Memiliki kemampuan buah iblis menjadi sebuah hal yang sangat luar biasa bagi seorang karakter dalam seri One Piece. Pasalnya, buah iblis mampu memberikan kekuatan unik dan juga dahsyat kepada mereka yang memakannya. Dan dengan kekuatan tersebut, lawan kuat sekalipun akan mampu dikalahkan dengan mudah. Contoh nyatanya adalah Monkey D. Luffy.

Mereka yang sudah memiliki dan mendapatkan kekuatan buah iblis memang akan berubah menjadi sosok yang kuat. Namun, ternyata kekuatan buah iblis yang sudah kuat pun masih bisa ditingkatkan lagi levelnya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membangkitkannya atau awakening. Dalam pertempuran di Onigashima ini ada beberapa buah iblis yang diperlihatkan sudah menggunakan awakening. Siapa saja?

Trafalgar Law

Trafalgar Law merupakan salah satu bajak laut yang kekuatan buah iblisnya baru saja berhasil dibangkitkan. Hal ini bisa dilihat dalam pertarungan melawan Big Mom di arc Wano Country. Sebenarnya, Law sudah berhasil membangkitkan buah iblis Ope Ope miliknya sebelumnya, namun dia masih belum terbiasa dengan semua kekuatan tersebut.

Selain itu, menggunakan teknik awakening akan menguras kekuatannya. Inilah alasan mengapa Law hanya akan menggunakannya dalam keadaan darurat. Saat menghadapi Big Mom, teknik awakening dari Ope Ope no Mi adalah membuat Law mampu menyerang organ dalam dari musuhnya. Bahkan, Big Mom yang dikenal tidak mudah terluka dan memiliki tubuh keras sekalipun tidak berdaya ketika terkena serangan ini.

Eustass Kid

Eustass Kid juga merupakan salah satu bajak laut Worst Generation yang ada di Onigashima yang berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya, Jiki Jiki no Mi, selain Trafalgar Law. Kid juga menjadi sosok yang ikut bertarung menghadapi Big Mom dalam pertempuran di Onigashima. Seperti halnya Law, Kid masih belum biasa menggunakan kekuatan baru Jiki Jiki dan hal tersebut sangat menguras tenaganya.

Saat menghadapi Big Mom, teknik awakening dari Jiki Jiki no Mi adalah Kid membuat tubuh Lawan menjadi sebuah medan magnet yang besar seperti dirinya. Hanya saja, jika Kid mampu mengendalikan semua material besi tersebut, korbannya tidak bisa melakukan apa pun. Sehingga rasa sakit yang luar biasa akan diterima oleh korbannya.

Nico Robin

Nico Robin merupakan salah satu kru Topi Jerami yang bertarung di Onigashima. Sebelumnya, Robin diperlihatkan bertarung menghadapi salah satu Flying Six, Black Maria, setelah dia menggantikan Sanji yang tidak meminta bantuannya karena tidak bisa menghadapi wanita. Bagaimana kemudian bentuk awakening dari Hana Hana no Mi?

Yang menarik adalah kemampuan awakening dari buah iblis ini membuat Robin benar-benar berubah menjadi sosok iblis raksasa, dengan tubuh berwarna gelap. Dengan kekuatan awakening ini, Black Maria pun mampu dikalahkan dengan mudah. Tetapi, yang menjadi catatan adalah memang masih belum ada konfirmasi resmi bahwa ini adalah bentuk awakening buah iblisnya. Namun, melihat kedahsyatan kekuatan yang dihadirkan, bukan hal mustahil bahwa itu merupakan bentuk awakening Hana Hana no Mi.

Big Mom

Big Mom merupakan salah satu villain yang dihadirkan dalam arc Wano Country. Jika berbicara kekuatan, tentu rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, memang masih menjadi pertanyaan besar apakah Big Mom sudah berhasil membangkitkan buah iblis Soru Soru miliknya. Tetapi, dari apa yang diperlihatkan dalam pertarungan menghadapi Kid dan Law, sepertinya Big Mom sudah berhasil melakukannya.

Setelah terkena serangan awakening dari Law dan Kid, Big Mom mengakui bahwa sudah puluhan tahun dia tidak merasakan sakit yang luar biasa. Dia pun kemudian menggunakan kekuatan Soru Soru untuk merubah besi-besi yang menimpanya menjadi Homies. Dan yang paling epik adalah dia menggunakan jatah hidupnya satu tahun untuk meningkatkan kekuatannya. Rasanya ini bisa menjadi bukti Big Mom sudah berhasil membangkitkan buah iblisnya.

Kaido

Kaido merupakan villain utama dari arc Wano Country yang saat ini sedang bertarung menghadapi Luffy. Kaido sendiri memiliki kekuatan buah iblis Uo Uo no Mi, Model: Seiryuu, yang membuatnya mampu untuk berubah menjadi seekor naga raksasa. Buah iblis ini diketahui diberikan oleh Big Mom setelah kekalahannya di God Valley.

Memang masih belum ada konfirmasi juga bahwa buah iblis Kaido ini sudah berhasil dibangkitkan. Namun, Uo Uo no Mi diketahui adalah buah iblis berjenis air pertama di serinya, mengingat Uo sendiri adalah jenis ikan di Jepang. Bagaimana kemudian Kaido bisa berubah dari “ikan” menjadi “naga” kemungkinan adalah karena dia berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya.

Dengan berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis, artinya si pengguna sudah berhasil meningkatkan kekuatan buah iblis tersebut ke level yang maksimal. Namun, memang harus diakui bahwa tidak semua orang atau pemilik buah iblis akan mampu melakukannya. Dan di arc Wano, kita melihat kedahsyatan buah iblis dari beberapa karakter yang juga luar biasa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.