Menjadi raja bajak laut adalah impian dan tujuan dari hampir setiap bajak laut yang ada dalam cerita One Piece. Bahkan, karakter protagonis utama dalam serinya, Monkey D. Luffy, pun bercita-cita untuk menjadi seorang raja bajak laut. Sampai sejauh ini, baru satu orang yang berhasil mewujudkan hal tersebut yaitu Gol D. Roger.

Meskipun menjadi raja bajak laut adalah impian dari semua bajak laut, pada faktanya tidak semua orang bisa mewujudkan hal tersebut. Hal ini dikarenakan ada beberapa hal yang harus terlebih dahulu dipenuhi untuk bisa menjadi seorang raja bajak laut. Lalu, apa saja hal-hal yang harus dipenuhi oleh mereka yang ingin menjadi seorang raja bajak laut?

Menjadi yang Terkuat

Hal pertama dan menjadi salah satu hal yang wajib dipenuhi untuk bisa menjadi seorang raja bajak laut adalah menjadi yang terkuat. Menjadi raja bajak laut artinya menjadi yang paling kuat diantara para bajak laut lainnya yang ada di dunia. Bagaimana mungkin seorang bajak laut bisa menjadi raja bajak laut, jika kemudian kekuatan atau kemampuannya justru tidak lebih kuat dari yang lain.

Dengan kemampuan dan kekuatan yang dahsyat, seorang bajak laut tentunya akan sanggup untuk bisa menghadapi berbagai rintangan yang ada. Misalnya, saat ini Luffy harus menhadapi salah satu dari Yonkou alias penguasa samudra. Jika seorang bajak laut tidak memiliki kemampuan untuk bisa menghadapi musuh, seperti menghadapi Kaido, bagaimana kemudian dia bisa melanjutkan perjalanannya?

Memiliki Kru Bajak Laut

Kekuatan dalam hal jumlah menjadi salah satu poin penting lainnya untuk bisa menjadi penguasa di lautan. Dan seperti disebutkan di poin atas, ada banyak rintangan yang harus dihadapi oleh seorang bajak laut untuk bisa menjadi raja bajak laut. Menjadi seorang raja bajak laut adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan sendiri. Butuh bantuan dari kekuatan lainnya untuk bisa mewujudkan hal tersebut.

Karena itulah menjadi sesuatu yang logis bagi seseorang untuk bisa merekrut sebanyak mungkin kru, yang bisa ikut berlayar bersama. Apakah jumlah krunya harus banyak? Untuk hal ini, sebenarnya masih menjadi perdebatan. Karena, Roger sendiri pun tidak memiliki banyak kru. Tetapi, yang menjadi catatan adalah semua kru Roger memiliki kemampuan yang dahsyat.

Memiliki Wilayah Kekuasaan

Seperti halnya para Yonko, raja bajak laut juga memiliki wilayah kekuasaan. Bahkan, Roger sendiri sempat memiliki beberapa wilayah yang bernaung di bawah namanya. Contohnya adalah pulau manusia ikan dan juga Zou. Tetapi, memang, harus diakui bahwa dalam ceritanya Roger tidak terlalu mengagung-agungkan wilayah kekuasaannya, meskipun dia sudah menjadi raja bajak laut. Yang pasti, menjadi raja bajak laut membuat dia memiliki wilayah kekuasaan.

Berpikiran Bebas

Monkey D. Luffy pernah mengatakan bahwa raja bajak laut bukanlah orang yang paling kuat di lautan atau pun orang yang paling kaya dengan hartanya. Raja bajak laut adalah orang yang paling bebas di lautan. Meskipun ada yang harus disanggah, terutama pada bagian menjadi yang paling kuat, tetapi untuk menjadi yang paling bebas memang menjadi salah satu hal yang dibutuhkan.

Hal ini pun sudah diperlihatkan dalam ceritanya, dan direferensikan beberapa kali. Selain sosok Luffy, Roger juga diketahui merupakan sosok yang paling bebas. Dan dengan menjadi seorang raja bajak laut, itu menjadi puncak dari kebebasan Roger. Ini pula yang dirasakan oleh Luffy, di mana dia menjadi sosok yang berpikiran bebas dari seluruh karakter yang ada seperti para Worst Generation, atau para Yonko sekalipun.

Memiliki Road Poneglyph

Menjadi yang terkuat, berpikiran bebas, atau pun memiliki jumlah kru yang besar tidak akan cukup untuk menjadi raja bajak laut, jika seseorang tidak memiliki seluruh rangkaian dari Road Poneglyph. Road Poneglyph sendiri adalah artfeak kuno yang berbeda dengan Poneglyph pada umumnya. Jumlahnya ada empat buah, dan semuanya saling berkaitan satu sama lain.

Keempat Road Poneglyph tersebut berisi petunjuk dan berbagai hal penting lainnya yang dibutuhkan oleh seseorang untuk bisa pergi ke Laugh Tale, pulau terakhir sekaligus pulau yang menjadi tujuan utama dari semua petualangan menjadi raja bajak laut. Tanpa ada bantuan dari Road Poneglyph, maka kecil kemungkinannya seorang bajak laut akan menemukan Laugh Tale.

Sampai sejauh ini, titel raja bajak laut masih dipegang oleh satu orang. Namun, masih belum diketahui apakah sebelum era Roger ada orang lainnya yang berhasil untuk pergi ke Laugh Tale dan menjadi sosok raja bajak laut. Satu hal yang pasti, tidak mudah untuk bisa mendapatkan gelar tersebut. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipenuhi terlebih dahulu. Apakah Luffy akan sanggup memenuhi semua persyaratannya? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.