Seri manga Boruto: Naruto Next Generations chapter 64 mengungkapkan hal mengejutkan kepada para fans. Boruto diperlihatkan berhasil menggunakan kekuatan Otsutsuki dengan segel Karma yang ada di tubuhnya tanpa Momoshiki mengambil alih kesadaran dari Boruto. Namun, di akhir chapternya kemudian kita melihat bagaimana Boruto tiba-tiba tidak sadarkan diri. Hal tersebut memunculkan banyak spekulasi di kalangan fans.

Sebagian fans beranggapan bahwa apa yang terjadi kepada Boruto merupakan efek samping dari obat yang dia makan, yang sebelumnya diberikan oleh Amado. Ada juga yang beranggapan bahwa Momoshiki akan kembali bangkit di tubuh Boruto. Jika memang demikian, apakah Naruto akan mampu menghentikannya? Apakah Naruto akan sanggup membunuh Boruto?

Dalam animenya sendiri bahkan Sasuke bertanya kepada Sarada apakah dia siap untuk membunuh Boruto jika suatu hari tubuhnya diambil alih lagi oleh Momoshiki dan berbuat kekacauan. Sarada kemudian meyakinkan sang ayah bahwa dia akan melakukan apa pun untuk bisa menghentikan Momoshiki, meskipun hal tersebut artinya harus membunuh teman baiknya.

Sasuke juga bahkan memiliki percakapan yang sama dengan Boruto, ketika Isshiki bangkit di tubuh Jigen. Sasuke meyakinkan bahwa dia akan menghabisi Boruto jika semuanya di luar kendali, karena Naruto mungkin tidak akan mau melakukannya. Dalam seri Naruto Shippuden, ketika Sasuke menghilang, Naruto sempat ditanya oleh Gaara apakah dia akan melakukan apa pun untuk menjadi seorang Hokage, meskipun hal itu harus membuat nyawa temannya menghilang.

Dan kemudian kita melihat bagaimana Naruto tidak mampu menghadapi situasi tersebut. Tidak diragukan lagi bahwa Naruto sudah tumbuh menjadi sosok yang kuat dan bijak dengan usianya yang sudah tidak lagi muda. Apalagi, saat ini dia adalah seorang Hokage, yang bertanggung jawab atas nyawa para penduduk Konoha.

Dalam chapter 57, Naruto sempat mengatakan kepada semua Kage bahwa dia akan melakukan apa pun untuk menghentikan Boruto, sebagai seorang Kage. Bahkan, dia siap untuk menghabisi nyawa anaknya sendiri. Sekarang, dengan apa yang terjadi di chapter 64 di mana ada kemungkinan Momoshiki bangkit kembali, para fans pun bertanya-tanya apakah Naruto memang akan benar-benar rela membunuh anaknya sendiri.

Dan rasanya jawabannya sendiri sudah bisa ditebak, yaitu tidak. Naruto tidak akan bisa dan tidak akan rela menghabisi nyawa anaknya sendiri. Ada dua alasan untuk menjawab hal tersebut. Pertama, Boruto “dilindungi” oleh plot armor. Kedua, kita melihat bagaimana momen di awal serinya ketika Boruto remaja diperlihatkan masih hidup. Boruto bertarung menghadapi sosok Kawaki yang juga sudah remaja. Itu berarti Boruto tidak akan mati, dan kemungkinan terus hidup hingga serinya berakhir.

Dengan sosok Code yang juga merupakan ancaman dan ada di lokasi pertarungan, Naruto mungkin tidak akan memiliki waktu untuk menunggu dan menantikan bagaimana situasinya berjalan. Masih menjadi perdebatan apakah Naruto tanpa Kurama akan sanggup menghadapi Momoshiki. Sehingga, lebih masuk akal jika dia berhadapan dengan Code terlebih dahulu, dan memaksanya untuk pergi.

Ada juga pertanyaan besar yang muncul terkait sosok Kawaki, di mana diperlihatkan di awal serinya bahwa Kawaki bertarung menghadapi Boruto. Apakah yang sedang Kawaki hadapi tersebut adalah Boruto? Atau justru Momoshiki yang sudah mengambil alih tubuh Boruto? Pertarungan antara Naruto dan Momoshiki tentunya akan menjadi pertarungan hidup dan mati.

Bagaimana nasib Boruto kedepannya memang masih menjadi misteri dan menjadi pertanyaan besar sebagian para fans. Dalam artikel sebelumnya sempat juga dibahas bahwa tidak butuh waktu lama lagi bagi Momoshiki untuk mengambil alih tubuh Boruto. Pasalnya, proses Otsutsukifikasinya sendiri sudah mencapai 80 persen. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi pada Boruto di chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.