Seperti yang kita ketahui, pihak angkatan laut masih sangat ragu untuk bisa mengirimkan pasukan mereka ke Wano dan terlibat dalam pertempuran di Onigashima. Mereka masih belum mengetahui seberapa kuat para samurai Wano, dan mereka pun tidak tahu banyak informasi mengenai situasi yang terjadi di sana. Namun, dengan kabar munculnya pasukan CP-0 lainnya di Onigashima, apakah artinya pihak angkatan laut akhirnya akan pergi menuju Wano?

Perang besar di Onigashima menjadi cerita puncak dari arc Wano Country. Menurut Eiichiro Oda, perang di Onigashima ini akan menjadi perang terbesar yang pernah ada dalam sejarah One Piece dengan skalanya yang lebih masif dari perang di Marineford. Jika dilihat, memang wajar jika Oda Sensei kemudian menyebut perang ini perang yang paling besar.

Pertama dari jumlah pasukan yang terlibat di dalamnya. Kaido sendiri memiliki pasukan sekitar 30.000 orang sedangkan pasukan aliansi Luffy hanya kurang dari 10.000 orang. Kedua, karakter yang terlibat dalam pertempuran ini bukanlah karakter biasa. Ada dua Yonko dan beberapa Supernova yang ikut bertempur.

Belum lagi ada sosok “legendaris” seperti Marco dan Izo, yang merupakan mantan anak buah Whitebeard. Hal itu membuat banyak fans bertanya-tanya apakah angkatan laut akan terlibat dalam pertempuran ini? Seperti yang diungkapkan oleh Sakazuki, kekuatan armada mereka saat ini sedang tidak dalam keadaan sempurna karena harus disebar ke seluruh penjuru lautan.

Sebagian armada angkatan laut ditugaskan untuk menangkap para Shichibukai, yang kini statusnya sama seperti bajak laut lainnya. Selain itu, Sakazuki sendiri sadar bahwa ada banyak “misteri” tentang Wano. Tetapi, kemungkinan hal tersebut akan berubah setelah apa yang diperlihatkan pada chapter 1028 kemarin.

Dalam chapternya diperlihatkan bagaimana pihak dari agen Pemerintah Dunia, CP-0, mengirimkan pasukannya ke Wano meskipun tidak dalam jumlah yang besar. Mereka memiliki dua tujuan, yaitu mengambil alih Wano dan menjadikan Wano sebagai wilayah kekuasaan mereka jika Kaido kalah dalam pertempuran, dan menangkap kembali Nico Robin.

Dengan situasi yang terjadi saat ini, di mana munculnya pasukan dari Pemerintah ke Wano, artinya bukan tidak mungkin pihak angkatan laut juga akhirnya akan pergi ke Wano. Angkatan laut dan CP-0 sendiri menyadari bahwa pertempuran di Wano dan bertemunya dua Yonko adalah sesuatu yang buruk bagi dunia.

Keseimbangan dan kekuatan dunia dipastikan akan terguncang dan menjadi tidak seimbang, siapa pun yang kemudian menang dalam pertempuran di Onigashima. Menyadari hal tersebut tentunya angkatan laut tidak akan tinggal diam. Seperti yang disebutkan di atas, mereka ragu pergi ke Wano karena meskipun mereka adalah “senjata” Pemerintah Dunia, tetapi mereka memiliki batasan.

Sakazuki tidak ingin ceroboh dengan langsung mengirimkan pasukan ke Onigashima. Namun, hal ini mungkin akan berbeda jika kemudian ada pasukan CP-0 yang juga ikut terlibat atau pergi ke Wano. Pihak angkatan laut akan menjadi bantuan kekuatan bagi para CP-0 untuk menghentikan pertempuran tersebut.

Tetapi, ada beberapa pertanyaan yang kemudian muncul dari hal ini. Pertama, angkatan laut berada di bawah kendali Pemerintah Dunia. Apakah Pemerintah Dunia akan memerintahkan angkatan laut untuk pergi ke Wano? Jika Sakazuki bergerak sendiri, dan itu akan menghalangi apa yang direncanakan sebelumnya oleh pemerintah, bukan tidak mungkin akan terjadi konflik internal.

Dan bukan hal mustahil jika kemudian Sakazuki akan menghadapi hukuman atas tindakannya tersebut. Kedua, apakah angkatan laut memang dibutuhkan dalam penyerangan tersebut? Mengingat wano adalah sebuah wilayah yang dianggap penting oleh Pemerintah Dunia, artinya mungkin ada beberapa hal yang sengaja tidak diungkapkan kepada pihak angkatan laut karena memang statusnya yang rahasia.

Mungkin penyerangan yang dilakukan oleh Pemerintah Dunia ke Onigahsima saat ini merupakan salah satu misi rahasia mereka, yang memang sengaja tidak diungkapkan kepada pihak angkatan laut. Terlepas dari semua itu, berdasarkan dari apa yang berkembang di ceritanya, angkatan laut memiliki kesempatan untuk pada akhirnya terlibat dalam pertempuran ini, entah untuk membantu pihak CP-0 atau untuk alasan lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.