Tema tentang buah iblis legendaris yang muncul di chapter terbaru seri manga One Piece masih menjadi bahan perbincangan hangat di kalangan fans. Para fans masih mencoba berspekulasi buah iblis apa yang dianggap legendaris. Ada banyak buah iblis yang kemudian muncul dan dispekulasikan menjadi buah iblis legendaris tersebut

Seperti yang diperlihatkan pada chapter 1037 kemarin, kita melihat situasi di luar pertarungan antara Luffy dan Kaido serta melihat situasi di luar Wano. Tepatnya kita melihat situasi yang terjadi di istana Pangaea yang berada di Mary Geoise. Di sana kita melihat para Gorosei sedang berbincang tentang berbagai hal, salah satunya adalah tentang buah iblis legendaris.

Menurut salah satu Gorosei, terdapat satu buah iblis legendaris saat ini. Meskipun tidak diketahui secara pasti, dan Gorosei sendiri tidak menyebutkan di mana lokasinya, namun dispekulasikan buah iblis legendaris tersebut berada di Wano. Buah iblis legendaris tersebut belum dibangkitkan kekuatan penuhnya selama berabad-abad, dan kekuatannya yang dahsyat yang kemudian dianggap legendaris.

Untuk bisa menebak buah iblis apa yang dimaksud oleh para Gorosei tersebut, ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan. Pertama, buah iblisnya sudah dipakai sejak penyerbuan ke Onigashima dimulai, dan sudah diperkenalkan juga sebelum arc Wano dimulai. Kedua, buah iblis tersebut menjadi populer karena peristiwa penyerangan ke Onigashima. Inilah yang kemudian membuat buah iblisnya “legendaris.”

Ketiga, buah iblisnya harus diketahui Cipher Pol 0. Keempat, harus sesuai dengan visual yang dihadirkan. Kelima, nama buah iblisnya berbeda dengan kekuatan yang dimiliki buah iblisnya. Berdasarkan kriteria tersebut terdapat teori bahwa buah iblis yang dimaksud oleh Gorosei adalah Kibi Kibi no Mi milik Tama. Bagaimana dengan buah iblis yang lainnya yang sudah diperkenalkan terlebih dahulu?

Buah iblis lainnya yang masuk dalam spekulasi adalah buah iblis milik Luffy, Kaido, dan Law. Pemerintah Dunia pernah memiliki Gomu Gomu 13 tahun yang lalu. Mereka juga pernah memiliki Uo Uo no Mi dan membuat buah iblis tiruannya. Ope Ope no Mi sempat muncul dalam sebuah pelelangan 13 tahun yang lalu, dan Law serta Smoker mencari tahu detail kekuatan dari Ope Ope no Mi.

Selain itu, buah iblis lainnya yang juga menjadi kandidat adalah Toki Toki no Mi milik Toki. Namun, buah iblis tersebut dianggap tidak masuk dalam kriteria yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, buah iblis Toki Toki no Mi juga tidak memiliki koneksi atau hubungan dengan pengendalian Zunesha. Toki Toki no Mi, seperti yang kita tahu, berkaitan dengan waktu sehingga tidak ada koneksinya dengan Zunesha.

Pertanyaanya kemudian bagaimana kemudian buah iblis Kibi Kibi milik Tama masuk dalam kriteria? Pertama, Tama merupakan karakter belum begitu dikenal – karena baru muncul di awal arc wano – dan kekuatannya pun tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Kedua, kekuatan Kibi Kibi pertama kali diperkenalkan di awal peristiwa pertempuran Onigashima.

Dan kekuatan dari Tama ini pun kemudian sempat diumumkan oleh para MARYs ke seluruh Onigashima. Ketiga, pasukan Cipher Pol yang ada di Onigashima, yang sedang berkomunikasi dengan Rob Lucci, tentunya mendengar informasi tersebut. Sehingga pihak Pemerintah Dunia mengetahui tentang buah iblis Kibi Kibi no mi milik Tama tersebut.

Keempat, kekuatan Kibi Kibi no Mi berkaitan dengan bagaimana Tama mengendalikan hewan – atau pemilik kekuatan hewan. Dan hal ini sesuai dengan teori yang dibahas, di mana Tama mampu mengendalikan Zunesha. Kita juga tahu bahwa buah iblis Kibi Kibi milik Tama belum dibangkitkan atau awakening. Mungkin karena Tama masih belum tahu bagaimana caranya.

Kita memang masih belum tahu bagaimana bentuk awakening dari buah iblis tersebut. Namun, bisa jadi awakening dari buah iblis Kibi Kibi milik Tama ini memungkinkan Tama untuk mengendalikan bukan hanya para pengguna buah iblis SMILE saja, melainkan juga para pemilik kekuatan Zoan dan juga bahkan orang-orang secara umum.

Tentunya dari perspektif para pemangku kebijakan dan pemerintah hal tersebut merupakan sesuatu yang mengerikan, dan menjadi ancaman besar. Buah iblis legendaris yang diungkapkan oleh para Gorosei ini sepertinya masih akan tetap menjadi misteri selama beberapa waktu kedepan. Apakah Oda Sensei akan menghadirkan informasinya dalam chapter yang akan datang? Atau justru setelah pertempuran di Onigashima selesai? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.