Menjadi salah satu seri terpopuler di dunia bersama seri lainnya seperti One Piece atau Naruto, seri Dragon Ball menghadirkan banyak sekali hal-hal menarik yang ikonik di kalangan pecinta anime dan manga. Seri Dragon Ball sendiri berfokus pada petualangan para karakter di dalamnya untuk mencari tujuh bola naga yang bisa mengabulkan permintaan apa pun.

Meskipun seri Dragon Ball saat ini tidak lagi berfokus pada pencarian bola naga, seperti dalam seri terbaru Dragon Ball Super, namun bola naga menjadi salah satu hal yang tidak terpisah dari franchise ini. Berbicara mengenai bola naga, meskipun bisa mengabulkan permintaan apa pun, pada faktanya ada beberapa batasan yang mungkin belum banyak orang ketahui.

Apa itu Bola Naga?

Bola naga atau Dragon Balls adalah tujuh bola kristal berwarna jingga, yang ketika semuanya berhasil dikumpulkan, maka akan muncul seekor naga elemental atau Elemental Dragon. Yang unik adalah masing-masing planet yang memiliki bola naga memiliki versi naga elemental mereka masing-masing. Contohnya untuk bumi kita mengenal sosok Shenron. Untuk naga elemental di planet Cereal, kita mengenal sosok Toronbo.

Dalam cerita terbaru ini, Akira Toriyama juga memperkenalkan konsep baru, di mana sepertinya masing-masing planet memiliki aturannya sendiri untuk memanggil naga elemental ini. Jika di bumi diperlukan tujuh bola naga untuk memanggil Shenron, di planet Cereal hanya dibutuhkan dua bola naga saja untuk memanggil Toronbo. Naga elemental ini yang kemudian akan mewujudkan keinginan seseorang.

Tiga keinginan boleh diajukan kepada naga tersebut. Berbagai perubahan sempat diperlihatkan di sepanjang serinya, salah satunya adalah seseorang bisa dikabulkan tiga keinginannya sekaligus atau menyimpan dua keinginannya untuk lain waktu. Seperti yang disebutkan di atas, bola naga ini bisa ditemukan di berbagai planet seperti Namek atau bahkan Cereal. Namun, bola naga ini paling umum ditemukan di bumi. Bola naga sendiri sebenarnya adalah pecahan dari satu Super Dragon Balls yang ukurannya bisa mencapai sebesar planet.

Bisakah Dragon Ball dihancurkan?

Di sepanjang serinya diperlihatkan bahwa dengan kekuatan dahsyat yang mereka miliki, bola naga menjadi tidak bisa dihancurkan. Hal ini pertama kali diketahui oleh Colonel Silver dari Red Ribbon Army, meskipun dia sendiri mendapatkan informasi tersebut dari cerita kuno terkait dengan bola naga itu. Jika penciptanya tewas, maka bola naga tersebut akan berubah menjadi batu atau tidak bisa lagi digunakan.

Seperti yang disebutkan di poin atas, bola naga merupakan pecahan dari Super Dragon Balls yang diciptakan oleh dewa naga bernama Zalama. Namun, bola naga ini juga bisa diciptakan oleh para penduduk planet Namek. Jika kemudian bola naga berubah menjadi batu atau tidak lagi berfungsi setelah penciptanya tewas, solusi untuk kembali bisa menggunakannya adalah dengan membangkitkan penciptanya dari kematian atau meminta bantuan Namekian lainnya. Ketika bola naga berubah menjadi batu, dengan kekuatan yang cukup maka bola naga tersebut bisa dihancurkan.

Apa Batasan Dari Bola Naga

Meskipun bola naga ini bisa mengabulkan berbagai permintaan, tetapi ada beberapa batasan yang perlu diketahui. Misalnya, bola naga tidak akan mengabulkan keinginan yang sama lebih dari sekali, atau mereka tidak bisa meminta untuk membangkitkan seseorang lebih dari sekali. Mereka yang akan dibangkitkan oleh bola naga harus seseorang yang sudah tewas dalam satu tahun terakhir atau kurang.

Namun, sepertinya aturan tersebut sempat juga dirubah setelah Dende berhasil meningkatkan kekuatan bola naga milik bumi, yang mana hal ini bisa menjelaskan kebangkitkan Frieza. Bola naga juga tidak akan bisa mengabulkan keinginan untuk menghabisi nyawa siapa pun yang jauh lebih kuat dari mereka yang menciptakan bola naga tersebut.

Misalnya, sosok Majin Buu yang memang terbukti sangat kuat dari Piccolo, tidak bisa dibunuh melalui keinginan bola naga tersebut. Bola naga tersebut akan mengabulkan permohonan seseorang tepat setelah mereka mengucapkannya, meskipun ada beberapa waktu di mana sang naga elemental memberikan kesempatan untuk mempertimbangkan kembali keinginannya.

Apakah bola naga bisa mengabulkan keinginan untuk hidup abadi? Yang menarik adalah dalam beberapa cerita di berbagai medium, bola naga bisa mengabulkan permintaan tersebut. Misalnya Garlic, Jr. yang menggunakan bola naga untuk keabadian. Kemudian ada juga Future Trunks dan Future Zamasu yang bisa mendapatkan keabadian melalui Super Dragon Balls.

Yang juga tidak kalah menarik adalah ada sebuah batasan di mana setelah bola naga berhasil dikumpulkan, penggunanya hanya memiliki waktu selama satu tahun untuk memohon kepada sang naga elemental. Setelah satu tahun belalu, bola naga tersebut tidak akan lagi berfungsi. Berdasarkan informasinya, hal ini dikarenakan ada kaitannya dengan sang pecipta bola naga tersebut. Di bumi sendiri pencipta tujuh bola naga adalah Kami, seorang Namekian dan pelindung bumi.

Jadi, kesimpulannya adalah bola naga merupakan alat yang luar biasa dahsyat, dan bahkan bisa menjadi senjata yang sangat mematikan jika berada di tangan tangan yang tepat dan mampu mengumpulkan mereka. Bola naga pun saat ini menjadi salah satu hal yang tidak pernah lepas dari cerita di berbagai seri Dragon Balls.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.