Para empat penguasa samudra alias Yonko merupakan bajak laut yang dianggap paling kuat di dunia. Posisi mereka hanya berada satu level di bawah raja bajak laut. Hal inilah yang membuat para Yonko juga dianggap sebagai orang-orang yang paling dekat dengan One Piece dan titel raja bajak laut selanjutnya.

Tetapi, sayangnya, sampai saat ini belum ada salah satu dari keempat Yonko yang melanjutkan apa yang dicapai oleh Gol D. Roger sebelumnya, terlepas dari motivasi mereka untuk menolak pergi ke Laugh Tale dan mendapatkan titel raja bajak laut. Karena menjadi bajak laut yang terkuat, untuk masalah kekuatan tentunya keempat bajak laut ini tidak perlu diragukan lagi.

Kemampuan buah iblis mereka sangatlah dahsyat, bahkan bukan hanya kemampuan buah iblis. Kekuatan Haki mereka juga dahsyat. Bahkan, para Yonko diketahui merupakan pengguna tiga jenis Haki, yang mana tidak semua orang mampu melakukannya. Dengan para Yonko memiliki titel sebagai bajak laut terkuat, tentunya Geeks semua penasaran siapa yang paling kuat diantara mereka.

Jika berbicara mengenai kecerdasan, maka sosok Marshall D. Teach alias Blackbeard adalah juaranya. Sedari awal, kita melihat bagaimana Blackbeard adalah sosok yang memang cerdas dalam menyusun strategi atau rencana. Bahkan, dia rela bersabar selama puluhan tahun di kapal milik Whitebeard sampai kemudian dia melakukan kejahatan dan kabur dari krunya.

Kemudian, apa yang diperlihatkan oleh Blackbeard dengan menyusun rencana untuk membunuh Whitebeard, dengan menggunakan Ace sebagai umpan, memperlihatkan bagaimana Blackbeard sangat cerdas dalam menentukan pergerakan atau langkahnya. Jika kemudian berbicara mengenai kekuatan, maka Kaido adalah pemenangnya.

Kaido diketahui memiliki julukan “makhluk paling kuat di dunia” dan sejauh ini tidak banyak orang yang berhasil melukainya atau membunuhnya, selain Kozuki Oden. Kaido memang pernah ditangkap dan kalah sebanyak tujuh kali, tetapi, hal itu tidak bisa melepaskan fakta bahwa dalam hal daya tahan dan kekuatan fisik maka Kaido adalah juaranya. Selain memiliki kekuatan fisik dan daya tahan yang mengerikan, Kaido juga memiliki jumlah pasukan paling banyak.

Bahkan, jumlah pasukan Kaido jauh melebihi pasukan Big Mom. Jumlah pasukan Kaido sendiri diketahui mencapai 30.000 orang. Hal ini diketahui dari momen penyerangan aliansi Topi Jerami ke Onigashima. Kemudian, jika berbicara karisma, maka Shanks adalah juaranya. Shanks diketahui begitu dihormati oleh semua orang, bahkan angkatan laut dan Pemerintah Dunia.

Sampai saat ini, masih menjadi misteri apa yang membuat Shanks begitu dihormati banyak orang. Apakah ada kaitannya dengan asal-usul Shanks? Apakah ada kaitannya dengan kekuatannya? Atau ada faktor lain? Shanks juga sebenarnya memiliki kekuatan yang dahsyat, terutama dalam hal penggunaan Haki. Sudah ada beberapa bukti mengenai kekuatan Haki Shanks, seperti saat dia pergi ke kapal Whitebeard.

Jadi, kesimpulannya? Diantara keempat Yonko yang ada di cerita One Piece saat ini, bisa dibilang Kaido adalah Yonko yang paling kuat khususnya dalam hal kekuatan dan daya tahan. Dia memiliki kekuatan buah iblis Uo Uo no Mi, Model: Seiryuu yang bisa mengubahnya menjadi seekor naga raksasa. Kemampuan fisiknya juga sangat luar biasa, bahkan dia berulang kali dia berusaha mengakhiri nyawanya namun gagal.

Kaido mungkin tidak memiliki banyak wilayah kekuasaan, tetapi Kaido tahu bagaimana memanfaatkan wilayah kekuasaanya untuk berbagai keuntungan. Contohnya adalah membangun pabrik senjata dan kemudian dijual lagi ke berbagai kelompok, termasuk Pemerintah Dunia. Terlepas dari hal tersebut, perlu diingat bahwa penilaiannya sendiri berdasarkan dari aspek-aspek yang disebutkan di atas.

Pada dasarnya, para Yonko merupakan sosok yang dahsyat. Dan jika mereka berperang, situasinya akan menjadi deadlock karena sama-sama kuat. Karena ini juga, selama puluhan tahun para Yonko tidak pernah ada yang saling serang satu sama lain. Bagaimana menurut kalian Geeks? Apakah kalian setuju dengan penilaian di atas?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.