Kreator dari seri One Piece, Eiichiro Oda, sudah mengatakan bahwa petualangan kelompok Topi Jerami akan segera berakhir dalam waktu lima tahun kedepan. Dan saat ini, Luffy dan kelompok Topi Jerami sedang berada dalam pertempuran besar di Onigashima yang terjadi di arc Wano Country. Arc Wano sendiri digadang-gadang sebagai arc paling epik saat ini.

Hal ini dikarenakan menurut Oda Sensei, skala pertempuran yang dihadirkan di arcnya jauh lebih besar dibandingkan pertempuran puncak di Marineford. Kemudian juga lebih banyak pihak yang terlibat dalam pertempuran di arc Wano, dibandingkan di arc Marineford. Selain skala pertempuran, berbagai informasi penting juga dihadirkan dalam arc Wano seperti kilas balik Kozuki Oden.

Namun, sepertinya pertempuran yang terjadi di Wano saat ini masih akan kalah besar dengan pertempuran yang akan datang pasca arc Wano. Oda mengatakan bahwa pertempuran yang paling besar dalam sejarah akan segera terjadi dalam beberapa waktu kedepan. Hal ini diketahui berdasarkan hasil wawancara dengan Eiichiro Oda.

Dalam SBS Vol 97, Oda Sensei mengatakan bahwa perang terbesar dalam sejarah One Piece akan segera terjadi pasca Wano. Pertempuran di Wano saat ini sendiri memang bisa dibilang yang paling besar, untuk saat ini. Dengan terlibatnya berbagai pihak seperti Yonko, CP-0, bajak laut, dan sebagainya, wajar memang jika kemudian skalanya jauh lebih besar dibandingkan pertempuran puncak di Marineford.

Tetapi, yang kemudian menjadi pertanyaan adalah dengan skala yang jauh lebih besar dari arc Wano, pertempuran seperti apa yang akan dihadirkan nanti? Siapa lawan siapa? Sebenarnya, ada banyak teori yang berkembang di kalangan fans bahwa pasca arc Wano, maka cerita selanjutnya adalah Elbaf. Hal ini dikarenakan para suku raksasa belum diceritakan secara penuh, meskipun mereka sudah diperkenalkan sejak lama.

Teorinya juga menyebutkan bahwa ada peran Usopp yang sudah berjanji kepada para raksasa, sehingga pasca arc Wano cerita yang dihadirkan selanjutnya akan berfokus pada suku raksasa. Selain arc Elbaf dan juga tentang para raksasa, teori lainnya yang juga paling masuk akal adalah pertempuran menghadapi Pemerintah Dunia dan Im.

Pemerintah Dunia banyak diprediksi akan menjadi musuh terakhir bagi Luffy dan kelompok Topi Jerami. Pemerintah Dunia sendiri saat ini sudah mulai bergerak setelah sebelumnya mereka lebih banyak diam dan mengawasi situasi. Dimulai dengan adanya dugaan keterlibatan mereka dalam insiden di Alabasta pasca Reverie, sampai pertempuran besar di Onigashima.

Sering kali disebutkan bahwa tujuan dari dibentuknya Pemerintah Dunua adalah untuk menjaga keseimbangan dunia, dan menjaga perdamaian. Tetapi, ironisnya, mereka tidak benar-benar menghadirkan keseimbangan dunia demi perdamaian. Pemerintah Dunia selalu berusaha untuk tetap menjaga apa yang sudah ada saat ini, contohnya adalah sistem Yonko.

Pemerintah Dunia diyakini rela melakukan apa pun untuk mempertahankan kekuasaan yang mereka miliki saat ini. Karena hal itulah Luffy dan kelompok Topi Jerami dianggap sebagai ancaman besar bagi Pemerintah Dunia, dan juga angkatan laut yang memiliki pemahaman serupa dengan pihak Pemerintah Dunia.

Seperti yang kita ketahui, Luffy sangat tidak senang bagaimana sistem yang dibuat Pemerintah Dunia justru membuat banyak orang menderita. Inilah yang kemudian membuat para fans meyakini bahwa Luffy akan menghancurkan sistem tersebut. Dan Luffy sendiri sebenarnya sudah melakukan hal tersebut sejak awal. Misalnya dengan menerobos ke penjara dan fasilitas milik Pemerintah Dunia.

Bahkan, mereka juga sempat menantang perang kepada pihak Pemerintah Dunia dalam arc Enies Lobby. Jadi, rasanya masuk akal jika pertempuran paling besar dalam sejarah One Piece akan terjadi pasca Wano, dan yang akan terlibat dalam pertempuran tersebut adalah kelompok Topi Jerami dan aliansinya serta pihak Pemerintah Dunia. Ini mungkin akan menjadi puncak cerita dari serinya. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.