Negara Wano dikenal sebagai negara yang sangat tertutup dan terisolir dibandingkan seluruh wilayah atau pulau lainnya yang ada di cerita One Piece. Masih belum diketahui apa yang terjadi pada zaman dahulu sehingga membuat Wano menjadi negara yang terisolir, namun berdasarkan cerita kilas balik Kozuki Oden, semua hal itu ada kaitannya dengan klan Kozuki.

Saat ini, Wano sedang berada di bawah kekuasaan Kaido setelah Orochi mengambil alih secara paksa kekuasaan tersebut. Terlepas dari semua apa yang terjadi saat ini, sebenarnya Wano adalah sebuah wilayah yang sangat menyenangkan. Terdapat enam klan yang berkuasa atau menguasai wilayah di Wano. Siapa saja mereka?

Klan Kozuki

Klan Kozuki merupakan klan yang berkuasa di wilayah Wano sejak dahulu. Bahkan, bisa dibilang bahwa klan Kozuki serta wilayah Wano memiliki sejarah panjang bersama-sama. Sebelum jatuh dan diambil alih oleh Kurozumi Orochi, Shogun atau penguasa Wano dipegang oleh Kozuki Sukiyaki, ayah dari Kozuki Oden. Jika saja Orochi tidak mengambil alih kekuasaan, maka Oden yang akan menjadi Shogun selanjutnya.

Dan sebelum Sukiyaki pun klan Kozuki sudah berkuasa sejak lama. Sampai saat ini, klan Kozuki masih menyisakan dua orang yaitu Kozuki Momonosuke dan Kozuki Hiyori. Keduanya merupakan keturunan dari Oden dan Toki. Selain menjadi klan yang membangun wilayah Wano, klan Kozuki juga diketahui menjadi klan yang menciptakan Poneglyph beserta tulisannya.

Klan Uzuki

Klan Uzuki adalah salah satu klan yang dihormati atau besar di wilayah Wano. Nama klan Uzuki sendiri pertama kali disebutkan oleh Kurozumi Higurashi, yang merupakan pemakan buah iblis Mane Mane no Mi, saat membahas bersama Orochi tentang rencana mengambil alih kekuasaan di Wano. Dan sejauh ini, baru satu orang yang diperkenalkan menjadi bagian dari klan Uzuki, yaitu Uzuki Tempura.

Uzuki Tempura sendiri merupakan salah satu Daimyo atau samurai yang dikurung di penjara batu milik Kaido, selain Ushimaru dan juga Yamato kecil. Uzuki Tempura sendiri ikut membantu Ushimaru saat bertarung menghadapi Kaido, karena dia sadar waktu yang ditentukan dalam jurnal Kozuki Oden dianggap tidak cukup. Banyak fans berasumsi bahwa Uzuki tewas dalam penyerangan tersebut.

Klan Fugetsu

Sama seperti halnya klan Uzuki, klan Fugetsu merupakan salah satu klan yang besar di Wano dan juga mengabdi kepada Shogun Kozuki Sukiyaki. Juga, sejauh ini baru satu orang saja yang diketahui berasal dari klan ini yaitu Fugetsu Omusubi. Omusubi merupakan Daimyo di wilayah Kibi. Omusubi juga merupakan salah satu Daimyo dan samurai yang dikurung di penjara batu Kaido, selain Ushimaru dan Tempura. Omusubi juga diyakini sudah tewas dalam upaya penyerangan terhadap Kaido.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.