Seiring dengan semakin intensnya pertempuran di Onigashima, banyak dari para karakter yang terlibat dalam pertempuran tersebut mengalami peningkatan kekuatan. Contohnya, Sanji yang mengalami peningkatan kekuatan sehingga dia bisa mengalahkan Queen. Kemudian Zoro, yang mengalami peningkatan kekuatan, yang membuat dia bisa mengalahkan King. Dan kita juga melihat tentunya bagaimana Law dan Kid menggunakan kekuatan awakening buah iblisnya untuk menyerang Big Mom.

Bagaimana dengan Luffy? Luffy juga mengalami peningkatan kekuatan, terutama dalam hal Haki. Di awal pertarungannya dengan Kaido, Luffy sempat kalah beberapa kali di mana dia tidak sadarkan diri dengan hanya satu serangan Kaido. Bahkan, Luffy juga sempat terjatuh dari Onigashima, sebelum kemudian dia berhasil diselamatkan oleh kru bajak laut Hati.

Luffy kemudian berhasil kembali ke Onigashima, dan yang paling menonjol adalah bagaimana Luffy menyadari bahwa Kaido menggunakan Advanced Conqueror Haki untuk melapisi serangannya dan juga bertahan. Luffy pun melakukan hal yang sama, yang mana hal tersebut ternyata ampuh membuat Kaido melemah. Buktinya adalah awan api yang mengelilingi Onigashima perlahan mulai menipis.

Peningkatan kekuatan tersebut membuat sebagian fans meyakini bahwa Luffy sekarang berada di level yang sama dengan para Yonko. Dan karena hal ini juga, sebagian fans lainnya meyakini bahwa Luffy memiliki kekuatan yang setara dengan sosok Shanks. Namun, apakah memang kekuatan Luffy sudah sama seperti Shanks?

Di awal pertemuan Luffy dengan Shanks, Luffy sempat berjanji kepada Shanks bahwa mereka akan kembali bertemu setelah Luffy membuktikan bahwa dia adalah sosok bajak laut yang hebat. Dia ingin melampaui kekuatan Shanks, dan kemudian menjadi seorang raja bajak laut. Dan seperti yang diungkapkan oleh Shanks, mungkin waktu pertemuan mereka sudah semakin dekat.

Bisakah Luffy Menghadapi Shanks? Itulah pertanyaan besarnya saat ini. Sejak Shanks memberikan topi jeraminya kepada Luffy pada 22 tahun yang lalu, Luffy sekarang sudah sangat berkembang pesat terutama dalam hal kekuatan. Dari yang awalnya Luffy hanya bisa menggunakan Gear Second sebagai kekuatan utamanya, mampu menggunakan Haki secara tidak sengaja, memiliki Gear Fourth, mampu melihat ke masa depan, dan sekarang Luffy menguasai Advanced Conqueror Haki.

Apakah Luffy bisa menghadapi Shanks? Dengan kekuatannya saat ini, Luffy setidaknya mampu menyeimbangkan kekuatannya dengan Shanks. Teknik Advanced Conqueror Haki, menjadi bukti puncak kekuatan Luffy untuk saat ini. Dengan teknik tersebut, Luffy pada akhirnya mampu melukai Kaido dan perlahan memperlemahnya.

Luffy sendiri merupakan salah satu dari sedikit orang yang mampu menguasai seluruh jenis Haki. Penggunaan buah iblis Gomu Gomunya pun mampu dia kembangkan dengan baik, sehingga hal ini bisa berguna dalam situasi apa pun. Berdasarkan semua penjelasan di atas, logikanya jika kemudian Luffy mampu melukai sosok “makhluk paling kuat di dunia” terlepas dari Kaido sebelumnya sudah mendapatkan banyak serangan hebat, artinya Luffy juga bisa melukai Shanks.

Namun, meskipun Luffy memiliki kekuatan yang sanggup untuk melukai sosok Shanks, Luffy masih kekurangan satu hal yaitu daya tahan. Daya tahan Luffy dalam beberapa pertarungan hebat yang dia alami – seperti menghadapi Rob Lucci atau pun Charlotte Katakuri – Patut diacungi jempol. Luffy juga tidak pernah menyerah dalam setiap pertarungan.

Level daya tahan dari Luffy rasanya masih belum berada di level yang sama dengan daya tahan para Yonko lainnya. Kaido adalah contoh nyata dalam hal ini. Dia bertarung menghadapi Zoro, Luffy, Kid, Law, dan Killer serta para Red Scabbards. Kaido menerima semua serangan mereka. Kaido juga menggunakan kekuatannya untuk menahan Onigashima, dan masih sanggup bertarung menghadapi Luffy.

Artinya daya tahan Kaido benar-benar sangat monster. Apakah Luffy akan sanggup melakukan hal yang sama? Rasanya tidak. Level pertahanan dan daya tahan Luffy masih belum sanggup untuk bisa berada di level yang sama. Yang juga menjadi pertimbangan adalah kru yang dimiliki oleh keduanya.

Dalam chapter 957, angkatan laut mengatakan bahwa kelompok bajak laut Shanks adalah kelompok bajak laut yang paing seimbang dan paling sulit dikalahkan. Mengapa? Karena level kekuatan antar para kru tidak terlalu jauh alias seimbang. Meskipun Shanks yang paling kuat, tetapi level kekuatan Lucky Roo atau pun Benn Beckman tidak jauh berbeda dengan Shanks.

Di sisi lain, kelompok Topi Jerami berbeda dengan kelompok Shanks. Ada perbedaan kekuatan yang muncul di kelompok ini. Contohnya kita mengenal trio monster, tiga karakter yang paling kuat. Sementara yang lainnya tidak memiliki level kekuatan yang sama. Contohnya adalah Chopper, Nami, dan Usopp.

Jadi, kesimpulannya adalah ketika Luffy akhirnya kembali bertemu dengan Shanks, dia akan memiliki kekuatan yang hampir setara dengan Shanks. Mungkin Shanks masih sedikit lebih unggul dari Luffy, tetapi hal itu bukan berarti Luffy sama sekali tidak memberikan perlawanan yang hebat dalam pertarungannya.

Setelah kekalahan Kaido oleh Luffy, dunia di seri One Piece pastinya tidak akan sama lagi. Pemerintah Dunia mau tidak mau harus mengakui Luffy sebagai salah satu yang terkuat di lautan. Untuk saat ini, Luffy bisa diakui mampu menandingi Shanks dalam pertarungan. Terlepas dari apakah Luffy akan menang atau kalah, Luffy pada akhirnya akan memenuhi janjinya terhadap Shanks.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.