan topi jerami yang dia kenakan kepada Luffy, dan kemudian berjanji untuk mengembalikannya dan kembali bertemu setelah mereka berdua sudah menjadi lebih kuat. Tidak banyak yang bisa diketahui tentang Shanks sampai sejauh ini, karena Oda Sensei sendiri masih merahasiakan berbagai kemampuan dan cerita masa lalu dari Shanks, selain dia pernah bergabung dengan kru Gol D. Roger.

Berbicara mengenai janji untuk kembali bertemu di akhir cerita, sebagian fans meyakini bahwa janji tersebut akan terjadi/terwujud. Namun, sebagian fans lainnya beranggapan bahwa janji yang mereka buat tersebut tidak akan terwujud. Mereka meragukan jika sosok Shanks masih akan tetap hidup di akhir ceritanya.

Banyak teori yang berkembang di kalangan fans menyebutkan bahwa Shanks mungkin akan tewas dalam cerita One Piece. Salah satu alasannya adalah kematian dari Shanks akan memotivasi Luffy untuk bisa menyelesaikan semua petualangannya. Menurut teori tersebut juga, Shanks kemungkinan akan tewas di tangan Blackbeard dalam sebuah pertarungan yang sangat epik.

Kemungkinan pertarungan antara Blackbeard dan Shanks tersebut akan terjadi di luar atau sebelum pulau Laugh Tale. Dan kematian Shanks kemudian membuat Luffy bertarung dan membalas dendam atas kematian Shanks terhadap Blakcbeard, sebelum kemudian dia menghadapi musuh yang lebih besar lagi yaitu Pemerintah Dunia. Lalu, menurut teorinya, kapan Shanks diprediksi akan tewas?

Kematian dari Shanks ini diduga akan terjadi dalam waktu dekat, jika melihat petunjuk yang diberikan oleh Oda Sensei. Petunjuk pertama bisa dilihat di Colorspread atau halaman sampul berwarna di chapter 874. Dalam gambarnya, terlihat Shanks mengenakan celana yang terdapat simbol tengkorak di atasnya. Petunjuk kematian seseorang yang muncul dari apa yang dikenakan karakter bukan pertama kali terjadi.

Dalam Colorspread di chapter 520 juga sempat menjadi petunjuk dari kematian Ace, di mana dalam gambarnya terlihat kelompok Topi Jerami sedang bersantai. Luffy sendiri sedang bermain kartu bersama Robin, dan terlihat di tangan kirinya dia sedang memegang kartu berwajah tengkorak (Brook) dan di tangannya terdapat kartu as.

Luffy pun kalah dalam permainan tersebut. Wajah yang diperlihatkan oleh Luffy ketika kalah, mirip ketika Luffy harus kehilangan Ace oleh Sakazuki. Berdasarkan hal tersebut, apa yang dihadirkan di Colorspread dianggap bisa jadi petunjuk besar tentang kematian Shanks. Petunjuk kedua bisa dilihat di halaman sampul pada chapter 875.

Dalam gambarnya, Bartolomeo diperlihatkan membakar bendera bajak laut kelompok Shanks. Jika Geeks perhatikan, ketika Whitebeard tewas, bendera bajak laut miliknya pun dibakar di salah satu wilayah kekuasaannya, FoodValten, oleh bajak laut Brownbeard. Selain menjadi petunjuk kematian Shanks, Bartolomeo mungkin sedang menantang Shanks untuk bertempur namun Shanks tidak mau menggubrisnya.

Kematian Shanks tentunya akan mengejutkan banyak fans, dan juga banyak karakter yang ada dalam cerita, mengingat Shanks merupakan salah satu karakter penting dan populer di serinya. Dan seperti disebutkan di atas, kematian Shanks juga akan menjadi pukulan berat bagi Luffy di mana Shanks merupakan sosok yang “berjasa” dalam hidupnya.

Tentunya menarik untuk melihat apa yang akan terjadi selanjutnya jika kemudian teori bahwa Shanks akan tewas dalam waktu dekat terbukti. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.