Seluruh fans dari franchise Naruto sudah memperlihatkan kekhawatiran mereka akan kematian sang protagonis utama, sejak seri Boruto: Naruto Next Generation dimulai. Dan kekhawatiran itu semakin menjadi-jadi ketika Naruto bertarung melawan Isshiki Otsutsuki dan menggunakan Baryon Mode. Saat itu, Kurama mengatakan bahwa teknik Baryon Mode akan membuat nyawanya menghilang. Namun, Naruto sendiri tidak peduli.

Faktanya, yang terjadi justru Kurama yang tewas. Dalam chapter 55 kemarin diperlihatkan bagaimana Kurama tewas, karena ternyata Baryon Mode bukan menggunakan kemampuan atau chakra dari Naruto dan Kurama, melainkan seluruhnya menggunakan chakra Kurama. Dalam alam bawah sadar Naruto, Kurama pun kemudian berpamitan kepada sahabat dan rekannya tersebut. Dan tidak ada yang bisa dilakukan oleh Naruto terkait hal itu.

Kematian Kurama Bagi Level Kekuatan Naruto

Untuk sebuah alasan yang sudah sangat jelas, kematian dari Kurama tentunya sangat memiliki dampak yang sangat besar bukan hanya bagi kekuatan Naruto, tetapi juga seluruh dunia shinobi. Status Naruto sebagai sang “Pahlawan Perang” dan “Shinobi Terkuat di Dunia” menjadi bukti upaya Naruto yang membangun perdamaian yang terjadi di seri Boruto saat ini.

Yang menarik adalah apa yang terjadi saat ini sangat mirip dengan apa yang terjadi pada masa lalu, saat lima desa ninja besar pertama kali dibangun. Hokage pertama, Hashirama Senju, benar-benar sangat kuat. Dia berhasil menangkap seluruh bijuu yang ada, dan kemudian menyerahkannya ke desa ninja lainnya demi menjaga keseimbangan dunia. Dan semua orang setuju dengan kebijakan yang dia buat.

Tetapi, sesuatu yang buruk mulai terjadi setelah kematiannya. Saat era sang adik, Tobirama Senju, rasa tidak percaya mulai muncul diantara para klan yang ada di desa ninja. Mungkin hal ini juga akan terjadi ketika Naruto sudah tidak ada lagi, atau ketika yang tewas saat menghadapi Isshiki adalah Naruto. Untuk saat ini, kita memang masih belum tahu sekuat apa Naruto setelah ditinggal Kurama.

Dalam chapter 64 kemarin, kita melihat bagaimana Naruto masih mampu menggunakan Sage Mode untuk melacak keberadaan Boruto. Tetapi, kita masih belum melihat sekuat apa Naruto dalam bertarung. Mungkin, dalam pertarungan menghadapi Code nanti kita akan tahu seperti apa level kekuatan Naruto saat ini.

Apakah Kurama Bisa Kembali?

Inilah yang kemudian banyak ditanyakan oleh para fans setelah mengetahui Kurama tewas dalam pertarungan melawan Isshiki. Para fans sendiri banyak berdebat terkait hal ini. Ada yang mengatakan bahwa Kurama bisa dihidupkan kembali, dan ada juga yang mengatakan bahwa hal itu mustahil untuk dilakukan. Pertanyaan tersebut memang cukup kompleks untuk dicari jawaban pastinya.

Kurama dan para monster berekor lainnya pada awalnya diciptakan oleh Hagoromo Otsutsuki ketika dia sudah berhasil mengalahkan monster ekor sepuluh. Hagoromo kemudian menyebarkan para monster tersebut ke berbagai penjuru dunia. Yang menarik dalam seri Boruto, Isshiki menyimpan monster ekor 10 miliknya di dimensi lain, yang mana saat itu dijaga oleh Code.

Terdapat sebuah teori bahwa dengan Naruto dan Sasuke yang memiliki chakra Yin Yang, serta penguasaan Sage Mode, keduanya bisa saja melakukan apa yang pernah dilakukan oleh Hagoromo dahulu, yaitu menghancurkan chakra monster ekor sepuluh. Dan jika kemudian hal itu berhasil, maka Naruto pun bisa kembali menjadi Jinchuriki bagi sang monster ekor sembilan versi baru.

Meskipun begitu, kemungkinan besar bahwa Kurama tidak akan kembali atau dihidupkan lagi dari monster ekor sepuluh lainnya. Sejak awal manganya, serinya sudah berusaha untuk menghadirkan sosok Boruto dan Kawaki sebagai duo protagonis baru untuk menggantikan Sasuke dan Naruto. Artinya, sudah waktunya ada pergantian masa dari generasi lama ke generasi baru. Lagipula, ini juga tema yang dihadirkan oleh Kishimoto dalam seri Boruto. Karena itulah sangat kecil kemungkinan bahwa Kurama akan kembali muncul atau dibangkitkan lagi, karena sudah waktunya fokus cerita bergeser kepada Boruto dan Kawaki.

Kurama dan Naruto memang sudah menjadi duo karakter ikonik dari franchisenya. Meskipun begitu, kita tidak bisa terus menerus berada di satu tema yang sama, apalagi kini serinya menghadirkan sekuel yang menghadirkan generasi baru. Memang masih belum diketahui apa yang akan terjadi selanjutnya, namun patut untuk dinantikan apa yang bisa dihadirkan dari seri sekuel ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.